Kulker TI 2005

Kulker TI 2005

Alhamdulillahirabbil alamin

Setelah empat hari bersama kawan-kawan TI’05 yang lain, selesai juga Kuliah Kerja TI qt. Mari ikuti kronologis ceritanya :

Hari pertama : ITB –PT Pindad – ITB – At Tin TMII – Padepokan Pencak Silat

ITB

Ngumpul jam 6 (katanya sie jam 6.00) di gerbang depan ITB, foto-foto, berangkat ke PINDAD jam ½ 8, sampe PINDAD, foto-foto lagi (horrey foto-foto terus😀 ).

PT PINDAD, Kiara Condong, Bandung

PT Pindad Persero, merupakan Perusahaan yang bergerak di pembuatan barang-barang logam. Perusahaan ini dikenal sebagai perusahaan pembuatan senjata. Hmm,, kalo menurut saya, juga beberapa jendral TNI yg pernah saya temui, perusahaan ini sangat strategis dalam pergerakan militer dalam negeri. PINDAD sudah dapat menghasilkan berbagai jenis senjata, mulai dari yang ringan, senjata berat, juga sudah dapat membuat Panser.

Sayangnya, menurut petinggi PT PINDAD, perusahaan ini masih memiliki kelemahan dalam memproduksi senjata. Masih adanya ketergantungan beberapa komponen dan material persenjataan dari negara lain, juga kurangnya dukungan finansial dari pemerintah, membuat PINDAD tidak dapat memproduksi senjata untuk militer Indonesia dengan optimal. “Soal kualitas senjata yang dihasilkan sudah baik, namun dana untuk penelitian kami untuk mengembangkan persenjataan masih kurang”, kata seorang (aduh lupa euy namanya) yang waktu itu bertugas sebagai pembicara.

Selain membuat senjata, PT PINDAD juga memproduksi benda nonmiliter. Rel Clamper, tabung gas elpiji, bahkan sampai benda dari logam dengan ukuran besar pun dapat dibuat di sini. Pada kunjungan kami ke Pindad, kami melihat secara langsung proses casting pembuatan barang-barang logam. Di sini, pasir silika digunakan dalam membuat cetakan produk. Untuk prototypenya sendiri menggunakan kayu (yang dibuat lebih besar dari benda aslinya agar ukurannya sesuai dengan pengkerutan yang terjadi saat proses pendinginan). Besi yang digunakan sebagai material utama dipanaskan dengan kisaran 12000-15000 Celcius. Suhu dan ukuran granular pasir digunakan untuk menentukan seperti apa permukaan benda yang akan dibuat. Kalau ingin yang halus, berarti menggunakan ukuran granular pasir yg kecil dengan suhu tinggi. Begitu juga sebaliknya.

Pokoke, terima kasih kepada PT Pindad yang telah menerima kami di Perusahaannya danmemberikan kami tambahan ilmu tentang pengecoran.

ITB

Habis dari Pindad, qt balik lagi ke ITB. Tau mau ngapain? Qt makan soto,,,,nyam,,nyam,,. Soto ini pemberian dari pak Aso, salah seorang dosen kami yang cool abiz, mantab lah. Terima kasih pak. Jangan ragu untuk mentraktir kami lagi😀

At Tin, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta

Habis makan soto, qt berangkat ke Jakarta. Alhamdulillah sekitar 3 jam qt sudah sampai. Solat maghrib di Mesjid At Tin. Eh, bada maghrib ada tahlilan buat pak Harto lhoo.

Btw, mesjidnya megah juga yaa. Andaikan uangnya buat ngebantu rakyat Palestin, pasti saudara qt disana sangat terbantu. Maaf yaa keluarga pak Harto, bukan bermaksud buruk, hanya saja mungkin uang-uang anda yang melimpah itu bisa dimanfaatkan dengan lebih baik. Mesjidnya emang bagus banget (fisiknya), tapi kalo isinya ga terlalu bagus, yaa kalo saya sih mending uangnya buat disumbang ke orang miskin atau Palestin.

Padepokan Pencak Silat, sebelahnya mesjid At Tin

Kamar 231, bersama Luqman, Rendi, dan Agri. Harusnya sie ada Benny, namun beliau mengorbankan dirinya untuk memberikan qt makanan dan ruang tidur lebih keperluan kulker qt sehingga beliau tinggal di Bandung. Selamat tidur,,,,

Hari kedua : Padepokan – PT Pupuk Kujang –Jatiluhur – Ciwidey

Padepokan Pencak Silat

Wah, sayang ga bisa lama-lama di sini, ga nyampe sehari udah pindah lagi. Istilanya mah Cuma numpang tidur doank sebelum datengin perusahaan yang ada di Jakarta.

PT Pupuk Kujang, Cikampek

Kalo perusahaan yang ini bergerak di bidang pengolahan zat kimia. Amonia dan urea menjadi bahan dasar pembuatan pupuk. Yang menarik pada perusahaan ini ialah manajemen SDMnya. Fasilitas yang diberikan kepada karyawan PT Pupuk Kujang sangat banyak. Mereka juga menerapkan sistem reward & punishment kepada karyawannya dalam mekanisme sistem penggajian. Saat ini, MSDM BK (Manajemen SDM Berbasis Kompetensi) sedang dicoba untuk diterapkan dalam memanaje karyawan PT Pupuk Kujang.

Soal pabrifikasi pupuknya, dilakukan di dua area. Area yg pertama (1A) masih menggunakan teknologi yg lebih kuno dibandin area 1B. kalau dilihat memang area yg baru dibangun ini (1B) memiliki teknologi yang lebih canggih.

Soal pupuk yang katanya semakin langka, ternyata itu bukan bberasal dari pabriknya. Menurut pakxxx (afwan jiddan lupa lagi namanya, yang bagian produksi itu lhoo), supply pupuk kepada masyarakat dari perusahaan itu tetap, jadi tak mungkin berkurang ataupun menjadi langka. Bahkan inventory pupuk pun sudah ada berton-ton, jadi bisa dipakai sewaktu-waktu jika terjadi kelangkaan. Masalah kelangkaan terletak pada distributor yang mungkin menimbun pupuk. Saat ini, perusahaan pun mengirimkan orang untuk mengecek keberjalanan distribusi pupuk dari produsen (PT Pupuk Kujang) kepada konsumen.

Waduk Jatiluhur

Karena selesainya begitu cepat, sekitar pukul 13.00 kita menyempatkan diri untuk pergi ke Jatiluhur.

Aduhhh,, afwan nie udah males nulis, jadi dikasih foto-foto aja yah….

dhimas in waduk jatiluhur waduk jatiluhur

Ciwidey : 31 Januari – 2 Februari

Ada performance per kelas yang dimenangkan kelas 1, serta quiz Aku, Kamu, dan 2005 yang dimenangkan kelas dua. Sayang sekali kelasqu (kelas 3) dan kelas 4 tak menang.

Ho ho, biarpun dapat dibilang waktu paling idle dari keseluruhan rangkaian acara ialah saat di villa, tetapi saya cukup senang. Bisa main bola bareng, ngutrak bareng temen-temen 2005, juga permainan lainnya, yang kalo saya ga ikut acara kulker ini pasti saya ga bakalan ngerasain buat beraktivitas bersama temen-temen TI 2005 lainnya.

Credit

Terima kasih kepada Aji sang ketua angkatan sekaligus penanggung jawab kulker ini,

terima kasih kepada teman-teman panitia (maaf banget nie saya ga ngebantuin), makasih banget atas pelayanannya, makasih banget atas makanannya yang melimpah dan delicious (yang membuat seolah kulker kita adalah Kuliah Kuliner), makasih atas fotonya (serasa jadi artis euy. Foto-foto terusszz),

terima kasih kepada teman-teman “Kujeng” yang telah bersama berjuang (halah) dalam perjalanan, bis, ke perusahaan bareng-bareng, serta surplus makanannya (yang ini nie yang bikin ma’nyusss😀 ),

terima kasih kepada teman sekamar (dan luar kamar), villa di Ciwidey (nama villa disamarkan), Pondok 14, yang telah meramaikan kamar saya seolah sebagai centered room yang selalu ramai,

terima kasih kepada teman-teman kelas 3 (di semester 6), atas kebersamaannya dalam performance kelas maupun quiz-nya, masih banyak kenangan indah yang akan kita lalui bersama sampai lulus nanti,,,

terima kasih kepada seluruh teman-teman TI 2005 ITB, di sini saya menemukan keluarga “lainnya” yang selama ini tak saya sadari. Maafkanlah jikalau saya jarang nongol maupun seolah tampak seperti orang yang somse’. Ga bermaksud begitu, hanya saja ada aktivitas lain yang lebih diprioritaskan,

terima kasih kepada pihak yang mungkin tidak terkait secara langsung akan keberadaan saya mengikuti kulker ini,

terima kasih kepada semuanya yang tidak dapat saya sebutkan satu-persatu,

dan, terima kasih kepada Allah SWT yang masih membuat saya dapat mengikuti kulker ini.

5 thoughts on “Kulker TI 2005

Ketik komen di mari gan.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s