Mengecek kebiasaan ngenet dengan Google Web History

Baru tahu ada situs ini. Di Google Web History (https://www.google.com/history/), kita bisa melihat rangkuman aktivitas berinternet kita. Termasuk apa yang kita search, apa yang di-klik, waktu di saat kita browsing, dan seterusnya.

ScreenCapture Google Web history (/trends) dhimasln

Kalau contoh gambar di atas adalah hasil dari trends setahun terakhir. Di sini dapat terlihat query yang paling sering dipakai, situs yang paling sering dikunjungi, juga link yang paling sering di-klik. Sedangkan grafik menunjukkan kalau saya sering ngenet di Bulan Desember dan paling jarang di bulan Juni dan November. Kalau dianalisis sekilas sie, bulan Juni itu waktunya liburan semester, sedangkan November itu biasanya ada liburan Ramadhan.

Dari data ini juga kita bisa mengetahui kebiasaan kita. Misalnya saya yang ganteng ini ternyata paling sering men-search di internet di hari senin, sedangkan hari lainnya hampir sama. Paling ‘sibuk’ ngenet di pagi hari jam 8, serta di sekitar jam 11 malam. Waktu yang jarang dipakai untuk berinternet adalah jam 12 siang sampai jam 13. dst dst

A_239

Dengan data seperti ini, seseorang dapat terbantu jika ingin mengontrol kebiasaan berinternetnya. Apalagi kalau orangnya seperti saya yang sering lupa makan waktu. Walaupun sepertinya ada kelemahan karena situs ini tidak bisa melihat seberapa lama kita mengakses tiap situs. Misalnya orang lebih lama mengakses situs seperti email, twitter, fb, & rss reader; padahal yang membuat paling betah yaa situs-situs itu.

Yah,, semoga saja bisa memanaje waktu untuk berinternet kita dengan lebih baik.

3 thoughts on “Mengecek kebiasaan ngenet dengan Google Web History

Ketik komen di mari gan.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s