FSLDK-Nas XIV, Menuju Sinergi Dakwah Kampus Nasional

Tak dipungkiri lagi kiprah FSLDK (Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus) dalam membangun dakwah di Indonesia. Berbagai aksi palestina dan anti-maksiat, kegiatan sosial dan relawan, supply alumni kampus yang berafiliasi terhadap Islam, promotor berdirinya KAMMI, juga akselerasi dakwah di kampus-kampus se-Indonesia telah dilakukan. Pantaslah jika komunitas ini (atau lebih tepat disebut dengan “forum”) dijadikan suatu yang perlu mendapat perhatian khusus terutama bagi aktivis & organisasi dakwah Islam di Indonesia.

Bermula sejak adanya pertemuan 13 LDK (Lembaga Dakwah Kampus) se-Jawa yang diadakan di UGM 1986, disepakatilah akan perlunya membangun jaringan dan ukhuwah antara LDK-LDK se-Indonesia. Maka pada pertemuannya yang ke-3 di Unair Surabaya, digunakanlah istilah FSLDK untuk pertama kalinya.

Sejak pertemuan yang pertama di UGM, telah berlangsung 13 kali temu nasional antara LDK se-Indonesia. FSLDKN, atau “FS-Nas”, begitulah sebutan yang akrab didengar di kalangan para Aktivis LDK untuk pertemuan antar LDK dari seluruh nusantara ini. Biasanya diadadakan setiap dua tahun sekali di kampus yang diamanahi sebagai tuan rumah FS-Nas. Mungkin bagi yang masih awam, pertemuan ini terdengar seperti “arisan”nya para aktivis LDK. Tetapi sesungguhnya, di sini lah dimusyawarahkannya grand design arah gerak LDK se-Indonesia selama 2 tahun ke depan. Juga akan diputuskan LDK yang akan menjadi Puskomnas (Pusat Komunikasi Nasional) berikutnya. Selama dua tahun, Puskomnas ini lah yang akan mengkoordinasikan seluruh aktivitas dakwah kampus di berbagai Universitas di Negara ini.

Di FSLDK-Nasional ini lah seluruh harapan dan cita-cita dari LDK di seluruh penjuru nusantara berpadu. Salam UI, FKI Rabbani Unand, UKM Birohmah Unila, Gamais ITB, JS UGM, Pusdima Unmul, JMMI ITS, dan ratusan LDK lainnya akan bertemu untuk mensinergikan cita-cita mereka. Merupakan ajang yang tak boleh dilewatkan oleh LDK untuk mengirimkan perwakilannya ke pertemuan ini. Tentunya demi dakwah kampus yang lebih baik dan tersinergi secara naional.

kompilasi - FSNas, Gamais, FSLDK

Pada tanggal 28 Juli – 2 Agustus 2007 nanti, insya Allah FSLDK kembali mengadakan temu nasionalnya. UKM Birohmah Universitas Negeri Lampung, sebagai LDK yang diamanahkan untuk menjadi tuan rumah FS-nas XIV, sedang melakukan persiapan untuk menyambut pejuang-pejuang LDK dari berbagai penjuru negeri ini. Bertemakan “Revitalisasi Lembaga Dakwah Kampus Menuju Indonesia Madani”, kegiatan yang berlangsung selama 6 hari ini akan diisi berbagai macam acara. Mulai dari seminar, diskusi panel, sekolah LDK, juga yang paling penting, musyawarah FSLDKN itu sendiri. Acara insya Allah akan dibuka dengan sambutan dari Rektor Unila, Gubernur Lampung, Presiden RI, juga ada studium general oleh Hidayat Nur Wahid ketua MPR RI.

Semoga sinergisasi dakwah kampus nasional dapat terwujud di sini dan FSLDKN kali ini dapat membawa perubahan bagi dakwah kampus Indonesia ke arah yang lebih baik. Menuju masyarakat Indonesia madani melalui revitalisasi peran kampus sebagai transformator masyarakatnya.

“sesungguhnya bangkitnya suatu kaum karena tampilnya para pemudanya!!

Dhimas Lazuardi Noer

Kepala Departemen FSLDK 0708

Keluarga Mahasiswa Islam (GAMAIS ITB)

Puskomda FSLDK Bandung Raya 0608

16 thoughts on “FSLDK-Nas XIV, Menuju Sinergi Dakwah Kampus Nasional

  1. Ayo mas… Periapan kita (kita???) harus mantep. Apalagi kita (ha, kita???) jadi pengisi di sekolah LDK, betul kan. Subhanallah, SPMN revised-nya keren (walaupun blm baca). Insya Allah banyak karya yg akan dihasilkan tim FSLDK gamais setahun (plus setengah) ke depan.

  2. Semoga sinergisasi dakwah kampus nasional dapat terwujud di sini dan FSLDKN kali ini dapat membawa perubahan bagi dakwah kampus Indonesia ke arah yang lebih baik. Menuju masyarakat Indonesia madani melalui revitalisasi peran kampus sebagai transformator masyarakatnya

    amiin…

    tentang kursor…belum begitu ngerti cara bongkar-pasang di wordpress…

  3. salam dakwah kampus..eh..jangan sekedar ceremoni aja. harus muntijah (apa ini…) he..hee..sorry. benar gak ya tulisan. bravo FSLDK

  4. $ Nayz
    sok atuh jang!
    $ Om Shodiq
    Nyoba ah..!!
    $ patriot
    wiss…tunggu launching SPMN revised-nya
    bonus CD “SPMN apa aja” (apa aja ye? kaya’ gamais apa aja deh)
    $ Aji
    iye nih. Udah ketemu ama om Jemmy. tapi ente aje yang ngurus ya! daripada ntar di lampung kaga’ ada kerjaan mendingan jualan sekalian
    $ patriot
    masih banyak tuh stikernya. diobral 2000-an…ada yang mau beli?? sok atuh!
    $
    amiin ya robbal alamin
    $ aat
    Ganbate = semangka!!
    $ Noviaaa
    makasih..!!!
    $ the23wind
    Yaahhh…kenapa ga ikut???? rame’in kontingen Bandung donk!
    yo wis ora’ po2. InsyaAllah ilmune tak bagi-bagi
    $ febriardy
    Betulll!!jangan cuma jadi ajang reunian (minimal jualan stiker lah 8) ). khan disana kita bisa sharing2 dengan teman2 LDK se-Indonesia. kapan lagi gituh?

  5. numpang post!!!!boleh????
    woy…mo pada dagang yah??hehe….(canda)
    Pengen ikut ke UNILA tapi kampusku cuman ngasih tuk dua orang, itu juga tidak termasuk aku..hixhixhix……
    tapi baelah….sama ujang di doain, moga lancar…sanes kitu mang??:-)

  6. Bismillah..
    doakan smua lancar.. dr awal acara sampai akhir..
    dan juga menuai ridhoiNya..
    amin..

    doakan jg sodara2 yg akan mengalami perjalanan cukup panjang menuju lampung supaya selamat… trackrecordnya transportasi Indonesiakan ngetop ga bagusnya🙂
    hanya Allah tempat berlindung..
    ana kok deg deg-an ya mo kelampung.. dr kampus cuma 2 akhwat yg diutus beserta 2 ikhwan.. brangkat brg ikhwah puskomda.. takut ntar di sana ga bisa sumbang apa2 u/ kemajuan dakwah.. hiks..

    Semangat!!

  7. Assalamuálaikum….
    Kaifahaluk ikhwah..??? 3 minggu pasca FSLDKN masih semangat kan ?!
    …Bersama membangun negeri tercinta menjadi Indonesia Madani… Semoga Allah memudahkan perjuangan kita.
    Takbiru…!! Allahu Akbar..!!!

Ketik komen di mari gan.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s