Perda Kota Injil Manokwari

Ini tentang sebuah Perda baru di sebuah kota di Papua.Bukanlah Perda sebarang Perda, Perda Manokwari disebut juga Perda Kota Injil yang membuat kota ini menjadi markasnya umat kristiani. Bukan saya ingin melarang umat agama lain untuk memiliki hukum, namun adanya perda ini justru malah membuat umat agama lain (khususnya islam) dipersulit dalam beribadah.

peraturan yang ada melarang penggunaan jilbab di kota ini. selain itu juga ada larangan untuk menggemakan azan keras-keras. tentunya jika umat islam mengetahui hal ini, akan menjadi suatu berita besar yang sangat panas.

adanya perda kota injil tentunya dikarenakan mayoritas penduduk Manokwari yang nasrani. salah satu landasan mereka melakukan ini karena melihat banyaknya kota syariat. maka dari itu mereka ingin membentuk “saingan” berupa kota injil.

berbeda dengan kota injil, kota syariat tidak melarang umat lain untuk beribadah. bahkan penggunaan nama kota injil pun sepertinya terlalu extrim. Vatikan sendiri sebagai kiblatnya umat nasrani tidak seperti itu.

bagaimana pun, sebelum bertindak, kita harus mempunyai info yang cukup tentang perda ini. saya mendapat info ini dari DPW Jabar dan teman-teman FSLDK.

adakah tanggapan bagaimana sebaiknya kita menyikapi hal ini…….

61 thoughts on “Perda Kota Injil Manokwari

  1. Oya? Wah ini bertentangan dengan UUD 1945. Dhimas, saran saya lebih baik kamu cantumkan link ke perdanya di posting ini, biar semua orang bisa lihat. Terus judulnya jangan “Manokwari” doang, ganti sama “Larangan Jilbab di Manokwari”, contohnya. Kalau “Manokwari” saja, orang2 yang nyari info larangan jilbab ngga akan menemukan posting ini via search engine.

    • ASAL TAU SAJA YA TIM DARI DPR MANOKWARI DALAM MEMBUAT UNDANG-UDANG MANOKWARI KOTYA INJIL SEBELUMNYA MEREKA ADAKAN STUDI BANDING KE ACEH…..DENGAN MEMAKAI REVERENSI UUD ACEH MAKA DI SESUAIKAN UNTUK DI BUAT UUD DI MANOKWARI TETAPI UUDNYA BUKAN BERASAS KITAB ISLAM TAPI ALLKITAB! JADI KALIAN YANG LEBIH DULU BUAT TO HEHEHE JANGAN MARAH2 BELAKANGAN KALO ADA NYANG MAU IKUT……SATU HAL ACEH DAN PAPUA MEMPUNYA UNDANG-UNDANG OTONOMISASI KHUSUS….JADI TIDAK BOLEH ADA INTERVENSI “ASING”

  2. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Kalo misalnya Perda itu harus ada karena Manokwari itu adalah awal mula keberadaan Agama Protestan & mayoritas penduduk memeluk agama tersebut. Maka itu usulan yang baik yang harus diikuti oleh Umat Islam dengan membuat Perda serupa di seluruh kota di Indonesia yang dimana mayoritas penduduk kota tersebut adalah Umat Islam. Bisa juga dimasukkan ke dalam Undang-Undang Negara, kan Indonesia ini mayoritas penduduknya beragama Islam. Betul tidak ?
    Wassalamu;alaikum Wr. Wb.

    • ACEH……..SUDAH DITERAPKAN SEBAGAI KOTA SERAMBI MAKKAH…..BALI SUDAH SEBAGAI KOTA DEWATA BAGI UMAT BUDHA DAN HINDU……WAJAR LAH KOTA INJIUL DITERAPKAN DI MANOKWARI…LAGIAN DI PAPUA MEMILIKI UNDANG-UNDANG OTONOMI KHUSUS SAMA DENGAN ACEH SO KAMI PUNYA OTORITAS NEGARA DALAM NEGARA……JADI JANGAN DISAMAKAN ACEH/PAPUA DENGAN UNDANG2 YANG BISA DITERAPKAN DI DAERAH LAIN!!!!!

  3. pengennya juga begitu sih. tapi ana juga dapat arahan agar ga terlalu membesar-besarkan hal ini. karena info yang ada memang sangat minim. ana dapet dari ….. duh lupa dari siapa. beliau dapetnya dari aktivis di makasar (kalo ga salah).

    waktu ana search ana dape info yang paling lengkap itu di sini :

    http://www.infopapua.com/modules.php?op=modload&name=XForum&file=viewthread&tid=51

    itu pun ternyata masih berupa minta kejelasan

    kalau berita yangada di media
    http://www.gatra.com/2007-05-07/versi_cetak.php?id=104380
    http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=287955&kat_id=3

    atw tanggapan dari temen HTI
    http://www.hizbut-tahrir.or.id/al-islam/index.php/2007/04/18/menyoal-raperda-kota-injil/

    untuk sekarang sih kita coba lakukan pewacanaan ke massa kampus tentang keberadaan perda ini. biarkan dulu mereka berpendapat, entah itu setuju atau tidak.
    lalu dari kita harus mempersiapkan diri juga jikalau perda ini memang benar-benar bermasalah. mungkin akan ada banyak aksi. tapi yang jelas itu bukan solusi. tugas kita ialah mencardaskan masyarakat dulu.
    trima kasih

  4. saya dibesarkan di kota manokwari. saya rasa hal tsb sangat tdk mencerminkan indonesia dlm pancasila. adanya perda ini sangat merugikan dari manokwari sendiri secara khusus dan umumnya indonesia. apakah pancasila dan uud 1945 telah tak berlaku lg? akan mau jd apa bangsa ini? otonomi sih otonomi, tp jgn bertentangan dgn nilai2 pancasila. kpn indonesia mau maju kl sistem ketatanegaraannya sprti ini? toh, aceh jg tak melarang adanya gereja didirikan di aceh. bahkan Roma pun tidak menyebut dirinya kota Injil, meski disitulah pusat umat nasrani. jgn berlebihanlah dlm membuat perda. cobalah pemerintah daerah dan pusat langsung tanggap terhadap hal ini. cobalah peka. jgn biarkn berlarut2 sehingga tak timbul rasa khawatir bagi kami yang lahir atau pun di besarkan d kota mkw. jika sj umat muslim dunia tau akan hal ini, i don’t know apa yg akan terjadi. mana persatuan dan kesatuan bangsa indonesia? mana semangat indonesia yg dulu? semangat persatuan dan kesatuan. khususnya untuk pemerintah papua, sy sebagai warga mkw sangat menyesalkan akan adanya perda ini. apa artinya bhinneka tunggal ika? apakah semua itu tiada artinya? mari bangun bangsa ini mulai dari diri kita sendiri. persatuan dan kesatuan yg kami harapkan. jgn biarkan indonesia menangis lagi. sudah cukup! untuk rakyat manokwari, cobalah untuk mencintai sesama, bukan menyingkirkan sesama. cintailah kedamaian. “KALAU BUKAN KITORANG SIAPA LAGI, KALAU BUKAN SEKARANG KAPAN LAGI” ____PEACE..!!____

  5. saya jadi tergelitik ingin urun rembug. sebenarnya kegelisahan kawan-kawan semua saya yakin juga dirasakan oleh minoritas kristen atau agama lain, ketika di beberapa kota di Indonesia menerapkan perda syariah.

    jadi saat ini–kalau perda manokwari itu benar adanya–adalah otokritik untuk ummat islam sendiri agar tidak sewenang-wenang ketika menjadi mayoritas. seperti pendapat akhwan di atas, tidak mencerminkan negara Pancasila. lantas, apakah ketika beberapa kota menerapkan syariat islam bisa juga kita hukumi sebagai tidak mencerminkan negara Pancasila.

    mungkin kita sebagai mayoritas perlu merefleksikan diri. toh perda itu adalah reaksi atas perda syariah kita.

    nuwun. semoga allah melindungi langkah kita.
    e-mail saya di: el_ferda85@yahoo.com
    blog saya di: aditama.blogdrive.com
    saya kuliah di jurusan sosiologi fisip unsoed

  6. assalamualaikum…saya ingin memandang dari sudut lain,akan banyak tantangan yang di hadapi oleh para syabab (pengemban dakwah) yang ingin menegakkan bumi allah tercinta, ini hanya secuil fase yang harus qt lewati…sekarang tinggal bagaimana kawan2 mw menyikapi masalah ini dengan bijak, termasuk bersikap tegas dan qanaah terhadap oknum2 dan komunitas yang memandang umat islam egois, karena berbondong2 berjuang menegakkan syariat tanpa memandang perasaan umat lainnya ( kata mereka lho, bukan saya )…rekomendasi mungkin, silakan buka http://www.joesatch.wordpress.com, under post “dagelan aktivis dakwah…syariat…syariat”.posting ini sempat mendapat perhatian umat di WP dan lumayan kontroversial ( jadi ingat tulisan2 embahnya WP, wadehel almarhum)…silakan antum2 smua memberikan komen yang bijak namun tegas…wallahua’alam..wassalamualaikum

  7. Assalamualaikum…Manokwari adalah kota kelahiranku, tempat yang dulu indah dengan keragamanya…tempat dimana dulu aku berangkat langkahkan kaki ke masjid ketika adzan berkumandang…Sanggeng tempat tinggal ku dulu tawarkan indahnya kebersamaan dalam latar belakang yang berbeda…ketika aku keluar rumah yang kutemui senyum2 yang tulus tanpa melihat apa AGAMAKU….ketika ku bersekolah yang kutemui teman2 bermainku, bercanda ria,melepas hari dengan tawa sekali lagi tanpa melihat apa AGAMAKU…sekarang dengan embel2 AGAMA “kau” coba hilangkan senyum itu?tawa itu?keragaman itu?kebersamaan itu?dan COBA HENTIKAN LANGKAH YANG INGIN MASUK KE MASJID KETIKA ADZAN KAU LARANG?coba pikirkan kembali apa yang akan terjadi nanti..jangan pandang dari satu sisi saja…apakah dengan melarang umat lain melaksanakan perintah tuhanya merupakan sebuah pilihan yang logis????mana embel2 perdamaian dan saling menghargai yang kau pancang di setiap sendi2 kehidupan?????

  8. Assalamualaikum, seharusnya kita lebih dewasa melihat lahirnya perda-perda agama itu dalam kerangka dan pola pikir inklusif dalam suatu masyarakat yang pluralistik. dan kalau kita jujur, kita (baca= masyarakat agama) di Indonesia belum arif mengelola realitas kemajemukan itu secara baik dan benar dan menjadikannya sebagai sebuah kekakayaan dan kekuatan bangsa. Kecenderungan ekskusivisme dan pembenaran pada kelompok sendiri dan sekaligus melihat kelompok lain seharusnya “tidak ada” masih sangat kuat . Itulah yang tercermin dalam komentar-komentar sebelumnya.

    Mengenai “perda Manokwari”, harus dicatat dulu bahwa belum ada perda tersebut. Karena belum ada pengajuan dan penetapan mengenal perda dimaksud. Yang ada sekarang ialah hasil dari semiloka mengenai Manokwari kota Injil, yang didalamnya dibahas mengenai penataan wilayah Manokwari dalam kerangaka latarbelakang historis sebagai wilayah dimana pertama kali masuknya peradaban baru di Tanah Papua melalui pekabaran Injil. Jadi apa yang sekarang oleh banyak kalangan dikatakan perda, itu bukan perda, melainkan sebuah insiatif masyarakat untuk mengungkapkan jatidirinya yang dituangkan dalam draft rancangan perda. Harus diakui draft ini masih mengadung banyak kekurangan yang masih perlu disempurnakan agar unsur-unsur yang mengganggu dan dapat menimbulkan kerawanan sosial dihindarkan. Dan proses penyempurnaan demikian membutuhkan kajian yang mendalam agar nanti apa yang dihasilkan benar-benar mencerminkan nilai-nilai Injil yang membawa kedamaian dalam kehidupan bersama.

    Karena itu komentar-komentar yang cenderung provokatif sangat menyesatkan masyarakat luas. sebaiknya kita bangkit rasa persaudara dan kesatuan sebagai masyarakat dan bangsa Indonesia.

    • SEMUAKAN DIPICU DARI KEMAUAN KERAS KALIAN MAU TEGAKKAN SYARIAT ISLAM DI INDONESIA DAN SERAMBI MAKKAH DI ACEH….!!!! RENUNGKAN!!! SEMAKIN KALIAN PAKSAKAN KEMAUAN KALIAN DAERAH YG MAYORITAS NON MUSLIM AKAN SENSITIF DAN DONGKOL!!! RENUNGKAN…

      • rel…janganlah melebih-lebihkan dalam memandang sebuah masalah…jangan membuat perpecahan..saling hormat menghormatilah antar agama…tidak ada yang salah dengan perda tsb..saya netral aja, tapi setau saya diaceh bukan kota Al quran, kenapa di Manokwari jadi Kota Injil…bagus juga sih kalo perbandingannya Aceh dan Bali…tapi di Bali tidak ada larangan menggunakan Jilbab kan?? kenapa di Manokwari dilarang?? itu berarti diskriminasi kan? di Aceh saja yang nasrani dan bukan muslim tidak diganggu kok kalo tidak berjilbab..saya 2 tahun di Aceh dan pernah 4 tahun di Papua..terlihat sekali kok perbedaanya, di Aceh kita sama semua tapi di Papua umat minoritas sangat tertindas..baik muslim maupun hindu dan budha..kita semua sama..bagi saya kalo kita mau ketempat A bisa lewat jalan B ato jalan C yang penting ujung2nya nyampe di A…jadi kalo kalian milih B (nasrani) dan kami memilih jalan C (muslim, budha, hindu dsb)..yang penting tujuan kita sama ke A…jadi jangan saling menyalahkan lah…OK..peace ya…kita semua saudara..

  9. Assalamualaikum…alhamdulillah saya bisa mampir kesini…berkat postingan Injil manokwari itu….tadinya saya anggap itu Hoax…eh ternyata bener…salam kenal dn tukeran link…mari kita doakan saudara2 kita di Papua khususnya di Manokwari agar diberikan ketabahan dalam menjalani kehidupan beragamanya…:)

  10. Setiap daerah berhak membikin peraturannya sendiri-sendiri. Kenapa hal ini direpotkan?

    Di Aceh kan sudah bisa? Kenapa di daerah lain tidak bisa?

  11. Setuju gw…
    Kawan2 semua harus liat ACEH udah di SYARIAT BEsaR-BESARAN
    mereka memaksa bahkan NON MUSLIM untuk BERJILBAB
    di negara ini adalah KESATUAN yang tidak memihak PADA SATU PIHAK/AGAMA tertentu “TEOKRATIS” Jika perda kota injil memang ingin dihapuskan..Kita setuju Bahwa Semua PERDA SYARIAT HARUS DIHAPUSKAN karena TIDAK SESUAI DENGAN UUD 1945 dan PANCASILA.

    • untuk walisongo betapa bodohnya engkau yang tak mampu membedakan yang benar dan yang salah. islam tidak pernah membedakan seseorang, Alloh hanya membedakan mereka dari tingkat ketakwaannya, dan sesungguhnya Islam itu adalah agama yana paling sempurna. bukan nasrani bukan pula yahudi. memangnya apa hebatnya nasrani dibanding Islam, yang sudah jelas – jelas Islam itu adalah agama yang paling sempurna. Allohu Akbar

  12. Assalamualaikum.
    Khusus buat walisongo kalau ga punya informasi cukup tentang perda sayariah yang berlaku di Aceh, saya sarankan jangan asal ngomong. Aceh emang memberlakukan perda syariah tetapi tidak ada diskriminasi terhadap orang kristen di sana.
    Tidak ada paksaan buat menggunakan jilbab bagi orang orang kristen di sana. mereka yang beragama bukan Islam cuma di suruh menggunakan pakaian yang sopan tanpa harus menggunakan jilbab.
    saya kira agama kristen tidak ada masalah dengan pakaian sopan. Di sana juga ga ada larangan buat pendirian gereja. jangan sok tau dech !
    Saran saya buat walisongo mending nama kamu ditukar aja, ga pantas tau. Lain kali kalau mau ngomong mending kamu pikirin dulu apakah kamu puya kompeten untuk ngomong !

  13. Assalamualaikum…
    Mari kita berdoa agar ini semua tidak terjadi dan mari kita berjuang untuk tegakkan syariat Islam di Indonesia.Karena Islam adalah agama yang rahmatallil alamin..
    Ingat!!!orang Islamlah yang banyak berjuang untuk kemerdekaan negeri ini.bukan para kristiani…
    Mari rapatkan barisan dan berjihad menjunjung nama Allah…
    Wassalamualaikum

  14. Semua agama yang baik, semuanya pasti mengajarkan kebaikan…
    misalkan :
    kristen dengan kasihnya…
    Islam dengan Rahmatan lil alamin (rahmat bagi semesta alam)…

    pada dasarnya semua agama dapat hidup dengan baik dan saling hidup rukun dan damai… bila masing-masing agama bisa sama-sama menjalankan ajaran agamanya dengan baik, tidak saling menghujat, saling menuduh, dan saling terprofokasi oleh orang-orang yang tidak senang dengan kedamaian…

    sebenarnya manusia di dunia ini secara umum bisa dikatakan terbagi menjadi 2, yaitu yang baik dan yang jahat…

    yang baik adalah yang bisa membawa kedamaian, ketentraman, saling kasih-mengasihi, saling tolong menolong… tanpa melihat latar belakangnya apakah dia muslim atau kristen, kaya atau miskin…

    yang jahat ialah yang tidak bisa tenang akan kedamaian, ketentraman, berusaha mencari cara untuk bisa menimbulkan suatu permasalahan….

    yang jahat juga bisa disebabkan karena hanya melihat suatu masalah satu sisi, tidak melihat sisi yang lain, mencari-cari kejelekan-kejelekan,dan tidak memahami suatu hal secara mendalam….

    mari berfikir secara lebih mendalam, secara jernih, dan dengan semangat untuk menciptakan kedamaian, ketentraman…

    Alangkah indahnya dunia ini jika semuanya bisa memahami makna dari kedamaian, ketentraman, kasih sayang, tolong menolong, persaudaraan, persatuan dan kesatuan dengan tidak memandang latar belakang seseorang…

    silahkan renungi…..

  15. Assalamualaikum…

    An sebenarnya sudah mencoba untuk mencari kebenaran tentang adanya perda seperti ini. Tapi memang belum ada kejelasan bahwa itu sudah disahkan sebagai perda di Manokwari atau belum. Hendaknya kita sebagai umat muslim yang berpendidikan jangan mudah terpancing dengan hal-hal yang sifatnya masih subhat. Tetaplah berdoa pada Alloh agar hal-hal yang mengekang kebebasan umat beragama tidak terjadi.

    Oya, alangkah baiknya sebagai umat islam jangan terpecah-pecah karena pro dan kontra tentang adanya perda ini. Tetaplah jaga ukhuwah diantara kita karena itulah kekuatan dari umat Islam.

    Wassalamualaikum

    • BOM SUDAH BIAR NAMA ISLAM SEMAKIN RUSAK DAN PAPUA LEBIH CEPAT LEPAS…….SAYA BERITAHU YA SENSIFITAS DUNIA BARAT ADA DI KOTA MANOKWARI JADI HATI2 KALO MAU BOM MANOKWARI KARENA PAPUA BISA DIALIHKAN STATUSNYA MENJADI NEGARA SENDIRI KARENA MATA DUNIA BARAT SEDANG TERTUJU KE MANOKWARI……INGAT YA PAPUA ITU MASIH CACAT HUKUM TINGGAL STATUS HUONYA MENGUNTUNGKAN SAPA!!!!! JANGAN SEMBARANGAN TARUH TANGAN DI MANOKWARI KARENA KARNA PETA WILAYAH INDONESIA AKAN HILANG 30 PERSEN !!!!!!!!!!!!!

  16. Assalam’alaikum,…

    Huahahaha, salut utk kepedulian umat Islam. Kalo, aku sih, pendapatnya sedikit diskursus dg teman2.
    Perda “Manokwari Kota Injil, hmmm, bisa “YA / Tidak”. Kita semua ikut latah kayak si beo. Mendekati kasus sperti ini, arah bicara kita harus jauh dari nuansa theologis dulu, agar kita bisa lebih bijak dan arif,… Islam adalah rahmat bagi seluruh alam, maka kitapun dituntut untuk santun dalam mencermati realitas ini.,…
    Ada hikmah yg besar bisa diperoleh dari kasus ini, yaitu agar kita merefleksi kembali keyakinan kita kpd Allah aza wajallah dan kebenaran Rasulullah –> trackback lagi kondisi dinamika umat Islam Indonesia dalam bermasyarakat dan bernegara…
    Intinya,…tokoh2 Islam di Papua penakut dan pengecut untuk menunjukan identitas keyakinannya,…
    http://intsia.wordpress.com/

  17. ASSALAMUALAIKUM.WR.WB
    baturaja kota tempat tinggalku sebuah kota kabupaten yg ada di sumatera selatan.tepatnya ibukota kabupaten OKU. sumsel.kota kecil ini terletak menjorok di pedalaman pulau swarna dwiva/sumatera.masyarakat asli kota ini adalah orang OGAN.merupakan masyarakat melayu dengan agama Islam sebagai agama utamanya.bisa di bilang 99% beragama Islam.kecuali pendatang yg memeluk agama lain:kristen,hindu,budha,dll. dari 12 kecamatan yang ada di kabupaten OKU hanya kota baturaja saja yg memiliki greja.kecamatan lainnya tidak memiliki greja.greja seingatku ada 5 (lima) buah di baturaja.saudara2 kita yang beragama nasrani/kristen TANPA HAMBATAN,TANPA TEKANAN,TANPA RINTANGAN mereka menjalankan ibadahnya.apalagi momen2 peribadatan agama nasrani seperti natal.pemerintah daerah memberi pengaman ekstra di greja2 atau tempat beribadat lainnya.supaya umat nasrani lebih khusuk menjalankan ibadahnya.MENGAPA manokwari membatasi ibadah saudara2 Muslimku di sana!tengoklah ke kiri dan ke kanan. jangan saudara2 ku di manokwari hanya mementingkan urusan pribadi tanpa menengok kanan,kiri dahulu.sampai tulisan ini saya buat lonceng2 greja2 di kota baturaja.tetap berdentang dengan kerasnya tanpa HAMBATAN & PENGHALANG.

    WASSALAM

  18. Hahahahehe, kita juga ikut-ikutan latah kayak beo….
    issu yg ditulis dg tidak menggunakan kaidah-kaidah reportase investigasi, biasanya bias dan tidak mencerdaskan…
    Aku sampai saat ini juga masih mencari-cari info yg valid dari sumber yg terpercaya ttg hal ini (Raperda Manokwari Kota Injil), kalau sudah dapat baru aku berani berkomentar.
    Kita seperti zionis saja layaknya, menggunakan berbagai media massa untuk menganalisis suatu situasi sosial…

  19. satu hal yang perlu diingat, kalaupun manokwari jadi kota injil,agama lain ga bakalan dilarang untuk lakuin ini itu,ingat! manokwari dan papua pada umumnya dikenal dengan “Daerah Zona Damai” hal ini sudah diikrarkan oleh kelima agama besar di Papua, buktinya ada gereja di bakar diluar papua, ga ada niat orang papua untuk bakar rumah ibadah agama lain di papua.

  20. saya cuman ingin sarankan aja buat sd21.,.
    bahwa kalau ngomo0ng itu,jngan asal nyablak aja ya.
    kalau mau bom..silahkan.

    itu artinya PAPUA HARUS TERLEPAS DARI NKRI,
    DAN MEMBENTUK NEGARA KRISTEN.

    DAN KITA PERANG,.

  21. Emang Injil lahir di Manokwari, Khan pade tau semue injil diturunkan dimane, Palestine aje namenya bukan kota injil, tapi kota suci, jadi jangan ngaku-ngaku deh cari nama yang lain aje, yang agak masuk akal gitu, jangan berdasarkan perasaan ngiri. percaya deh setiap orang punya kebebasan keyakinan menjalankan ibadah agamanya masing2 tapi jangan ngiri karena agame manapun melarang untuk ngiri ame orang lain. Ketahuan deh jadinye tuhhhhhhhhhhhhh khannnnnnnn

  22. In my own Opinion is something like terrible if one district prohibit free for pray especialy include religion. every religion must be respect their conviction between them. Please peace full. Don’t make discrimination between religion. Don’t give bad that your city get problem in the future. This case only must have intervene from the goverment.

  23. Julukan kota injil – harus ! K’lau Aceh ada perda berbasis agama mengapa Manokwari tidak! Mengapa dibangsa ini ada saja alasan dalam berbagai hal untuk diskriminasi terhadap manusia Papua dan keinginannya ? Sampai-sampai PERSIPURA-pun kena. Bangsa ini terlalu dipenuhi dengan orang-orang yang picik dan rakus.

  24. itu bisa menimbulkan masalah baru di NKRI ini khususnya di wilayah timur indonesia… tolong siapa saja yang memiliki kekuasaan selamatkan indonesia sudah cukup semua in terjadi!

  25. ketika saya mendengar kabar itu, saya rasanya ingin sekali langsung menangis, bagaimana tidak. islam itu adalah agama yang paling sempurna, islam itu berlaku secara universal. dan kabar ini sungguh memprihatinkan, bagaimana bangsa Indonesia akan membuat kota manokwari sebagai kota injil. sungguh ini bukanlah hal yang logis. jujur saya ingin sekali ke kota manokwari jauh sebelum adanya berita ini, entah perasaan apa yang menggerakan saya ingin kesana. dan setelah mendengar berita inipun saya masih sangat ingin sekali kesana, saya ingin mereka menjadi islam kafaah, saya ingin semua umat menyadari bahwa yang menciptakan mereka hanya lah Allah SWT, yang sangat mencintai kita,,, kepada pemda manokwari, saya mohon buka mata hati lebar – lebar karena sesungguhnya Allah SWT itu maha pengampun dan maha penyayang. tanda – tanda kiamat ini sudahlah dekat, jadi jangan ikuti agama yang memang tidak dibenarkan Allah SWT.

  26. Di semua tempat yang mayoritas penduduknya beragama Islam, selalu menghargai dan melindungi umat beragama lain. Akan tetapi kenapa kalau Islam yang minoritas selalu jadi korban dan dikorbankan…?

    • KALO ISLAM AGAMA YANG SEMPURNAH YA JANGAN BOM BUNUH DIRI……..BIKIN MALU AGAMANYA SAJA……BAGAIMANA SAYA BISA BILANG ISLAM SEMPURNAH KARNA SEMAKIN FANATIK SAYA DI ISLAM JURTRU PUNYA HATI NURANI YANG LEGAL UNTUK MEMBELA AGAMANYA SAMPAI HARUS BUNUH DIRI???? ATAU MERUSAK TEMPAT AGAMA ORANG LAIN……ADA 3 HAL UMAT ISLAM BISA MASUK SORGA 1. KARENA DIA MATI KARENAH NAIK HAJI DI MAKKAH 2. KARENA AMALNYA LEBIH BESAR DARI DOSA DAN YANG KE 3. DIA MATI BERJIHAT DEMI AGAMANYA!!! JADI BESOK SAYA YAKIN KAMU AKAN DATANG KE MANOKWARI DENGAN BAWA BOM DI BADAN DAN LEDAKAN KETENANGAN AGAMA LAIN…….STOP LAH BUNUH DIRI…..KESEMPUNAAN ITU TIDAK DENGAN PENGERTIAN DAN SLOGAN KATA2 TAPI DI RASAKAN DALAM HATI NURANI YANG TERDALAM…..DAN ITU SAYA RASAKAN SAAT BERSAMA YESUS!

  27. Bukankah Umat Kristiani mendeklarasikan Manokwari Kota Injil dengan asumsi bahwa Kristen adalah agama mayoritas di Manokwari? Mayoritas orang Indonesia beragama Islam tapi selalu dilarang untuk mengikrarkan Negara Islam.
    Bukankah Umat Kristiani mendeklarasikan Manokwari Kota Injil dengan asumsi bahwa Kristen adalah agama pertama yang masuk ke Manokwari? Islam masuk ke Indonesia sejak abad ke-7 M tapi selalu dilarang untuk mengikrarkan Negara Islam.
    Saya sepakat jika kebeadaan agama harus dihormati dan cara yang paling efektif agar hal ini terlaksana di Manokwari adalah dengan mengganti atribut Kota Injil dengan atribut lain yang tidak bernuansa keberpihakan pada salah satu agama tertentu.
    Satu hal yang perlu dicermati dalam gejala alienasi umat manusia adalah melawan tekanan yang diberikan. Jadi, ketika wacana “Manokwari Kota Injil”, maka umat Islam akan semakin tekun mendalami dan menjalankan Syari’at Islam, karena di dalam Islam. “Mati dalam mempetahankan syari’at” adalah Mati Syahid”.
    Justru dengan isu “Kota Injil”, maka umat Islam akan berlomba-lomba mengejar mati sebagaimana umat lain menyelamatkan diri menghindari mati.
    Perlu kajian lebih lanjut untuk mengatakan “dari Injil kita temukan nilai-nilai pembinaan mental dan spiritual”. Ungkapan ini sangat tidak sesuai dengan fakta yang terdapat dalam tradisi Umat Kristen. Umat Kristen dengan tegas membedakan Doktrin Agama dan Doktrin Etika, sehingga tidak ada korelasi antara nilai-nilai etika (moral) dengan nilai-nilai Injil. Contoh konkrit adalah pelarangan miras yang konan diambil dari nilai-nilai Injil, tetapi tak ditemukan satu ayatpun dalam Injil yang dengan tegas melarang penggunaan miras.
    Terlepas dari polemik ini, marilah kita jaga kehidupan yang tentram, damai, sejahtera di kota Manokwari tanpa memberi kesempatan kepada provokator yang mencoba meraup keuntungan di saat mereka berhasi mengadu domba masyarakat Manokwari yang telah lama hidup rukun dengan slogan “Kota Buah-buahan”.

    • AHHHHHHH JANGAN TERLALU “OMONG KOSONG” TERLALU SEMPIT DAN DANGKAL PEMIKIRAN KAMU……INDONESIA MAU TERAPKAN ISLAM SEBAGAI HUKUM NEGARA ARTINYA MEMECAH KESATUAN NEGARA INDONESIA…..MENURUT KAMU ENAK GA KALO SYARIAT ISLAM DITEGAKAN DI INDONESIA KEMUDIAN …BALI…PAPUA…MANADO…KUPANG…FLORES….AMBON MENOLAK BERGABUNG DENBGAN INDONESIA DAN MENDIRIKAN NEGARA SENDIRI?????????????????????KALO STUJU YA SILAKAN AJA TERAPKAN SYARIAT ISLAM!!!!…..INDONESIA ITU TERDIRI DARI SUKU2 YANG MEMILIKI SENSIFITAS MASING-MASING JADI PALING PAS UNDANG-UNDANG BERASASKAN PANCASILA…….BTW BUKAN SEBUAH KEINDAHAN KALO ACEH SEBAGAI KOTA ISLAM, BALI SEBAGAI KOTA DEWATA UNTUK UMAT HINDU DAN BUDHA, KENAPA MANOKWARI TIDAK BOLEH MENJADI KOBTA INJIL??????????????KAMU BILANG DALAM ALKITAP GA ADA LARANGAN MIRAS???? HAHAHAHAHAHAHAHAHA KALIMATMU DI BUAT2 AJA….ADA BANYAK SANA KALO BERNIAT BACA ALKITAB…….YANG JELAS UMAT KRISTEN GA SUKA PAKE JALAN BOM BUNUH DIRI UNTUK TEGAKKAN AGAMANYA DAPI DENGAN DOA, PUJIAN PADA TUHAN DAN PENGAMPUNAN MELALUI KASIH……CONTOH KASUS UMAT ISLAM MEMPERMALUKAN AGAMANYA ASRAMA PAPUA DI YOGYAKARTA DI BONGKAR OLEH KELOMPOK YANG MENGAGTASNAMAKAN FRON PEMBELA ISLAM……PAKE TINDAKAN KEKERASAN LALU BERTERIAK ALLAH MAHA BESAR…..JUJUR ITU SANGAT MEMALUKAN!!!!!!!!!!!!!!!……..MARI KITA BUKTIKAN DI 3 KOTA INI……ACEH, BALI, MANOKWARI……KOTA MANA YANG DIBERKATI TUHAN ALLAH

      • wah..nihi orang kebanyakan minum miras nih gan..yg ngebom2 tuh aliran ga bener, orang bego juga tahu…kaya kristen ga punya gereja sesat ajah..tp g mau ngakuin ka? nah itu dia, yg sesat2 mah ga usah dibahas, itu urusan laen.

        oiya ngomong2 yg ada larangan mirasnya injil yg mana?kan banyak buanget versi tuh?perjanjian lama yg dah g blh dibaca?or perjanjian baru?

        udah ah..ngegame ajah. yg penting sholat teruuussss….

        Piss bro..

  28. Sebaiknya perda tersebut tidak perlu dikaitkan dg ‘kota injil’ segala. ‘Kota Injil’ hanya menyebabkan perpecahan. Ummat Islam di Indonesia telah menghapus 7 kata dalam Piagam Jakarta, walau jika dicermati sebenarnya kata2 tsb ditujukan bagi ummat Islam. Jadi tidak benar jika dikatakan sebagai pemecah-belah bangsa. Namun ummat Islam tetap menghapusnya demi keutuhan yg sebenarnya tidak terancam. Padahal saat itu, jumlah ummat Islam lebih dari 90% (bukan sekedar 60%). Jadi, buat saja perda universal yg disukai Alkitab, tetapi jangan beri judul ‘Kota Injil’ Saya khawatir bahwa agresifitas Kristiani di Papua Barat hanyalah dampak dari ambisi bangsa barat yg ingin menguasai kekayaan Papua Barat. Mereka memanfaatkan agama sebagai pelancar keinginan mereka. Harusnya kita belajar dari Timor Timur (Timor Leste). Kristiani Papua adalah bangsa Indonesia juga, jadi jangan mau dijadikan pion bagi bangsa barat, walau agama mereka memang di bawa ke Papua oleh orang barat. Saya rasa, 2 rasul itu kecewa melihat Kristiani Papua Barat yg melakukan hal yg dapat merusak citra Kristen ini. Karena hal ini dapat digunakan sebagai alasan untuk mengatakan Kristen sebagai agama alat. Alat untuk apa? Alat bangsa barat untuk menguasai Indonesia. Perda tsb memang bisa menjadi boomerang bagi Kristen sendiri. Jangan sampai ummat Islam juga ikut2an menggolkan kata2 “Indonesia Negara Syari’ah”. Walau sebenarnya negara Syari’ah tidak berarti mengekang orang Kristen (selaku dzimmi, orang di luar Islam akan tetap diperhatikan hak2 mereka termasuk hak beribadah dengan tenang, bahkan siapa yg menyakiti dzimmi berarti menyakiti ummat Islam pula), tetapi saya rasa orang Kristen tidak akan rela kalau Indonesia dijadikan sebagai Negara Syari’ah dimana ummat Islam akan menjadi lebih taat beragama, club2 malam dan casino ditutup, ummat Islam akan lebih takut berzina karena akan dirajam, muslimah tidak akan keluar dari rumahnya terkecuali dg berjilbab, dlsb. Jika Kristiani Papua barat merasa berhak, padahal Kristen di sana baru 60%, lalu bagaimana dg Indonesia secara keseluruhan, dimana lebih dari 75% bangsa ini adalah beragama Islam? bukankah ummat Islam di Indonesia lebih boleh merasa berhak untuk menjadikan Islam sebagai Negara Syari’ah?

  29. JANGAN MUDAH DIPROVOKASI OLEH ORANG ASING …… ANDA BANGSA INDONESIA BUKAN BANGSA JERMAN, AMERIKA ATAU ROMA……
    SEKALI INDONESIA TETAP INDONESIA..

    KALAU ANDA SELALU MENGIKUTI KEMAUAN DARI ORANG2 JERMAN ATAU AMERIKA MAKA ANDA ADALAH AKAN SELALU JADI ORANG TOLOL DAN BODOOOOOOOH…

    • DANGKAL………….MAU BICARA, MAU DEMO TOLAK PENGARUH EROPA DI INDONESIA YANG MENAGIS AIRMATA DARA SANA! PEMERINTAH SANGAT BIJAKSANA TIDAK MENDENGAR ASPIRASI KALIAN KARNA NEGARA INI DIBANGUN DIATAS DASAR SISTEM YANG YANG MELIBATKAN BANGSA EROPA SO SILAHKAN NGOMONG….:)

  30. sekedar opini, kejelasan tentang pengesahan perda ini toh belum dilakukan. lagi pula kita semua INDONESIA, kita bebas untuk beribadah tanpa memaksakan atau mengekang seseorang untuk beribadah,

    jadi hemat saya ga seharusnya setiap kota men’dakwa’ kotanya sebagai kota agama ini atau itu.. yg jelas tentang bagaimana kita harus RUKUN, RUKUN, RUKUN.

    entah saudaraku umat muslim, ataupun kristiani mari kita ikuti jalan kita masing masing, tanpa memaksa..
    ‘BAGIMU AGAMAMU BAGIKU AGAMAKU’
    bayangkan indahnya damai itu, biar sekeras apapun sisi religi bukan berarti membuat kita lepas dari toleransi beragama..

    by.. alfmuzaky@gmail.com

  31. daritadi si KAREL kepancing mulu emosinya..
    sabar Bung..

    apapun agamanya,sukunya..semua sama..
    tinggal manusianya sendiri yang berlomba” menuju keimanan yang sempurna..dan semoga dalam perlombaan itu tidak ada yang saling menjatuhkan..seandainya ada..cobalah untuk sabar..

    yang penting hasil akhir bukan?!

  32. Indonesia adalah negara yang menghormati penduduknya untuk menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing.
    jadi tidak usah neko2 ya!!!

  33. Heheheeee, wadooow, bos Dhimas, ni tulisan km da banyak orang koment yg gak waras! tapi gak penting tu dg koment2 yg dangkal, sebab inilah wajah kehidupan beragama kita di Nusantara. Hahahaaaa, perseteruan yg gak ada ujungnya. Stuju dg saran bung Ismail Faruqi.., buat yg jelas dong, biar smua org pd tahu kondisi sesungguhnya. Aku dari “Kota Injil Manokwari (hanya menguat dlm wacana)” siap mberikan dukungan informasi yg berimbang!

  34. hm…duh saya bingung sekali membaca semua ulasan diatas… temen2 tercinta kalian semua benar…yakinlah dan tetaplah beribadah sesuai agama kalian masing2..karena kita semua yakin apa yang kita yakini itu benar..
    tapi ingat jangan merugikan orang lain bukankah tuhan orang islam, tuhan orang kristiani, tuhan orang hindu, tuhan orang budha, tuhan orang ateis sekalipun tidak pernah mengajarkan kejelekan dan bahkan perbuatan yang merugikan orang lain, dan orang banyak sekalipun mereka bebrbeda agama…
    boleh2 saja setiap daerah menamai dirnya mereka masing2 hanya saja mari kita ingat setiap peraturan yang dibuat harus tetap menghormati kebebasan beragam. tidak masalah manokwari menjadi kota injil…yang kurang baik ketika melarang yang bukan kristian(umat muslim)untuk tidak berjilbab, tidak boleh mendrikan masjid. bukankah yesus dulu tidak pernah melakukan hal semacam itu.. cobalah untuk flasback dan mendalami ktab suci injil…apakah ada suatu ayat yang melakukan hal semacam itu..
    mohan maaf. jika ada salahnya ya.

  35. menyikapi munculnya perda ini.. saya sangat khawatir dengan keadaan idonesia ini,, dengan munculnya perda ini,, telah menjadi bukti bahwa kebijakan pemerintah indonesia jauh dari kata ideal.. pemerintah terlalu gegabah dan hanya berfikir 1 arah dalam membuat keputusan sehingga menimbulkan kecemburuan sosial yang merambat ke setiap daerah..
    munculnya perda ini karena pamerintah mengesahkan perda aceh “kota serambi mekkah”,, meski perda yang di ajukan tidak ada yang merugikan umat agama non islam,, namun background yang di gunakan cukup mampu mem beri dampak kecemburuan sosial bagi daerah lain.. sehingga daerah lain seperti manokwari menuntut hak yang sama bagi pemerintah dengan perda yang sangat merugikan umat islam,dengan melarang ;
    1. pemakaian jilbab bagi wanita
    2. mengumandangkan adzan
    3. pembangunan masjid
    ke 3 peraturan yang ditawarkan ini sangat tidak mencerminkan sikap toleransi yang notabene menjadi ciri khas bangsa indonesia..
    kini pemerintah dituntut mampu bersikap bijak,, karena setiap pemimpin akan dituntut pertanggung jawabannya kelak oleh sang khalik..

    hidup indonesia…

  36. assalamualaikum…….
    wah gag bisa gitu dumz…..
    klo cuma di lihat dari banyaknya masyarakat kristiani mwnjadi prioritas bukan berarti semena” melarang agama lain untuk berkembang,
    klo mau kayak gitu ci di jawa harusnya gag ada agama lain selain islam, tapi kita kan di negara hukum berlandaskan pancasila, agama yang diakui lima, harusnya salina menghargai.
    ALLAHU AKBAR!!!!

  37. Assalamualaikum…!!!!
    Waah… pada panas semua. Jadi bingung mo ngomong apa nech. Sebenernya pingin ngomong sich, cuman takut klo nanti omongan saya menyinggung perasaan.
    Mending saya berdo’a sajalah, biar Tuhan memberikan yang terbaik buat kita semua:
    “Ya Allah… Lindungilah kami dari segala sesuatu yang melemahkan iman kami. Berilah petunjuk bagi kami. Tunjukanlah pada kami Al Mahdi. Turunkanlah pada kami Isa (Yesus) Alaihissalam sebagaimana yang telah Engkau janjikan pada kami. Dan semoga Engkau mengampuni dosa-dosa kami. Amin….”

    Untuk semuanya: “PEACE” ^_^

Comments are closed.