Menjadi Perguruan Tinggi “Masa Depan”

Jikalau ditanya mengenai perguruan tinggi (PT) idaman, mungkin setiap orang akan punya bayangan yang berbeda. Ada yang bilang perguruan tinggi idaman itu adalah universitas yang masuk list world class university. Sebagian bilang universitas yang kegiatannya melakukan riset terus-menerus. Ada yang (mungkin) bilang perguruan tinggi idaman itu ialah yang mahasiswa drop-out nya pun bisa jadi orang terkaya sedunia (sambil membayangkan jadi Bill Gates & Steve Jobs, kebayang juga Mack Zuckerberg yang ga lulus-lulus tapi duitnya udah bisa ngebail-out sepuluh Bank Century. Hehe). Ada juga sekelompok orang yang ketika ditanya “perguruan tinggi idaman”, maka jawabannya adalah “iTeBe! ITeBe! IiiiiTeBeeee!” (*sambil meneriakkan yell ala OSKM😀 )

Tak mengapa mempunyai pandangan yang berbeda mengenai bagaimana mendefinisikan perguruan tinggi idaman. Namun pada dasarnya, PT yang baik ialah yang dapat memenuhi kebutuhan mahasiswanya – sebagai “konsumen” pendidikan di PT tersebut, serta dapat mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi; pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Jika kita berbicara kriteria PT yang baik, akan ada banyak indikatornya. Pendidikan yang berkualitas, fasilitas yang memadai, dosen yang berkompeten, punya perpustakaan besar, biaya yang terjangkau, banyaknya beasiswa, kepastian pekerjaan setelah lulus, pendidikan hardskill & softskill untuk mahasiswa, dan lain sebagainya. Semua parameter itu dapat dibilang sebuah hal yang “kudu” ada di kampus manapun yang ingin menyandang predikat sebagai kampus favorit. Tapi untuk menjadi perguruan tinggi idaman, terbaik, spesial, maka PT haruslah memiliki sebuah “keunikan” tersendiri – sesuatu yang masih jarang ditemukan di kampus lain.

.

.

The Future University

Salah satu ide yang bisa disiapkan oleh kampus yang ingin menjadi kampus favorit adalah menjadikan dirinya sebagai “kampus masa depan”. Kampus masa depan menyiapkan dirinya untuk menghadapi situasi kebutuhan bangsa di masa depan. The Future University memberikan solusi bagi permasalahan-permasalahan yang ada saat ini untuk mulai disolusikan mulai dari level kampus. Beberapa kriterianya menurut saya ialah sebagai berikut:

Eco-Friendly Campus

Kampus masa depan adalah kampus yang ramah lingkungan dan hemat energi. Kita dapat membayangkan sebuah kampus hijau nan asri, di mana pejalan kaki dan pengguna sepeda lah yang mendominasi. Tidak seperti kebanyakan kampus di kota besar yang warganya ingin tampil mewah dengan menggunakan mobil pribadi untuk berangkat ke kampus. Jangan sampai perguruan tinggi malah menjadi kontributor utama polusi di kotanya. PT haruslah menjadi teladan pertama dalam permasalahan lingkungan & energi.

ICT Based Campus

Information & Communication Technology (ICT) akan terus menjadi teknologi yang berkembang pesat di masa depan. Perguruan tinggi haruslah segera tanggap menghadapi hal ini, jangan sampai malah “ketinggalan jaman”. Seminimalnya permasalah administrasi di kampus dapat mulai dikerjakan dengan IT. Bahkan jika memang cocok, e-learning bisa dijadikan metode pembelajaran yang cukup efisien di kampus.

Interaksi sosial warga kampus

Saat ini gap (kesenjangan) antar masyarakat semakin terlihat. Menurut saya, salah satu kriteria plus yang perlu dimiliki perguruan tinggi terbaik ialah adanya hubungan yang baik antara dosen, karyawan, mahasiswa, serta masyarakat. Jangan sampai ada salah satu golongan yang “sok jaim” dan merasa lebih tinggi daripada yang lain. Alangkah indahnya ketika rektor dapat duduk bersama mahasiswanya untuk makan siang bersama, juga suasana keakraban antara dosen dengan masyarakat sekitar kampus.

Kampus sebagai Community Development Center (CDC)

Peran kampus masa depan sebagai pusat pengembangan komunitas di masyarakat sekitar perlu ditingkatkan. Sebagian kampus sudah menerapkan hal ini melalui kegiatan kemahasiswaannya seperti kegiatan pengabdian masyarakat dari BEM maupun himpunan jurusan. Selain untuk membantu masyarakat sekitar, kegiatan CDC juga menjadi ajang latihan bagi mahasiswa menerapkan bidang keilmuannya sesuai jurusan masing-masing. Ada baiknya penyelenggara kampus (rektorat, dosen)juga ikut berpartisipasi dalam program CDC di kampus masa depan.

Research University

Melakukan kegiatan riset (penelitian) merupakan sebuah keharusan bagi PT sesuai tridharma perguruan tinggi.  Perguruan tinggi favorit Indonesia sudah selayaknya memiliki banyak hasil riset dan publikasi, jadi gelar profesor yang banyak didapat di Indonesia tak sebatas digunakan untuk kepentingan “ekonomi pribadi” saja, tapi juga untuk memperkaya kebendaharaan karya ilmiah di negeri ini. Selain banyaknya riset & publikasi ilmiah, satu hal yang perlu ditekankan lagi ialah asas kebermanfaatan dari hasil riset itu. Karena ada pula kampus yang melakukan banyak penelitian namun hasilnya tidak aplicable untuk diterapkan. Riset di sebuah kampus masa depan akan lebih baik jika bermitra dengan para stakeholder kampus; pemerintah, industri, maupun masyarakat.

University of Future Leaders

Poin terakhir yang ingin saya sampaikan mengenai kampus masa depan ialah fungsi utama sebuah perguruan tinggi untuk mencetak alumninya yang berkualitas, tak hanya sebagai “buruh” industri, namun juga sebagai calon pemimpin bangsa. Kampus terbaik adalah kampus yang mencetak para calon pemimpin masa depan di berbagai sektor: pemerintahan, swasta, dan masyarakat. Program-program seperti ini semakin marak terutama dilakukan oleh NGO, berupa program pendidikan “khusus” kepada mahasiswa untuk disiapkan sebagai pemimpin masa depan, seperti PPSDMS misalnya. Pendidikan di kampus ini menghasilkan alumni-alumni yang memiliki kapasitas bagus, bervisi strategis, memiliki komitmen pada moral dan agama yang baik, berintegritas tinggi, serta peduli terhadap bangsa dan negaranya.
Jikalau UII (Universitas Islam Indonesia) ingin menjadi perguruan tinggi favorit Indonesia, keenam hal di atas lah yang perlu dipenuhi.

.

.

Itulah definisi perguruan tinggi idaman menurut saya. Bagaimana dengan anda?

.

.

.

.

.

.

————————————–

Inspirasi:
http://itb.ac.id
http://ppsdms.org
– Link lain yang terkait langsung dapat di-klik pada artikel
NB:
-yang baca wajib komennnnnnn!!!!!
-artikel ini diikutsertakan pada lomba blog UII
-jangan lupa dikomen & dirate. bintang 5 yah kalo bisa🙂

13 thoughts on “Menjadi Perguruan Tinggi “Masa Depan”

Ketik komen di mari gan.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s