Level Taubat seseorang dilihat dari nasyidnya

Taubat Level 1:

Jenis nasyid : lagu dengan conten & lirik islami, namun dibawakanA_132 dengan gaya nge-Rock & nge-Pop. Nasyiders (maksudnya penyanyi nasyid nya) merupakan band-band terkenal buat anak muda.

Contoh : lagu-lagunya ungu & gigi

keterangan : nasyid jenis ini disukai para muda-mudi yang soleh dadakan. Ingin mendapat pencerahan islami, namun tidak meninggalkan tren/kebiasaan musik yang didengarkan. Biasanya semakin ramai saat awal Ramadhan.

taubat Level II:

jenis nasyid : nasyid dengan conten islami, dibawakan dengan gaya yang lebih halus dari level I. nasyider nya biasanya artis-artis yang dianggap cukup soleh (biasa terlihat main sinetron islami). Nasyid ntuzki_jago-19ya biasanya juga menjadi OST di sinetron Ramadhan di stasiun TeleVisi kesayangan anda.

contoh : lagu-lagunya marshanda, Chrisye, lagu-lagu di opening & closing sinetron Ramadhan

keterangan : nasyid ini cocok untuk keluarga yang ingin menikmati indahnya masa Ramadhan. Cocok untuk segala usia. Pendengar biasanya mendapat hikmah lebih banyak jika dibarengi dengan menonton sinetron Ramadhan.

taubat level III:

jenis nasyid : nasyid dengan konten islami, dinyanyikan oleh orang-orang / penyanyi yang memang beraliran nasyid.

contoh : nasyidnya Opick, Raihan, Edcoustic, Snada

keterangan : tipe nasyid ini memang didengarkan oleh orang yang sudah biasa bertaubat dalam kesehariannya (tidak hanya pada saat bulan Ramadhan). Pendengarnya biasanya merupakan keluarga pak Haji atau ustad di daerahnya. Bisa juga orang-orang yang suka berada di masjid & menjadi aktivis di kegiatan keislaman sekolah/kampus/masyarakat. Nasyid ini tersedia dalam berbagai jenis untuk dikonsumsi berbagai kalangan. Edcoustic biasa didengar untuk kalangan muda/kampus (yang gaul & syar’i), Opick & raihan untuk didengar bersama keluarga, nasyid Bimbo untuk yang Jadul (ups..), Snada untuk kalangan santri, dan lain sebagainya.

Taubat level IV :

jenis nasyid : nasyid haroky dengan nuansa jihad tinggi, dinyanyikan oleh para harokers dengan instrument dominan Drum (yang membuat hati bergetar dan semangat membara)

contoh : nasyidnya Shoutul Harokah & Izzatul Islamsuporter

keterangan : pendengar nasyid ini hanyalah orang yang sudah benar-benar menjadi aktivis dakwah (percaya deh, orang yang berada pada level I & II tak akan suka nasyid jenis ini, karena dianggap dibawa dengan gaya yang aneh).  para harokawan & harokawati mendengarkan lagu ini untuk mengembalikan semangat jihad mereka.

_________________________

Yah,, begitulah kira-kira kita bisa menilai kesolehan / taubatnya seseorang jika melihat dari nasyid yang didengarkan. Levelisasi diatas tidak termasuk lagu pop atau yang biasa didengarkan (karena diasumsikan belum taubat🙂 ), tidak termasuk orang yang tidak menyukai mendengarkan musik, tuli, tak punya music player, juga tidak termasuk orang yang menganggap musik adalah sesuatu yang bid’ah/haram.  Levelisasi di atas juga tidak memperlihatkan bahwa kenaikan level akan meninggalkan aliran sebelumnya, dalam artian orang yang sudah level IV bisa saja mendengarkan nasyid level III (dan seterusnya).

Lalu, dimanakah posisi anda?

9 thoughts on “Level Taubat seseorang dilihat dari nasyidnya

Ketik komen di mari gan.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s