Jatiluhur – Kawah Putih – Punclut

Akhirnya ngerasain liburan…

Yah,, biarpun krossonya di akhir-akhir menjelang masuk kuliah, sempet juga awa’ jalan-jalan. Hmm,, memang lega rasanya jika kita dapat menikmati pemandangan alam. Setelah hari kamis ke Jatiluhur, hari sabtunya ke Kawah Putih bareng teman-teman TI 2005, hari Ahadnya sempet juga main ke Punclut sebentar. Alhamdulillah

waduk Jatiluhur

waduk jatiluhurmy friends in Jatiluhur

Waduk ini dikenal sebagai waduk pembangkit listrik di Bandung. Ukurannya sangat luas, dan kita bisa melihat indahnya pegunungan dari sini. Terletak di kabupaten Bandung, waduk ini tidak dapat dilihat jika kita melihatnya dari kota Bandung karena Waduk ini berada di balik pegunungan yang mengelilingi kota Bandung.

cimg2051.jpgAda beberapa pilihan objek tempat kita berwisata di sini. Qt dapat berkeliling waduk dengan menggunakan perahu yang disewakan (seperti saya lhoo), terus ada bebek apung yg dikayuh (yang kalo dinaikin serasa sangat romantis), ada juga kereta gantung yang dikayuh berdua (mirip seperti bebek apung, hanya saja ini tidak di danaunya, tetapi di pinggir danau dengan arena khusus). Di sini terdapat water boom jika ingin berenang, juga ada pulau kecil di tengah waduk (kenapa ya ada pulau di situ? buat foto-foto aja kali ye), ada juga tambak ikan yg dimiliki penduduk. Oia, di sini ikannya banyak juga lhoo, padahal airnya cukup cendol (maksudnya ijo lumuttambak ikan di jatiluhur gitu. Ga kebayang deh kalo nyemplung di sana). Ada nelayan yg menjaring ikan dengan jalanya, dan setiap kali menjaring selalu mendapatkan ikan. Ikan yg didapat dengan dijaring ini merupakan ikan hias yg sering kita lihat di akuarium rumah. Ikannya memang bukan untuk dimakan, tapi karena warna dan bentuknya cukup bagus, saya rasa bisa dijadikan ladang bisnis juga nie.

Kawah Putih

di kawah putihTerletak di daerah Ciwidey, Bandung. Merupakan kawah yang terletak di salah satu puncak gunung yangmengelilingin Bandung. Kawah ini disebut putih karena warna danau yang ada disana terlihat putih kehijauan. Hal ini disebabkan kandungan sulfur di gunung itu cukup banyak, kemudian bercampur dengan air yang membentuk danau di puncak gunung, sehingga menyebabkan danau/kawah menjadi berwarna putih. Udara di daerah ini sangat dingin dan pemandangannya sangat indah. Banyak bumi perkemahan yang ada di sekitar sini, ranca upas salah satuya. So, buat antum yg ingin menikmati pemandangan alam yg langka , sekaligus ingin berkemah di alam terbuka, silahkan saja datang ke sini. recommended lhoo…

Punclut

Bersama kelompok lqWah,, ternyata deket juga ya. Daerah Cimbeleuit atas. Kalau naik angkot yg warna hijau ke arah Cimbeleuit sampai ke rumah sakit Salamun. Parkir mobil/motornya di parkiran rumah sakit, setelah itu qt bisa berjalan ke Puncak Punclut.

Dalam berjalan menuju puncak punclut, di sebelah kiri kanan jalan akan terlihat para pedagang yang kalau saya lihat barang dagangannya seperti apa yg dijual di Gasibu atw pasar jumat Salman. Qt dapat membeli berbagai jenis oleh-oleh di sini. Ada kelinci, siput goreng, pisang ukuran gedhe, beras merah, dan berbagai jenis barang lainnya (namanya juga pasar). Jikalau terus berjalan ke atas, disana terdapat banyak warung makan. Singgahlah di salah satunya dan nikmati makanan yg tersedia, biasanya ada nasi merah, ayam panggang, ayam bakar, kelapa muda, de el el sesuai selera.

pemandangan dari punclut. sayang aga’ jelek, salahin fotografernya yaaDi sini, qt dapat menikmati pemandangan yg luar biasa, yaitu melihat kota Bandung yg dikelilingi gunung-gunung. Bener-bener deh keliatan kalau Bandung itu sepeti danau yg ditelan bukit. Seluruh sudut kota Bandung dapat terlihat di sini, kecuali Jatiluhur tentunya (karena sudahmasuk kabupaten dan berada di banlik gunung yg mengelilingi kota Bandung).

Daerah ini cocok buat antum yg ingin menikmati pemandangan kota Bandung. Jika qt membawa teropong, qt dapat melihat lebih jelas berbagai gedung yg sudah didirikan di kota Bandung (termasuk ITB lhoo).

anyway,,, bye bye liburan & selamat menempuh kuliah baru di semester 6 ini. Semoga IP naik (amin,,,,ini dulu aja deh harapanku)

4 thoughts on “Jatiluhur – Kawah Putih – Punclut

  1. Assalamualaikum ukhti…eh salah,..akhi denk!!hahahaha…
    pa kabar nih??sehat??mudah2an sehat yah!!amiiin…
    wah enak betul abis jalan2…hihihi…kayanya jalan2 alias refreshing jadi sebuah keharusan buat mahasiswa…hihihi…kalo ga gitu bisa “sedeng” alias “stress”…hihihi
    selamat berjuang di semester baru ini, semoga IP naik,..amiiin
    salam jihad dulu lah (wah sy lagi “bener” nih),..hahaha,..

  2. Assalamualaikum ukhti…eh salah,..akhi denk!!hahahaha…

    waalaikumsalam ya akhi ya ukhti….😀

    pa kabar nih??sehat??mudah2an sehat yah!!amiiin…

    alhamdulillah ga terlalu sehat. Oleh-oleh Ciwidey & Kawah Putih itu yaa pilek yg ga sembuh-sembuh. Tapi jadi krosso nikmatnya sehat🙂

    selamat berjuang di semester baru ini, semoga IP naik,..amiiin

    aminnnnnnn,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

    salam jihad dulu lah (wah sy lagi “bener” nih),..hahaha,..

    walah,,, piye iki mantan Presiden MITI qt🙄

Ketik komen di mari gan.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s