Latpim ITB aktn2

bismillah

Okeh, sori baru nge-post tentang latpim. padahal udah pengen dari dulu sih, cuma terhambat aja karena masalah internal.

“Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa ITB angkatan II” , itulah tepatnya nama acara ini. kegiatan berlangsung dari tanggal …… (duh lupa, kalo ga salah ) 4 Juni – 9 Juni 2007 mengambil tempat di Bela Negara, Cikole, Lembang, Bandung. pesertanya terdiri dari 150 mahasiswa ITB + 10 orang satpam yang terpilih. fasilitasnya…..mmmm nyam..nyam. dapet sepatu boots kereeen, 2 kaos keren, 1 celana training keren, map keren, notebook keren, ponco keren, topi keren, dan segala-gala yang keren (tentunya karena gratis jadi keren🙂 ). belum lagi fasilitas penginapan yang “mewah”, makanan “bergizi”, tools outbond (kompas, GPS, peta, dll). katanya sih nilai fasilitas & segala macem yg dikeluarkan disini, kalo diuangkan bisa senilai 2jeti (mantap bo..!!). Alhamdulillah saya termasuk salah satu yang diberi kesempatan oleh Allah untuk bisa mengikutinya.

gambaran acara :

kegiatan disana ditemani oleh para praja, eh maksudnya prajurit TNI-AD. pada hari pertama sih isinya lebih kepada pemberian materi. pada hari pertama(senin) ada materi dari pak Gede Raka dosen TI yang konon legendaris, tentang manajemen perubahan (kalau mata kuliahnya yang diajar oleh beliau manajemen inovasi). namun sayang saya ga bisa ikut dikarenakan harus ikut ujian perbaikan Kalkulus III (yang sepertinya sia-sia karena nilaiku tetep C… T_T). habis itu ada materi lagi dari pak donal SBM, nah yang ini saya sempet ikut sedikit. wah, keren juga nih pak donal, dia cuap-cuap tentang transfer knowledge. pokoke keren lah.

oia, kami nginep di tempat yang disebut barak. tapi…. bagi saya sih ini lebih keren dari tempat tidur waktu dauroh (saya malah mengharap barak tentara tuh lebih “menyiksa”, tapi sepertinya kita malah diperlakukan seperti tamu hotel berbintang). juga ada yang unik di sini, yaitu saat makan. Di sini kalo mau makan harus bareng2. metodenya seperti katering, tapi habis ngambil makanan duduk dulu dan ga boleh mulai duluan sebelum semuanya ngambil makanan juga (padahal ada 80 orang di sana). waktu pertama kali acara makan (waktu itu bener2 laper) saya merupakan assabiqunal awwalun yang ngambil makanan. Dan dapet deh apesnya harus melototin makanan selama seitar 1/2 jam karena harus nunggu yang lain juga (:~ mama laper…).

akhirnya tiba acara makan. eh, doa dulu. pake disiapin lagi. kalo ga salah SOP-nya : “duduk siap” –> “berdoa mulai” –> “istirahat di tempat” (lho, mau makan kok istirahat? tapi kodenya emang begitu). terus kita ngejawab dengan “selamat makan!!”. oia, ada suatu hal yang menarik. Pak tentara (kalo ga salah pak Dodo) cerita tentang pentingnya kita menghargai makanan. juga beliau menyampaikan tentang doa bahwa kalau kita makan, jangan mendoakan diri kita sendiri. tapi inget juga temen2 kita yang mungkin sedang kelaparan agar diberi ketabahan dalam menjalani cobaan-Nya. wah, kalo saya pikir nih tentara lebih konkrit daripade ustad-ustad kite. lalu ku mulai makan……. “selesai” (lho kok cepet banget? oia, ini khan tempatnya tentara. waktu makan dibatesin. weleh2). untung saya sudah selesai… alhamadulillah. oia, setelah selesai ada kode juga, tapi gw lupa. sori ye..!!

di hari kedua acara diadakan di ITB, jadi kita balik lagi deh sesaat untuk menengok kampus tercinta. disana ada KSAD Djoko Santoso juga Rektor Djoko Santoso (waduh.. kayanya yang namanya Djoko Santoso itu bakalan jadi orang besar deh). sulit memang kalau membedakan dari nama, tapi kalau dari gelar jelas! Pak Djoko (jendral version) juga bercuap-cuap tentang “wawasan kebangsaan” (busyeeehhh.. mantab dah! Nasionalis abis. Allahu Akbar!). biz ini selesai kita balik lagi deh ke Bela Negara.

Nah, selain materi seminar, kita juga dapet materi dari Biro Psikologi – nya . Jadi inget ama pelajaran psikologi Industri pak joko (bukan joko santoso lho, tapi joko siswanto dosen TI). materinya ringan & emang cocok sebagai refreshing (atau bahasanya anis matta “saatnya mengendapkan pikiranmu”) setelah beratnya aktivitas yang dijalani seharian.

terus, di hari ketiga baru mulai acara yang serunya nih. “Navigasi Darat”. dan kebetulan saya ketua kelompoknya (entah kapan terpilihnya ya!!! kalo ga salah gw jadi ketua gara2 gw yang megang kompas dkk!!. tapi… ga papa lah).sesi kali ini kita jalan. kita diajarin cara make kompas prisma & GPS. tentunya metodenya dengan mencapai 3 pos yang setiap posnya harus ditempuh berdasarkan bantuan dari kode yang ada di GPS. tapi sayangnya… kali ini kita kalah! gara2 ga bisa menemukan petunjuk yang ada di pos terakhir di Bela negara. tapi… kita InsyaAllah cukup puas dengan hasil yang didapat.

selain itu ada juga games menyusun bambu dengan clue yang didapet dari games sebelumnya(navigasi darat). disini kita harus ngumpulin bambu2 dan menyusun bambu itu menjadi sebuah bentuk tertentu. bentuknya didapat dari mm… sejenis cerita tentang kebun binatang. kali ini hasilnya beda. grup kami “surplus” bambu hijau (horee….) dan berhasil menyelesaikan bangunan bambu paling awal. walaupun ada beberapa teman kelompok lain yang “dirugikan” karena tidak kebagian zakat bambu surplus kami (hehe).

Teruz, yang paling seru ialah outbond yang dilakukan di… aduh mana ya? pokoknya kita pindah tempat dari Bale Negara yang nyaman menuju “alam yang sesungguhnya”. di sini ada berbagai games, mulai dari flying fox, nyebrang jembatan 2 tali, jaring laba2, terus games itu, games ini, juga games lain-lain (pokoke banyak n seru lah!!).

snabling… atw apa ya namanya?? lupa nih dsc00195.jpg

nah ,malemnya kita ada caraka malam. saking semangatnya, saya yang maju duluan.waduh… gelap pisan bung. terus di simulasi ini ada “berita” yang harus dibawa sebagai “misi” (wah.. ngerasa jadi intel beneran nih! dulu cita2 ku jadi intel lhooo). kalo ga salah inget “dari XXX kepada Badan Kesehatan (Ba Kes) : ~diharapkan segera ke daerah pelatihan dikarenakan ada siswa yang sakit dan perlu segera diobati~” (Afwan udah lupa nih). di simulasi ini tuh gaboleh pake senter (dan saya adalah orang pertama yang melanggar aturan ini <jangan dicontoh yaaa>). ada satu pos yang menarik, pos ketabahan. kalo kata temen2 sih disana ada sosok hantu yang ngeganggu. tapi… kok sayaga ngeliat apa2 ya? katanya sih panitianya belum siap. he, maklum lah kalo jadi orang pertama emang diperlakukan “spesial”. terus ada lagi, alasan mengapa saya jadi yang pertama. karena saya tahu orang setelah saya pasti bakalan ngantri dulu di post2 yang ada (inget pengalaman SSG dulu lah!!). Itulah enaknya jadi yang pertama, ga perlu ngantri. tapi ga enaknya yaaa ga dapet pengalaman yang full.

Oia, ada satu lagi acara yang berkesan. yaitu penampilan Abah Iman Abdurrahman. sang legendaris ini (pencipta lagu mentari yang biasa dinyanyikan bocah2 ITB) ternyata masih idup (subhanallah). masih kuat pula buat nyanyi malem2. Nih orang bener2 me,mberikan inspirasi bagi saya akan kecintaan terhadap alam. Belum lagi lantunan lagu2nya yang khas dan memiliki “sirah” tersendiri. Beliau berhasil menyentuh hati saya… (cie.. romantis amat!!). Pokoke salut buat bang Abah Iwan!

mujahid palestina…atw Teroris!!!terus, di hari terakhir, kita ada simulasi nembak. ini nih yang paling ditunggu-tunggu. tapi eh tapi, ada surat keputusan yang katanya “warga sipil ga boleh menembakkan senjata api dalam alasan apapun selain saat perang”. hu…. gw khan ikut ini karena pengen nembaknya! T_T tapi ga papa lah, daku sudah cukup dipuaskan dengan melihat sang penembak jitu mba Devi (duh, jadi takut ama mba Devi. ga macem2 lagi deh. piss!!). siangnya kita malah basah2an di kolam renang karena ada games menjatuhkan bola pingpong yang ada di dalam tabung berlubang menggunakan air.

terusss.. eh ada lagi deh. di saat terakhir waktu malem2 ada semacem malam renungan. nah, disini nih dibacain “IDEALISME KAMI” versi PPSDMS (bener2 mirip lhooo, sumpe deh! percis amat. siapa ya yang ngopy-paste dari asrama? Tau ah!). Semoga Idealisme Kami ini dapat dipenuhi bersama, tak hanya oleh bocah PPSDMS tetapi juga oleh semua orang terutama mahasiswa yang ikut mendengarnya waktu Latpim.

terakhir nih, orang yang paling membuat kesan selamapelatiha. Pak DODO…….!!! wah, tipe acak konkrit, tegas, surpeise, and mantbbb lah ni orang. semangat buat Pak Dodo & TNI-AD!!!

7 thoughts on “Latpim ITB aktn2

  1. Pingback: Mars Bela Negara « Perjalanan mencari ridho-Nya… dan “yang diridhoi-Nya”

  2. Pingback: 1000th SPAM « ~ Ñeνe®en∂iηg Imρr¤vemeñt™ »>

  3. salam ( ESA HILANG DUA TERBILANG ) SAYA MINTA MARS BELA NEGARA utk saya koleksi karena saya pernah mengikuti PPBN di DODIK BELA NEGARA saya mohon bukan lirik tapi lagunya please ditunggu

Ketik komen di mari gan.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s