sistem pendidikan islam indonesia

Indoesia merupakan negeri yang memiliki kekayaan alam yang meilmpah. Negara ini merupakan zamrud khatulistiwa yang memiliki potensi SDA yang tinggi, mulai dari daerah gunung berapi yang subur sampai kekayaan lautnya yang bervariatif. Namun, mengapa kekayaan alam yang ada tak sesuai dengan kemakmuran rakyatnya. Hal ini terjadi akibat rendahnya kualitas SDM yang ada.

Kunci dari keberhasilan pengembangan SDM terletak pada pendidikannya. Pendidikan di Indonesia yang kurang baik lah yang menyebabkan kualitas SDM kita tak sebanding dengan kualitas pesaingnya, yang dalam era globalisasi ialah orang-orang terdidik yang berasal dari luar negeri.

Fakta yang menyakitkan bahwa sistem pendidikan di Indonesia berada di urutan 12 dari 12 negara Asia, bahkan lebih rendah dari Vietnam. Sementara itu, berdasarkan hasil penilaian program pembangunan PBB (UNDP) pada tahun 2000 menunjukan kualitas SDM Indonesia menduduki urutan ke-109 dari 174 negara atau sangat jauh dibandingkan negara Singapura yang berada pada urutan ke-24 (Satunet.com).

Lalu bagaimanakah kita memperbaiki sistem pendidikan kita agar dapat memberikan pendidikan yang bermutu bagi warga negara Indonesia. Dalam konteks pendidikan, Islam telah menentukan bahwa negaralah yang berkewajiban untuk mengatur segala aspek yang berkenaan dengan sistem pendidikan yang diterapkan dan mengupayakan agar pendidikan dapat diperoleh rakyat secara mudah. Perhatian Rasulullah saw. Terhadap dunia pendidikan tampak ketika beliau menetapkan para tawanan Perang Badar dapat bebas jika mereka mengajarkan baca-tulis kepada sepuluh orang penduduk Madinah. Imam ad-Damsyiqi telah menceritakan sebuah riwayat dari al-Wadliyah bin Atha’ yang menyatakan, bahwa di kota Madinah pernah ada tiga orang guru yang mengajar anak-anak, khalifah Umar bin al-Khathab memberikan gaji kepada mereka masing-masing sebesar 15 dinar ( 1 dinar=4,25 gram emas).

Itulah sistem pendidikan ideal yang telah dicontohkan oleh rasul dan sahabat. Namun, yang terjadi di Indonesia saat ini justru sangat menyimpang. Biaya sekolah yang membumbung bahkan mencapai jutaan membuat rakyat Indonesia yang “miskin” tak mampu menjadi kaya. Sistem pendidikan Indonesia masih menggunakan warisan dari zaman kolonial Belanda yang berorientasi pada materialisme. Hal ini menimbulkan dampak buruk, karena ideologi materialisme yang merupakan bagian dari kapitalisme telah sampai pula pada bidang pendidikan. Faktor inilah yang membuat “harga pendidikan” di Indonesia menjadi mahal. Simak saja, biaya heregistrasi untuk anak Sekolah Dasar (SD) kini rata-rata telah mencapai angka ratusan ribu rupiah. Bahkan uang pangkal masuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) ada yang mencapai jutaan rupiah. Lalu bagaimana mungkin rakyat Indonesia yang “miskin” mampu “meraih kekayaan”.

Megaproyek “pengkapitalismetisasian pendidikan” yang memaksa sistem pendidikan Indonesia tunduk dan terdikte pada aturan baku “pembisnismahalan” seluruh pembiayaan yang berkenaan dengan kebijakan seputar pendidikan, terpaksa menyeret publik pada perilaku pembodohan-bukan pencerdasan. Wajah pendidikan di negeri ini sekarang disinyalir tak mampu merubah generasi ini menjadi generasi yang dapat melakukan perubahan besar bagi bangsa, bahkan mungkin akan mengalami kejatuhannya.

Yang harus dilakukan sekarang ialah mengubah sistem pendidikan kita. Pendidikan gratis, tetapi gaji guru besar. Kalaupun pendidikan tak bisa digratiskan, setidaknya dapat dimurahkan dengan memberikan biaya bantuan pada rakyat miskin. Pendidikan yang berkualitas memang butuh pembiayaan yang besar. Namun yang menjadi persoalan adalah yang seharusnya menanggulangi hal tersebut adalah pemerintah yang seharusnya menjamin setiap warganya untuk memperoleh pendidikan dan menjamin akses masyarakat untuk mendapatkan pendidikan bermutu.

Memotret Sistem Pendidikan Islam

Islam sebagai dien yang sempurna yang mengatur seluruh aspek kehidupan, tidak terkecuali aspek pendidikan mengatur bahwa pendidikan merupakan bagian kebutuhan mendasar manusia dan dianggap sebagai bagian dari proses sosial.

Pendidikan dalam Islam harus kita pahami sebagai upaya mengubah manusia dengan pengetahuan dengan sikap dan prilaku yang sesuai dengan kerangka nilai tertentu (Islam). Secara pasti tujuan pendidikan Islam yaitu menciptakan SDM yang berkepribadian Islam, dalam arti cara berfikirnya berdasarkan nilai Islam dan berjiwa sesuai dengan ruh dan nafas Islam. Begitu pula, metode pendidikan dan pengajarannya di rancang untuk mencapai tujuan tadi. Setiap metodologi yang tidak berorientasi pada tercapainya tujuan tersebut tentu akan dihindarkan. Jadi, pendidikan Islam bukan semata-mata melakukan knowledge transfer, tetapi memperhatikan apakah ilmu pengetahuan yang diberikan itu dapat mengubah sikap atau tidak. Dalam kerangka ini maka diperlukan monitoring yang intensif oleh seluruh lapisan masyarakat termasuk pemerintah (negara) terhadap prilaku peserta didik, sejauh mana mereka terikat dengan konsepsi-konsepsi Islam.

21 thoughts on “sistem pendidikan islam indonesia

  1. terus metodenya gimana bung? kata gua, metode pendidikan Indonesia lah titik lemahnya. bukan sekedar biaya…

    supaya output pendidikan ini berupa SDM yg berdaya guna, ada lima aspek yg mesti dipersiapkan bagi anak didik. aspek spiritual, fisik, intelektual, mental, dan kemandirian finasial. plus satu lagi persiapan sosial. nah, utk bisa mewujudkan hal itu, perlu elemen2 yg berkolaborasi dalam sistem pendidikan yg integral.

    gampangnya gini deh, sekarang pendidikan dikelola depdiknas, dengan titik berat pada pendidikan intelektual bidang tertentu. supaya bisa menyeluruh, ada kerjasama dg dephan (misalnya) utk latihan militer. dengan perusahaan, LSM, serikat pekerja, ormas, dll utk persiapan sosial dan mental serta spiritual. dengan itu, anak didik akan mendapat pengalaman yg menyeluruh.

    metode pendidikan sekarang ga akan mampu memfasilitasi semua tuntutan itu. atau kalo perkiraan gua, pendidikan ini ga perlu dibuat metode gitu ya… ga perlu ada kurikulum2an. dilepas aja tuh anak2 di jalanan, biar cari pengalaman sendiri.

  2. apapun metode pendidikan yang diterapkan di indonesia itu harus lah berlandaskan kasih sayang karena dengan landasan kasih sayang, penerapan ilmu apa saja yang akan di terapkan pada anak, akan diterima anak. Rasulullah pernah bersabda”Barang Siapa yang tidak menyayangi maka ia tidak akan disayang” (HR Bukhari)

  3. pendikan islam di indonesia diperparah dengan sdm yang memiilki kemampuan tidak mau tanggap engan dunia pendidikan islam itu sendiri sebagai bukti saya paparkan alasan:
    berapa banyak lulusan ilmu-ilmu eksakta yang mengajar di madrasah dengan honor kecil atau di sekolah terpencil yang mayoritas islam?
    banyaknya alumni yang memiliki basis ormas kadang tidak mau bersatu utuk menycerdaskan anak bangsanya hal itu semua karena bermoral materialistis, meskipun demikian itu bersifat relatif.
    belum sepenuhnya negara memberikan perhatian serius dan balance yang ideal dg pendidikan umum, dengan kata lain dikotomi pendidikan masih menjadi wacana yang alhamdulillah mulai diperatikan dengan serius.
    mental bobrok para pejabat yang tidak memiliki nilai kemanusiaan universal menjadi contoh hancurnya jati diri pendidikan itu sendiri.
    terima kasih.
    wassalam.

  4. assalamualaikum,,,
    memang metode pendidikan di Indonesia masih kurang untuk dijadikan contoh.
    kalau indonesia pake sistem pendidikan islam dan diseratai hukum2 islam, insyaallah sedikit demi sedikit akan ada perbaikan. tapi kan di tanah air kita penduduknya nggak semua beragama islam,ghitu lho…

    syukron ya tulisanmu membantu salah 1 tugas kuliah saya.
    oia,giliran kunjungi blog saya ya, yaitu di : http://www.senjasabtukelabu.blogspot.com

  5. dari sisi sistem, pendidikan di Indonesia sudah kaya, namun yang terpenting adalah bagaimana membangun dan mendidik para pengambil kebijakan pendidikan sehingga benar-benar dapat menjalankan sistem pendidikan dengan baik, sehingga dapat mengangkat harkat dan martabat rakyat Indonesia. Dan yang paling dominan, kelemahan di kita adalah kurangnya “Amanah” pada orang-orang yang berwenang mengambil kebijakan, semuanya hanya memperhitungkan nilai materi belaka

  6. Pingback: Sistem Pendidikan Islam | fitry285

  7. Обеспеченные партнеры и клиенты для фирм ООО и ИП Вашего региона и города.

    Предлагаем базы данных фирм России, Украины, Белоруссии и Казахстана.

    Для заказа новой базы данных пишите на эту почту: baza-gorodow(собака)yandex.ru

    Стоимость базы фирм 1 города — от 700 до 1200 рублей! По стране 1 вид деятельности — 2000 рублей!

    БАЗЫ СОБИРАЕМ СРАЗУ ПОСЛЕ ЗАКАЗА – БЕЗ ПРЕДОПЛАТЫ!
    ПРЕДОСТАВЛЯЕМ СКРИНЫ ДЛЯ ПРОСМОТРА И ДЕМО ВЕРСИИ БАЗ!

    посреднику найти клиентов

    Спектр применения баз фирм огромный:

    1. Вы можете использовать их для обзвона потенциальных клиентов
    2. Для рассылки писем по email
    3. Для смс – рассылки
    4. Для почтовой рассылки на юридические адреса фирм
    5. Для поиска партнеров и новых клиентов в социальных сетях на страничках фирм
    6. Для написания Вашего предложения на сайтах фирм и т.д.

    Если не хотите больше получать информацию, то напишите на почту адреса Вашего
    сайта, внесём его в Блек лист.

    Ждем заказов новых баз данных фирм на новую почту: baza-gorodow(@)yandex.ru (уберите скобки!)

Ketik komen di mari gan.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s