Things about Dhimas

Entah mengapa dalam sepekan terakhir ada dua orang yang ngetag awa di sini & di sini bwt bikin artikel tentang “things about me”.

Okey, lets start it. Here they are things about me :

1st , I have an ergonomics face

Saya memiliki wajah yang ergonomis J . Sebelumnya akan dijelaskan dulu maksud dari ergonomis bagi yg belum tahu. Secara ringkas, ergonomi merupakan suatu cabang ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan alat. Sedangkan ergonomis menunjukkan suatu benda atau alat yang bernilai ergonomi tinggi. Semakin suatu alat / benda dapat digunakan dengan nyaman oleh pengguna, semakin tinggi pula nilai keergonomisan benda itu. (untuk detil tentang ergonomic bias dilihat di salah satu artikel seperti di sini).

Sedangkan maksud dari ergonomics face ialah wajah yang ergonomis. Dalam bahasa yang lebih mudah, wajah yang ergonomis ini membuat orang lain nyaman ketika melihatnya, memberikan kesejukan kepada yang memandang, dan seterusnya. Dalam bahasa yang jauh lebih simple lagi, maksud dari saya memiliki wajah yang ergonomis adalah bahwah saya ini tampan. Hua ha4x. Sayangnya, banyak orang yang malu-malu mengakuinya,,, he3x

Yah, itulah “things” yang pertama tentang dhimas, “narsis”. Berbicara tentang narsis, jadi inget cerita tentang narcissus yang pernah saya baca di prolog nya novel “The Alchemist”.

Satu lagi pesan dari saya, hati-hati kalo ada seorang industrial engineer bercakap-cakap seperti ini :

IE : “eh, muke lu kenapa tuh?”
Person : “hah, ada apa sama muka gue?”
IE : “itu tuh,,, kok ga ergonomis banget ye?”
Person : “ergonomis? Maksud lo apa? Ga ngerti gua.”
IE : (jelek lu!😆 ) “oh, engga. Ga kenapa-napa.hehe”

2nd , I support to prevent global warming with efficiency in water uses

Gini-gini saya termasuk orang yang peduli sama lingkungan loh. Biarpun ga suka sama pelajaran PengLing (Pengetahuan Lingkungan) waktu TPB dulu, tapi insyaAlloh saya masih sedikit peduli sama lingkungan, khususnya masalah yang lagi ngetren akhir-akhir ini, “Global Warming”.

Mungkin ada di antara ente-ente yang pernah dapet forwardan email berisi file powerpoint yg kalo ga salah judulnya “surat sahabat dari 50 tahun yang akan datang”. Isinya tentang kondisi masa depan bumi yang serba kekeringan. Nah, dari sinilah saya mulai memikirkan gimana caranya menghemat air mulai dari diri sendiri. FYI, di Bandung aja air tanah itu sudah berkurang kedalamannya sekitar 80 meter dalam beberapa tahun terakhir (kata ustad yang satu ini. Gw mah iya-iya aja😀 ).

Back to laptop topic, tentang menghemat air mulai dari diri sendiri bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kalo dihitung-hitung nih ya, ternyata setiap orang mengkonsumsi air yang cukup banyak. Coba kita itung bersama penggunaan air masing-masing dalam satu pekan. Studi kasus mahasiswa seperti saya, ternyata konsumsi air meliputi : air untuk minum, air untuk nyuci baju, air untuk nyuci piring/alat makan, air untuk mandi, dan air untuk wudhu.

Nah, dari penggunaan-penggunaan air di atas, kita bisa mereduce beberapa di antaranya. Untuk air minum hampir ga mungkin, bisa-bisa kita malah sakit kalo ngurangi jatah minum. Lagipula, jatah minum khan ga terlalu banyak. Hanya sekitar 2 liter air bersih untuk satu hari.

Untuk air wudhu juga agak sulit, mengingat kita harus sholat minimal 5 kali sehari (wajib). Kecuali solat dhuhur nya jam 14.30 (sekali wudhu bisa buat sholat dhuhur & ashar). Tapi saya ga merekomendasikan solusi ini lho. Daripada menghemat wudhu biar hemat air di dunia, tapi di akhiratnya harus “silaturahim sama mbah Malik”, mending wudhunya dijaga aja.

Untuk masalah nyuci alat makan, solusinya adalah kita makan di tempat orang. Jadi ga perlu make alat makan pribadi yg harus dicuci sendiri. Nah, masalahnya buat mahasiswa, kalo makan di luar itu khan lebih mahal dibanding makan bikin sendiri. Jadi, saya ga menyarankan juga.

Untuk masalah nyuci baju/pakaian, analisisnya sama dengan yang di atas.

Nah, solusi terakhir ialah penggunaan air untuk mandi. Inilah yang harus kita hemat, sepakat?😀 {ataukah ini hanya pembenaran bagi kebiasaan saya. He777x }. Dibanding dengan penggunaan air yg lain, konsumsi air untuk mandi adalah yang paling besar. Jika kita bisa menghematnya, maka kita menjadi bagian dari penyelamatan bumi ini di masa depan,, hua ha2.

3rd , there is no day without internet

Kemajuan teknologi membuat orang yang ga pinter-pinter amat seperti saya ini menjadi mudah mendapatkan ilmu. Ditambah lagi belom lama ini fasilitas google translate udah tersedia dalam bahasa indonesia (lumayan nih buat bantu ngerjain TA😀 ).

Perkembangan internet, menurut beberapa orang bisa dimiripkan dengan perkembangan listrik. Dahulu, di awal penemuannya, listrik hanya digunakan untuk menyalakan alat ciptaan bang Thomas Alva Edison. Orang-orang pun banyak yang meremehkan listrik. Namun, sekarang hampir semua orang terhubung dengan alat-alat listrik, termasuk anda yang sedang membaca tulisan saya ini J.

Begitu pula internet, dahulu cuma dipake bwt transfer data saja. Sekarang, kehidupan dunia nyata sebagian sudah tergantikan lewat dunia maya. Ga cuma email-emailan or chating, sekarang nambah temen lewat pesbuk, nyari jodoh lewat prenster (siapa hayo,,, bukan saya yah J), belanja bisa lewat eBay, baca buku tinggal di donlot, liat video berita bisa di liputan6.com, nonton film singkat bisa lewat YouTube, baca koran dah bisa online, kuliah, jualan/marketing, ngegosip, sampe kampanye politik pun lewat internet. Di masa depan gimana yah?

Okey, singkatnya saya saat ini ga bisa lepas dari teknologi informasi. Alhamdulillah lewat laptop, wi-fi, gprs IM3 & SE K750i, dan berbagai warnet yang bertebaran telah membantu saya beraktivitas di dunia maya ini. Rasanya kalo ga ngecek email pagi-pagi tuh serasa ada yang hampa dalam hidup ini (halah,, lebay pisan).

Okey, berikutnya yang singkat-singkat aja yah

4th , I like to walk around & I wanna go around the world

Saya suka jalan kaki. Suka jalan-jalan (termasuk blog walking). Dan punya cita-cita keliling dunia dengan efektif dan efisien. Terinspirasi juga dari mbak Marina Silvia (alumni TI ITB) yang keliling eropa dengan begitu hematnya, insyaAllah saya juga akan melakukan hal yang mirip seperti itu.

Liburan kemarin alhamdulillah awak dah jalan-jalan keliling Jawa. Rencana hidup berikutnya keliling Indonesia, lalu saya akan hidup di negeri orang untuk beberapa bulan, lalu naik haji, lalu keliling dunia. Semoga berhasil,,,,, J

5th , am I authism? Or just overimaginated person?

Kalo suatu saat bertemu orang di angkot atau di jalan terus ngeliat orang itu suka senyam-senyum sendiri, bisa jadi itu adalah saya. Ha3, kebiasaan yang aneh memang. Tapi saya ga gila loh (kecuali saya ga sadar kalo saya ini gila).

Biasanya saya senyum sendiri kalo otak sedang dalam keadaan luang. Waktu luang ini biasa didapat ketika sedang berjalan, naik angkot, sebelum tidur, atau apapun yang menyebabkan otak ini ga terlalu dipake. Nah, untuk mengalihkan pikiran, biasanya saya memikirkan hal-hal yang terjadi di masa lalu atau rencana-rencana di masa depan. Seringnya, kalo lagi mikirin gitu, suka membayangkan hal-hal yang lucu & aneh. Eefek yang terjadi ialah syaraf menghantarkan perintah kepada bagian mulut untuk tersenyum (alhamdulillah ga sampe ketawa).

Yah,,, entah ini autis atau sekadar penggunaan imajinasi yang berlebihan. Toh saya ga mau repot-repot membiasakan diri untuk tidak tersenyum sendiri, karena saya perlu melakukannya agar ketika otak ini bener-bener mau dipake, ga perlu memikirkan hal yang lain.

6th , my personality types are : INTP, achievement oriented, melankolis-koleris, kinesthetic, dll

Saya suka menilai diri & orang lain dari tipe psikologisnya. Karena di semester 4 juga pernah dipelajari sebagai mata kuliah TI, jadi nambah ngerti juga sie.

7th , I don’t like to eat fruits & vegetables.

Kebiasaan yang aneh memang. Kalo sekedar ga suka sayuran sie banyak dijumpai, tapi kalo ga suka buah-buahan, nah ini dia yang jarang dijumpai dan ternyata ciri-ciri seperti ini ada pada saya. Aneh memang, kebiasaan ini ga ada waktu kecil. Tapi setelah tumbuh malah jadi ga suka sama buah-buahan.

Kata orang sie buah itu bergizi. Tapi bagi saya selama ada barang substitusi pengganti gizi buah-buahan ya ga masalah. Toh selama ini saya belum pernah sakit berat yang harus dirawat berhari-hari di rumah sakit (kecuali mungkin ada suatu penyakit di dalam tubuh ini yang akan muncul tiba-tiba suatu saat nanti gara-gara kebiasaan saya ini).

8th , I like to be different than the other

Saya suka menjadi berbeda. Entah mengapa, tapi hal inilah yang menyelamatkan saya. Setidaknya kalo ga beda, mungkin saya ga bisa masuk sekolah-sekolah terbaik sewaktu SMP & SMA dulu. Kalo saya ga beda dari lingkungan sekitar, mungkin saya termasuk orang yang jaauuuhh dari mesjid, ga ikut rohis, sering tawuran & tubir, dll. Kalo saya ga beda, mungkin saya ga jadi blogger😀 .

Nah, karena saya juga suka yang beda, makanya saya ga ngetag orang lain bwt main game ini, he2 punten yak. ga suka menyelesaikan game seperti ini

9th , I like 9

Saya menyukai hal-hal yang ganjil. Untuk soal angka, saya memilih angka 9. Salah satunya karena masalah penjumlahan tiap angka dari hasil perkalian dengan angka 9 hasilnya selalu 9. Misalnya 9 dikali dengan 143, maka hasilnya adalah 1287. Penjumlahan angka 1 + 2 + 8 + 7 = 18, selanjutnya penjumlahan angka 1 + 8 = 9.

Nah, karena saya suka angka 9, makanya game ini saya akhiri di 9th things about Dhimas. Okey, piss 8)

7 thoughts on “Things about Dhimas

  1. @ salam revolusi
    awa mah ga perlu promosi dah laku,,,

    @ albaz
    yg ergonomis mah banyak baz; benda-benda, mesin, termasuk wajah saya. tapi yg buat didudukin ya cuma kursi aja🙂

    @email90
    situ yg niru🙂
    hemat air harus mulai dari diri sendiei,, he2

    @wahyu fahmy
    aspek ergonomi ga terlalu membahas efisiensi & efektivitas, tapi kegunaan/pemakaiannya. sengaja cuma 9 biar beda

    @salman
    alhamdulillah,, untung ga sampe mirip😀

    @arin
    biar ga terjaid kecemburuan sosial dengan wahyu

Ketik komen di mari gan.....

