Laser & AFF

Capek ngeliatin tweet orang-orang yang ngehina Malaysia karena lasernya. entah itu tweet yang ini, yang ini, atau yang ini. Ga perlu lah terlalu berlebihan dan menyalahkan laser. Pejuang sejati tak perlu mencari-cari alasan dan kesalahan orang lain. Kalah mah yaa kalah aja. Toh semua yang nonton juga bisa melihat bahwa permainan timnas Indonesia kemarin sangat jelek, tidak seperti pertandingan-pertandingan sebelumnya.

Kalo diingat-ingat lagi, malah saya jadi khawatir. Biasanya suporter Indonesia, wabil khusus suporter sepak bola klub-klub tertentu, suka “meramaikan” suasana pertandingan (apalagi kalau tim jagoannya kalah). Di berbagai social media, banyak orang yang mengatakan ingin “bales dendam” kepada Malaysia dengan mencuranginya juga, walaupun sebagian besarnya hanya candaan belaka. Tetapi tentu saja kita semua berharap dan berusaha agar hal ini tidak terjadi saat pertandingan final AFF di GBK nanti.

Apalah artinya kemenangan atas dasar kecurangan? itu kan hal yang sia-sia. Masih mending juga kalau menang setelah curang, lha kalo tetep kalah lagi gimana? Sudah terlalu parah kondisi persepakbolaan di tanah air ini, janganlah kita memperburuk keadaan. Bermain sportif (dan mendukung dengan sportif) jauh lebih baik daripada curang, ya ga?

Pelatih Alfred Riedl dan para pemain pun sudah tidak mengeluh tentang laser atau apapun. Mereka menyadari bahwa kekalahan kemarin yaa karena kesalahan mereka sendiri yang tidak bermain dengan baik. Seharusnya suporter Indonesia dan media-media juga tidak lagi berfokus pada ngomongin laser atau kecurangan lain, tetapi memfokuskan diri untuk memberi dukungan kepada timnas agar bisa membalas kekalahan di final nanti.

Belum pernah saya melihat kondisi persepakbolaan di Indonesia menjadi seramai ini. Euforia terjadi dimana-mana. Saya yang juga biasanya cuma nonton bola kalo ada worldcup pun jadi ikutan nonton pertandingan AFF. Harapan masyarakat atas kebangkitan persepakbolaan tanah air terlihat di sini. Momen AFF ini seharusnya bisa dijadikan tipping point menuju kebangkitan garuda di dunia sepak bola, apalagi kalau bisa menang di final ini. Semoga saja bisa menang,, amin…..

4 thoughts on “Laser & AFF

  1. hem . . . .
    menang kalah tak jadi masalah . . . .
    yang penting tetap cinta tanah air INdonesia, dengan menjaga profesionalitas.
    dan jgn pernah bilang kalo’ permainan indonesia tuh jelek.

    nie hanya pelajaran agar kita tdk mjd bangsa yang sombong.
    oke ?_?

Ketik komen di mari gan.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s