FSLDK -> Forum Silaturahim, bukan Silaturahmi

Setelah baca artikelnya pak hidayat nur wahid di blognya, saya jadi inget tentang FSLDK. Forum Silaturahmi Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus.

Banyak memang yg salah kaprah tentang kepanjangan dari nama FSLDK itu. Walaupun banyak yg bilang, “apalah arti sebuah nama”, tapi jikalau memang arti namanya menjadi sesuatu yg bernilai negatif, ya sebaiknya nama itu dihindari.

Begitu pula FSLDK, bukanlah sebuah forum silaturahmi, tapi silaturahim. HNW mengatakan dalam blognya, (pake EYD banget ya cara ngutipnya? maklum lah sekalian latihan TA)

“Lantas, apa bedanya silaturahmi dengan silaturahim ?padahal susunan hurufnya sama saja. Ya, memang perbedaannnya ada pada akhiran yang ada pada huruf mim.

Pada dasarnya silaturahmi berasal dari dua kata, “silah” dan “rahmi”. Silah artinya menyambungkan. Sedang rahmi artinya rasa nyeri yang diderita para ibu ketika melahirkan. Hal ini tentu sangat berbeda rahim yakni menyambung rasa kasih sayang dan pengertian.”

So, buat temen-temen, jangan salah ngeja lagi yaa. Yg bener itu Forum Silaturrahim Lembaga Dakwah Kampus.

sekian 😀

Advertisements

penceramah berubah

hmm,, aga aneh juga ketika mau memposting kali ini. Kok kayanya ada sesuatu yg ga enak yah? Mungkin karena agak ghibah. Tapi sie maksudnya ingin menginformasikan atas keanehan yg terjadi.

ya udah deh dimulai aja.

Ini komnetar tentang beberapa penceramah Salman yg berubah. Jadwal tadinya bisa dilihat di sini (sebelum jadwal penceramahnya diganti)

Nah, setelah diganti beberapa penceramahnya, ada dua tokoh  yg mw saya soroti :

  1. Walikota Bandung (jadwal ceramah seharusnya 23 Ramadhan). Walikota ini ga jadi ceramah di Salman. Kata orang sie, mungkin dipikirnya “berbahaya” kalo harus ceramah di “sarang musuh” 😀 . Hee,, secara masih hangat tentang isu pilkada lalu, kali ini ditambah lagi tentang isu babakan siliwangi yg mau dibangun jadi Mall, dimana hampir seluruh warga ITB tau isu ini dan geregetan sama pemerintah yg ga serius dalam masalah lingkungan.
  2. Seorang Tokoh KPPU (jadwalnya seharusnya saat ceramah idul fitri). Seorang alumni jurusan saya (hee) yang belom lama ini ketangkep KPK (masya Allah). Kok bisa-bisanya ya, seorang dengan jabatan tinggi, harus melakukan tindakan ga bener demi duniawi? Padahal dia khan udah sukses. Untung aja belom sempet ceramah dia, kalo jadi,, wah bahaya nih. Mana nie orang pernah diomongin sama temen sekuliahnya dulu waktu di kelas (sama dosen saya). Yah,, moga ga ada lagi alumni TI ataupun ITB yg berakhir di KPK, amin.

Buka Puasa Akbar TI

IMG_0324Alhamdulillah hari ini ada buka puasa akbar seluruh TI ITB.

Hmm,, kali ini emang beda, terutama dari sisi pesertanya. Biasanya acara tahunan ini rame dihadiri oleh TPB, tapi sekarang karena TPB nya masuk ke fakultas dulu (FTI), jadi belom diikutkan di buka bareng kali ini.

dateng juga pak Budi, sang konsultan qt (ga lagi nonton sinetron pak? 😛 ). Juga kaprodi qt pak Tota Simatupang dengan anaknya yg berbahasa english (sughoi, masih bocah tapi dah diajarin ngenglish). Ada juga adik2 asuhnya MTI AA.

Bravo juga lah bwt Dhani & tim TI 07 khususnya. Kapan-kapan qt rihlah bareng lah! okey,,,,

Itikaf Bujang TI

IMG_0322

whehehe,, akhirnya jadi juga nih kumpul bujanggers TI 05. Setelah sekian lama ngerencanain adanya mabit bareng, ternyata baru sekarang bisa terealisasi (dasar ga konkrit 😀 ).

Dimulai dengan survei kesanggupan ikut itikaf, dimana 75% menyatakan kesanggupannya dan 25% abstein, alhamdulillah jadi juga dilaksanakan niat itikaf ini tanggal 24 September di Maskam Salman ITB.

Yah,, ditemani dengan laptop di depan masing2, di sela-sela ketatnya deadline laporan KP & PLO (alhamdulillah masih ada kesibukan positif selain nonton sinetron dan jalan-jalan ke Mall,,  ya ga pak Budi? 😛 ), dimulai lah itikaf yg qt rencanakan.

Walaupun mungkin ga bisa dibilang itikaf, dikarenakan beberapa hal berikut :

  1. tidak dilakukan di mesjid. tapi di sekre karisma yg berada di kompleks Mesjid Salman
  2. agenda tilawah & QL nya dikit banget. ngebuka pertemuan aja meski ngedenger tilawah dari syaikh lenovo. 😆
  3. 90% waktu digunakan di depan laptop ngerjain PLO & laporan KP. Dasar makhluk-makhluk kurang ajar 😈 . Mana sampe pagi masih belom selese pula.

Syukron atas kedatangan antum akh Surya, Wilaga, & Adhi. Moga our next meeting bisa lebih komplit lagi. Masih ada saudara2 qt yg belom sempat untuk dateng merasakan keindahan ini (sekitar 6 orang lagi yah). Masih banyak sebenarnya yg ana ingin sampaikan ke antum semua. Mungkin ga di pertemuan kali ini.

Moga jalinan ukhuwah dengan antum semua, yg ana anggap sebagai keluarga pertama yg anan temui di Bandung ini, terus dikuatkan oleh Allah SWT.

Buka Bareng BPH GAMAIS ITB 0708

IMG_0320

Alhamdulillah 23 september ini buka bareng BPH di rumah lutfi di daerah buah batu (walaupun bukanya di jalanan, gara2 telat berangkatnya jadi baru nyampe bada magrib deh 🙂 ). Wah, biarpun jauh, berarti ini kedua kalinya buka shaum di buah batu selain di rumah kang sukma.

Seru juga, ada pemutaran film testimoni dari beberapa BPH ikhwan yg sempet diwawancara siangnya (awa dishoot waktu lagi jalan ke tempat kuliah,, he2 untung ga terlambat. andai aja telat 1 menit, mungkin ga boleh masuk kelas tuw. barakallah 🙂 ). Sempet-sempetnya pula mati lampu (afwan jiddan, Fi. kynya sekringnya putus y? padahal banyak anak elektro tapi kok seolah  bisa apa2 gt y? 😀 ).

Syukron bwt lutfi & keluarga atas jamuan berbukanya (subhanallah,, sempet2nya nambah pula 😀 ), syukron bwt Gamma yg dah nganterin (sughoi, perjalanan pulangnya qt dah hampir terbang gitu , Gam? 😀 ), syukron bwt Amin yg dah capek2 ngadain acara & bikin videonya (afwan jidan dah ngerepotin antum), syukron bwt semua BPH yg telah bekerja sama selama lebih dari setahun ini. Moga jalinan ukhuwah ini terus dikuatkan oleh Allah SWT.

btw, nie ada desain kartu ucapan selamat idul fitri ala FSLDK bwt antum kader Gamais. Bagi yg belom dapet bilang2 yaa! Bisa dipake bwt pembatas Quran lhoo….. 8)

waktu naik motor ky hampir terbang gt pembatas buku ala FSLDK

Calon judul TA

Aduh preennn,, bingung nie nyari judul TA. Please,,, help mee…… Bantuin milih yaa!!!

_________________________

_________________________

Calon Tema (sesuai dengan kompetensi industrial engineer):

  1. PSK & Ergonomi (PSK&E)
  2. Inovasi & Organisasi (LIPO)
  3. Optimasi & Pendukung Keputusan (SIK&POSI)
  4. Tekno-Ekonomi
  5. Manufaktur (LSP)

Calon Topik (angka yg di dalam kurung [] menunjukkan tema yg berhubungan):

  1. [4,3]Pembuatan Sistem Pendukung Keputusan dalam Pengambilan Kebijakan Pemerintah (Studi Kasus Kementrian Negara BUMN/Perindustrian/ESDM). >>> TA ini bertujuan melakukan penelitian terhadap permasalahan bangsa dan keputusan yang akan diambil oleh pemerintah. Metode yang dilakukan ialah dengan menerapkan SPK seperti AHP, ataupun membuat DSS tersendiri dalam membantu pemerintah mengambil kebijakan. Kalau perlu contoh kasus ialah membuat prioritas perusahaan mana yang akan dinasionalisasi, atau barang apa yg subsidinya harus dihilangkan atau dialihkan (penganggaran APBN/D).
  2. [2,3]Optimasi Perencanaan BP & BK FSLDK Nasional dengan Metode Analisis Jaringan >>> TA ini bertujuan merancang desain/struktur organisasi di FSLDK dalam menentukan LDK mana yg menjadi BP & BK
  3. [1,4]Pengaruh remapped keyboard (versi Indonesia) terhadap peningkatan kinerja pengarsipan perusahaan >>> TA ini bertujuan mencari desain keyboard untuk orang Indonesia (sesuai ilmu ergonomi), dan melihat pengaruhnya terhadap kinerja (dalam hal kecepatan) pengarsipan perusahaan, serta mengetahui berapa besar perubahan profit yg diperoleh perusahaan (karena perusahaan akan mengalami kerugian di awal penerapan)
  4. [1]Pembuatan Themes Blog yang Ergonomis dan Pengaruhnya Terhadap Statistik Pengunjung (Studi Kasus Themes2 yang ada di wordpress.com)>>> Meneliti tentang penggunaan themes mana yang cocok untuk fungsi tertentu (misal kalo untuk personal blog baiknya make themes yg mana, kalo buat bisnis/marketing pake yg mana) dengan menganalisis font, desain, tata letak widget, dll.
  5. [2]Pengaruh Kehidupan Asrama Terhadap Peningkatan Karakter Kepemimpinan Mahasiswa (Studi Kasus Asrama Pesantren Mahasiswa PPSDMS Nurul Fikri Regional II Bandung) >>> Melihat pengaruh program-program pembinaan di PPSDMS. Outputnya ialah mencari tahu program mana yang harus diutamakan, program yg perlu ditambah/dikurangi, serta metode pelaksanaannya (aspek psikologis terhadap peserta PPSDMS).
  6. [2,3]Optimasi Marketisasi Partai Politik dalam Mendapat Suara Masyarakat (Studi Kasus Partai Tertentu dalam Pemillu 2009) >>> Mengetahui program marketing apa saja yang perlu dilakukan partai politik dalam merebut suara simpatisan yang maksimal, dengan biaya dan usaha minimal.
  7. [5]Penerapan metode penjadwalan dalam supply barang di masyarakat (studi kasus supply subsidi BBM/minyak tanah di masyarakat)

Buka Bareng FSLDK ITB all stars

Alhamdulillah,, buka bareng & sharing tim pengurus + alumni FSLDK ITB nih..

Seru juga,,,

di awal, sama sekali ga ngebuat desain acara,,,

tapi,, ternyata lancar juga, malah kurang waktunya

kirain ga banyak yg dateng, tapi alhamdulillah ada 17 orang yg ikut acara ini.

Thx for Kamil, Ery, Rizki, Cecep, fikri, elri, iqbal, dida, fandi

juga akwatnya isye, frida, time, iktri, riri, rizka, riset

semoga jalinan ukhuwah ini tidak terputus. Mungkin 10-20 tahun lagi qt dipertemukan di saat sudah menjadi direktur-direktur di perusahaan. Tentunya dengan ikatan hati yg dikuatkan & selalu dijaga oleh Allah swt

IMG_0204

Continue reading