Tek kenal, maka tetep sayang

kalo ada yang bilang “Tak kenal maka tak sayang“, sesungguhnya ini merupakan filosofi yang salah. Kalau di Islam, kenal ataupun tidak kenal seharusnya bisa tetap sayang.

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa – bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.(Al Hujurat : 13)

makanya yg baik itu “Ta’ kenal maka ta’aruf” (ta’aruf dalam artian yang luas yaa,, bukan ta’aruf yg “itu”😀 ).

Islam mengajarkan kebaikan bagi semua orang. Tidak hanya yang dikenal saja, bahkan makhluk hidup yang berada di sekitar kita pun harus kita sayangi. Ingat kisah Sulaiman yang menyeru kepada tentaranya agar tidak menginjak semut? Hal ini dikisahkan dalam Al-Quran surat An Naml

Hingga apabila mereka sampai di lembah semut berkatalah seekor semut: Hai semut-semut, masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari”; maka dia tersenyum dengan tertawa karena (mendengar) perkataan semut itu. Dan dia berdoa: “Ya Tuhanku berilah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada dua orang ibu bapakku dan untuk mengerjakan amal saleh yang Engkau ridhai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh. (An Naml 18-19)

Subhanallah,, begitu indahnya Islam, bahkan hingga nyawa seekor semut kecil pun begitu dimuliakan.

Sangat sedih sekali melihat kondisi umat manusia saat ini. Kenyataan bahwa terjadi berbagai bencana di bumi sepertinya juga akibat perbuatan manusia yang tidak sayang terhadap lingkungannya.

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supay Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). (Ar Rurm : 41)

Sekian dulu tausyiah singkatnya,,,,,

btw, kalo terhadap makhluk ghaib gimana ya????

2 thoughts on “Tek kenal, maka tetep sayang

Ketik komen di mari gan.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s