Istikharah & DSS?

Istikharah berarti memohon petunjuk dari Allah ketika dihadapi dengan pengambilan keputusan yang sangat sulit. Biasanya dilakukan dengan sholat dua rakaat (sholat istikhoroh) yang dilanjutkan dengan do’a. Nantinya, akan datang ‘petunjuk’ mengenai pilihan mana yang sebaiknya diambil oleh ybs.

Biasanya petunjuk ini sesuai dengan hati kita. Nah, yang jadi masalah adalah, kita ga tahu apakah ‘petunjuk’ yang nantinya datang kepada kita itu apakah dari Allah SWT, atau malah dari setan. Nah lo,,, khan berbeda banget tuh. Apalagi orang kaya’ gw yang (astaghfirullahaladlim) masih banyak maksiat, ibadah kurang, masih deket dengan setan, amal soleh masih dikit, yang kaya’nya hati selalu kebalik. Lebih besar kemungkinan ‘petunjuk’nya dateng dari setan khan? masyaAllah….

Tapi, alhamdulillah nya nie gan, selain diberikan Hati, kita sebagai manusia juga diberikan Akal. Kalau Hati mempengaruhi Perasaan, maka Akal bermain di Logika.

Dalam pengambilan keputusan, ada yang namanya DSS (Decision Support System). Kurang lebih DSS ini ialah metodologi yang membantu kita dalam mengambil keputusan berdasarkan logika. AHP misalnya, adalah salah satu DSS yang cukup mudah digunakan, sangat logis, dan cukup akurat dalam membantu mengambil keputusan. Dengan menggunakan AHP, maka pengambilan keputusan menjadi lebih mudah. Bukan berarti sholat Istikhoroh jadi ditinggalkan lho, tapi tetap dilakukan setidaknya sebagai penenang hati kita.

Kelebihan lain ketika menggunakan AHP ialah kita dapat menjelaskan dan lebih dapat meyakinkan kepada orang lain mengapa kita mengambil keputusan tertentu. Khan kurang enak juga kalo misalnya, kita menjadi direktur suatu perusahaan, lalu mengambil sebuah keputusan ketika rapat, lalu kita bilang “keputusan ini datang melalui mimpi saya”. Khan agak agak gimanaa gitu yak😀 . Akan lebih meyakinkan jika kita dapat menjelaskan mengenai keputusan kita dengan menggunakan bobot kriteria, struktur kriteria, bobot tiap alternatif, belum lagi angka-angka yang membuat AHP ‘kelihatan’ keren,, wuidii..


(kalo yang ini mah ga perlu Solat istikhoroh atw make AHP )

4 thoughts on “Istikharah & DSS?

Ketik komen di mari gan.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s