Kongres, Presiden KM, dan MWA ITB

Senator, presiden KM, dan MWA ITB

Hmm,,, kalo dipikir-pikir, banyak juga yah jabatan di kemahasiswaan ITB, ada senator, presiden, juga MWA. Bentar lagi khan ada pemira kampus nih, nah sekarang coba sedikit menjelaskan tentang ketiga itu, mulai dari yg awa’ pahami & kondisinya sekarang.

KM ITB

Keluarga Mahasiswa (KM) ITB merupakan seluruh mahasiswa S1 ITB. Syaratnya gampang : kamu mahasiswa S1, dan kamu masuk ITB. Gitu, cing!

Presiden & Kabinet KM ITB

Presiden KM ialah pimpinan tertinggi kemahasiswaan ITB. Kalo di kampus lain biasa diebut ketua BEM atau KEMA. Sedangkan kabinet KM ialah para anggota KM ITB yang beraktivitas untuk membantu presiden dalam melaksanakan fungsi kemahasiswaan di kampus. Jadi, yg biasa aktif di KM itu disebutnya anggota kabinet.

Senator & Kongres ITB

Senator itu adalah orang yang dipilih untuk mewakili aspirasi massa kampus ITB untuk mengawasi kinerja Kabinet KM ITB. Kongres adalah kumpulan para senator itu.

Jika diibaratkan, kongres adalah MPR & senator adalah anggota MPRnya.

Senator berasal dari : himpunan @ max 1 orang & perwakilan rumpun unit 1 orang. Rumpun unit itu,,, gimana ya? Awa’ juga bingung. Mirip kaya’ jenis2 unit gitu deh. Jadi unit2 olahraga ada 1 senator, unit2 kesenian juga ada senatornya. Jadi satu senator rumpun unit itu dapat mewakili beberapa unit.

Berbeda dengan senat2 yg ada di kampus lain, kalo di sini senator itu bener2 elit, jadi ga ditunjuk berdasarkan kelas yg membuat jumlah senator itu banyak. Di sini, bahkan untuk memilih senator pun dilakukan pemilu seperti halnya pemilu ketua Himpunan atau ketua Unit. Nah, untuk ketua kongres itu sendiri, baru dipilih oleh anggota kongres itu.

Majelis Wali Amanat (MWA)

Ini yg awa’ ndak tahu. Kalo ga salah ya 9kalo ga salah lho), MWA itu merupakan pimpinan tertinggi kampus. Anggotanya ada beberapa orang : tokoh masyarakat, rektor, & perwakilan mahasiswa. Fungsi MWA ini sangat krusial mengingat MWA akan menentukan berbagai kebijakan di kampus (jadi rektor pun ga bisa seenaknya disini). MWA juga menentukan apakah seorang mahasiswa itu di-DO atau tidak. Jadi, pelanggaranberat kemahasiswaan juga diputuskan status hukumnya oleh MWA.

Nah, sebelumnya, di kabinet ijul & kabinet2 sebelumnya, MWA perwakilan mahasiswa adalah sekaligus Presiden KM ITB. Untuk berikutnya, MWA mahasiswa dipisah dari Presiden KM mempertimbangkan fungsinya yang memang strategis & penting.

Sekarang khan lagi musim pemira Presiden KM & MWA nih. Sebentar lagi juga akan diadakan pemilihan senator GAMAIS untuk menggantikan senator sebelumnya. So, bagi antum yg berminat jadi MWA, Bagi yg pengen jadi Presiden, Atau ingin mengajukan diri jadi calon senator baik dari GAMAIS, unit, maupun himpunan, Sok atuh dicoba.

Kalau bukan kita, siapa lagi?

6 thoughts on “Kongres, Presiden KM, dan MWA ITB

  1. Assalamualaikum..
    Dim.. memang kapan si sbenernya kita nyoblos2 pemilihan presiden KM??
    kasitau ane dong.. kayanya ketinggalan berita.. hihihi

    sekalian dateline nya kalo tau..
    kayanya yang terpampang di baliho salah yah..

    hihihi..
    skalian promosi nih..

    —visit Khamelovsky.wordpress.com—

    thx.. Assalamualaikum..

  2. Ikutan ah…
    Ayo ayo yang mo gabung ke tim Kampanye Tidak Langsung (KTL) Bolang…
    Bisa menghubungi ane…
    Klik aja nama saya di atas dan tinggalkan pesan jika anda ingin bergabung di shoutbox saya…
    heheheh

  3. Waduh gimana ni Bos..kampus kita tercinta kudu kehilangan lagi salah satu mahasiswa terbaiknya dalam ospek-ilegal pula..wuih..apa ngga sekalian aja peserta ospek disuruh longmarch Bandung-Jakarta jalan kaki tanpa makan, minum, dan istirahat? Kita liat aja berapa banyak yang meninggal siapa tau bikin rekor? Judulnya “Ospek dengan jumlah korban mahasiswa tewas terbanyak” Oke kan!

Ketik komen di mari gan.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s