Satu sisi, sisi satunya

Terlihat sebuah pengumuman di Tata Usaha TI:

Jadwal sidang Tugas Akhir mahasiswa:

Nama                         : Fulan

Jadwal sidang            : Jumat 16.00

Dosen penguji            : Dr. J

TTD,

Kaprodi TI

Satu sisi
Si Fulan melihat pengumuman. Terdiam cukup lama. Tegang bercampur semangat melihat hari dimana hidupnya akan berubah. Kemudian mencatat jadwalnya di agenda harian, kalender HP, google calendar, deelel.

Sisi satunya
Dr. J melihat pengumuman. Tak ada perasaan apa-apa. Kemudian meminta salah satu petugas TU untuk mengingatkannya kalau hari itu sudah tiba.

H-1 Sidang

Satu sisi
Fulan belajar dengan keras. Menghafal nama pembuat teori, kegunaan dari algoritma yang dipakai, menghafal daftar pustaka, teori-teori yang digunakan, metodologi penelitian, dll. Seluruh bagian TA ia pelajari dan hafalkan, bahkan sampai jenis font & spacing antar paragraf di tiap halaman. File ppt-nya ia desain se-artistik mungkin. Meminjam kemeja putih dan jas yang terlihat sangat elegan untuk dipakai besok, tak lupa dasi bercorak polkadot yang matching dengan kostumnya. “besok akan menjadi hari yang bersejarah bagiku”,pikirnya.

Sisi satunya
Dr. J sedang berada di ruang tengah bersama keluarga. Sang anak yang masih TK meminta kepada sang abi (Dr. J) untuk mengajak jalan-jalan sekeluarga camping weekend ini. Lalu rencana itu dibuat dan disepakati bahwa esok sorenya Dr. J sekeluarga akan berangkat bersama menuju Cisitugintung (anggaplah ini adalah nama tempat camping. Bukan nama daerah kos-kosan, bukan nama waduk, apalagi kolam buaya). Dr. J asik menyiapkan mobil dan perlengkapan liburan lainnya. Lupakah ia bahwa besok ada sidang yang akan ia uji?

Malam sebelum sidang

Satu sisi
Fulan dengan khusyuknya sholat tahajud (mungkin sekali-kalinya). Tak lupa meminta restu orang tua dan keluarga.

Sisi satunya
Dr. J sholat tahajud. Berdoa agar sekeluarga selamat di perjalanannya ke Cisitugintung.

Pagi hari

Satu sisi
Fulan tak ingat sarapan. Terlalu tegang bahkan untuk sekedar makan.

Sisi satunya
Dr. J sarapan bersama keluarga dengan menu yang spesial. Kata istrinya,”nanti setelah abi pulang dari kampus, Umi bikin masakan yang lebih enak lagi”. Membuat Dr. J seharian kangen sama rumah.

Menuju tempat sidang

Satu sisi
Fulan berjalan dengan mantab. Say “hi” kepada teman-temannya ‘en minta doa juga.

Sisi satunya
Dr. J diingatkan petugas TU tentang jadwal sidangnya. “waduh, hari ini jadwal sidang saya ya?”, ia baru nyadar. Belum pernah melihat, mempelajari, apalagi membaca hasil TA fulan yang akan ia uji. Pikirannya kangen akan rumah & rencana jalan-jalannya.

Di bagian akhir sidang tugas akhir

Satu sisi
yeah. Presentasi yang mantab banget nih. Semua penonton saya buat diam terkesima”, pikir Fulan.

Sisi satunya
ni orang di depan gw ngomong apaan sih? Ga tau apa gw mau jalan-jalan sekeluarga sore ini. Udah di-sms anak-anak nih dari tadi”, yang ada dalam pikiran Dr. J

Pertanyaan pun diajukan oleh Dr. J, ”jadi,,, mengapa anda mengambil topik ini pada tugas akhir anda?” [anggaplah sebuah pertanyaan paling ga nyambung yang pernah dibayangkan]

Satu sisi
evil damned (terjemah:syaitonirrojim). Pertanyaan apaan tuh? Gw jawabnya gimana? Apakah sidang gw berakhir di sini?”, dalam hati Fulan

Sisi satunya
ayo buruan dijawab! Gw dah ditunggu anak-anak nih. Semakin cepet loe ngejawab semakin gede nilai loe. Gw kagak peduli loe mw ngejawab apa”, dalam hati Dr. J

Sidang selesai

Satu sisi
Great depression. Merasa sidangnya kacau.

Sisi satunya
Great depression. Diomelin Umi karena telat pulang. Anak-anak dah nangis.

-The end-

_tidak sedang berada di satu sisi, bukan pula di sisi satunya :cry:  _

7 thoughts on “Satu sisi, sisi satunya

  1. hehehe….

    apa yang ditulis diatas *walaupun fiksi ., merupakan sebuah skenario yang ‘probalitasnya’ mungkin diatas 75% (tanpa referensi, sayangnya :P)

    apa kabar akh Dimas, buka2 blog antum, dah bicarain sidang aja..😀

    sukma
    -telah aktif kembali-

Ketik komen di mari gan.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s