Perbandingan OS Smart Phone (analisis sok tau :p )

Bagi ane, gadget sejenis henpon itu ibarat indra ke-6. Karena lebih dari 80% waktu dalam sehari berada dalam jarak <1m dari henpon. Seolah sudah menjadi alat yang fardu ‘ain kudu ada. Teknologi gadget komunikasi portable ini pun semakin berkembang dan muncul istilah smart phone (terjemahan: ponsel pintar). Sekarang gadget ga cuma dipakai buat sms & teleponan doank, tapi juga bisa buat jeprat-jepret, ngerekam suara & pideo, nyimpen catatan, organizer, buat liat peta (ini fitur penting bagi yang sering nyasar kayak ane😛 ), bisa buat mainan game, bisa buat nimpuk orang, konektivitas dengan bluetooth & wi-fi, buat ngeliat waktu & tanggal, buat ngapdet status twitter & pesbuk, buat ngaskus, dan berbagai aplikasi yang dapat diinstall sesuai keinginan user.

perbandingan jumlah user smartphone. sumber wikipedia

Berikut sekilas analisis sok tau ane tentang beberapa jenis smartphone dan Operating System yang dipakainya:

Symbian

Symbian, Nokia, Symbian OS 6.0/7.0/8.0, Symbian OS 9, .sis, .sisx, Symbian^3

Mungkin ini generasi yang cukup awal muncul. Diperkenalkan oleh Nokia, symbian menjadi smartphone yang (saat ini) paling banyak penggunanya. Cukup banyak aplikasi yang bisa diinstall berbasis symbian (.sis, .sisx; tergantung versi OS nya) karena telah banyak pengembang yang merancangnya selama bertahun-tahun symbian menguasai pasar smartphone. Trend symbian akhir-akhir ini menurun karena persaingan dengan yang lain, dan (sepertinya) akan terus menurun walaupun nokia sudah meluncurkan perkembangan terbarunya symbian^3 via N8.

Kebetulan ane juga make smartphone ini di Nokia E63 (waktu ane beli, android belom ada :D). Cukup puas sie kalau dilihat dari utilitas produknya, mengingat waktu itu harga smartphone yang lain ga terjangkau (iPhone 5jutaan bo!). Kalau jenis HP ber-OS symbian yang direkomendasikan ialah yang sudah disebutkan tadi; E63 & N8.

 

RIM (BlackBerry)

BlackBerry, BB, Research in Motion, BBM

Jika bisnis gadget itu terdiri dari dua hal; inovasi dan marketing; maka RIM memenangkannya di bagian marketing. Bagaimana caranya not-so-smart phone ini bisa laku di Indonesia menjadi menarik bila dibicarakan di kuliah-kuliah pemasaran. Fitur yang membuat BB menjadi menarik salah satunya adalah BlackBerry Messenger (BBM). Sebagian besar orang memilih BB karena temannya atau partner bisnisnya juga make BB, jadi bisa BBM-an gitu deh.

Ga banyak yang ane tau tentang tipe-tipenya, kalo ga salah ada bold, onyx, dan kawan-kawannya. Pilih aja yang lebih murah. Barang ilegalnya lebih banyak beredar dibanding yang legal😛

 

iPhone OS

Apple, iPhone, iOS

Ga ada yang lebih memiliki value tinggi dibanding produk-produk Apple. Betapa bangganya jika ada logo buah apel kegigit baik itu pada Mac, iPod, iPhone, ataupun iPad nya. Off course Steve Jobs juga mengimplant teknologi yang tinggi di produk-produknya; prosesor tercanggihnya, multitouch-scren, anti gores, HD video, dsb; walaupun kadang sengaja kelupaan terhadap hal-hal kecil yang membuat pengguna kecewa seperti masalah antena (iPhone 4), non-multitasking (iPad), atau permasalahan teknologi flash.

iPhone, menjadi (kalo ga salah) smartphone dengan nilai kepuasan tertinggi tahun 2009 oleh konsumen di Amerika. Kalo di Indonesia sie kayaknya engga deh, mengingat harganya setelah nyampe sini menjadi 3 kali lipatnya (ingat kuliah ekonomi teknik dulu; nilai utilitas kepuasan pelanggan itu membandingkan harga dengan fitur yang diberikan). Overall, gadget ini cukup recommended untuk dipakai bagi anda yang berduit dan ingin tampil eksklusif, juga bagi anda yang fans Apple (ane sih bukan😛 ).

 

Android

Android OS, Google

Kyaaa,,, ini dia yang paling top markotop. Android OS untuk smartphone milik Google. Menjadi salah satu teknologi paling fenomenal tahun ini. Menguasai pasar smartphone di tahun pertama peluncurannya, mengalahkan iPhone milik Apple.

Mendengar nama android & google saja sudah membuat ane bergetar (apa coba😛 ). Dengan konsep open source nya, dalam sekejap sudah buanyak aplikasi keren yang bisa didonlot oleh pengguna. Intinya, menurut ane ini bakalan jadi smartphone yang paling okeh. Bagi yang ingin menghadiahi saya Android, ane ga bakalan nolak (ngarep.com:mrgreen: )

Windows Phone

Windows Mobile, Windows Phone 7, Microsoft

Kali ini besutannya Microsoft. Ga tau terlalu banyak tentang windows mobile ataupun windows phone 7 (yang belum lama ini dilaunchingnya). Sepertinya sie tidak mengecewakan, mengingat Microsoft sebagai “raja”nya operating system. Tapi kalo mau dibandingin ama Android, kayaknya ane lebih milih Android mengingat konsep open source nya.

.

.

.

Demikianlah ulasan singkat seadanya mengenai smartphone. Kritik dan saran sangat diperlukan untuk penelitian lebih lanjut (bukan ane tapinya yang mau neliti😛 ). Kalau mau beliin ane Android juga boleh😀. Sekian dan terima kasih

 

2 thoughts on “Perbandingan OS Smart Phone (analisis sok tau :p )

Ketik komen di mari gan.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s