Seleksi Masuk ITB 2011 hanya lewat SNMPTN

Untuk tahun ini, seleksi masuk mahasiswa S1 ITB hanya melalui SNMPTN, alias ga ada USM seperti di tahun-tahun sebelumnya.

Ini berita dari situs ITB (http://www.itb.ac.id/news/3069.xhtml)

ITB Hanya Terima Mahasiswa Program Sarjana Melalui SNMPTN

Download as PDF

Rabu, 12 – Januari – 2011, 18:11:11 | nofri 

BANDUNG, itb.ac.id – Seperti yang dilansir situs resmi Ujian Saringan Masuk itb.ac.id/usm-itb, ITB hanya menerima mahasiswa program sarjana melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN). Hal tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 34/2010 tentang pola penerimaan mahasiswa baru program sarjana.

Berkenaan dengan hal tersebut, ITB meminta seluruh informasi mengenai sistem Penerimaan Mahasiswa Baru ITB 2011 yang pernah terbit sebelum Senin, 10 Januari 2011 agar diabaikan. Termasuk informasi tentang pelaksanaan PMBP-ITB 2011, KN-ITB 2011, dan program Beasiswa seperti Bidik Misi, BIUS, Beasiswa Ekonomi Lemah, dan lain sebagainya.

Saat dikonfirmasi Kantor Berita kepada seksi penyaringan mahasiswa, Rabu (12/01/11), ITB masih merembukkan rencana selanjutnya terkait keputusan tersebut, seperti masalah keuangan, beasiswa, dan program studi yang selama ini hanya menggunakan penyaringan mandiri. Mereka berharap keputusan final bisa didapatkan dalam minggu ini. Jika ada informasi baru, hal tersebut akan segera dipublikasikan pada situs resmi USM.

Kabar penghapusan USM ini memang mengejutkan banyak pihak. Di situs mikro blogging twitter cukup banyak pengguna yang menanyakan hal ini. Seperti yang ditulis oleh @nilamastari : Demi apa lu? Seriusan?! RT @DeviNathania: Gak ada cyiiin..RT @nilamastari: Eh SERIUSAN PMBP ITB NGGAK ADA?

Atau seperti yang ditulis oleh Billy Richardo pada akun nya @billyrch: USM ITB GA ADA LAGI>>>> SPEKTAKULAR>>> itb dpt duit drmana donk?

Ada pula pihak yang kecewa dengan penghapusan USM ini. @dididiardi misalnya, dalam sebuah twitnya ia menulis @dididiardi: Okay thanks mendiknas lu menghancurkan semangat itb gw

Namun, tak sedikit pula pengguna yang mendukung keputusan tersebut. Seperti yang ditulis oleh @selvyrosa: Seriusan?mulai taun ini ken? RT @kenny_ald: Gile ITB gk pake USM+Kemitraan lagi! Good..good…

Keputusan ITB setelah menutup penerimaan mandiri dapat diakses pada situs USM
Peraturan Menteri Pendidikan no. 34/2010 dapat Anda unduh di sini.

Ini pengumuman dari situs resmi USM ITB (http://www.itb.ac.id/usm-itb/)

UJIAN SARINGAN MASUK INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG TERPADU
(USM-ITB TERPADU) TAHUN AKADEMIK 2011/2012

Situs ini sedang mengalami perbaikan, menunggu jadwal pelaksanaan SNMPTN 2011 dari Panitia Pelaksana SNMPTN 2011.

Sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI no. 34/2010, ITB hanya melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana secara nasional bersama dengan seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia, melalui sistem Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Informasi mengenai pelaksanaan SNMPTN 2011 dapat diperoleh di situs http://www.snmptn.ac.id/.

Bagi peminat program Beasiswa (BIUS, BIDIK MISI, Beasiswa Biaya Pendidikan, dll.), dipersilakan untuk melakukan pendaftaran ke panitia pusat SNMPTN melalui SLTA masing-masing. Calon mahasiswa tidak diperkenankan mendaftarkan diri secara langsung ke Perguruan Tinggi tujuan.

Berkenaan dengan hal tersebut, seluruh informasi mengenai sistem Penerimaan Mahasiswa Baru ITB tahun 2011 yang pernah terbit sebelum hari Senin, tanggal 10 Januari 2011, termasuk informasi tentang pelaksanaan PMBP-ITB 2011, KN-ITB 2011, dan program Beasiswa (BIDIK MISI, BIUS, Beasiswa Ekonomi Lemah, dll), dinyatakan tidak berlaku dan dapat diabaikan.

Bandung, 10 Januari 2011

Direktorat Pendidikan ITB

Yang berikut ini email dari WRKMA di milis

Penerimaan Mahasiswa Baru ITB 2011

Rekan-rekan ysh,

Bersama ini kami sampaikan beberapa hal yang perlu diketahui terkait dengan Penerimaan mahasiswa baru ITB 2011, yaitu :

1.      Sesuai dengan peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI no. 34/2010,

ITB hanya melaksanakan seleksi penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana secara nasional bersama dengan seluruh perguruan tinggi negeri di Indonesia, melalui sistem Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Informasi mengenai pelaksanaan SNMPTN 2011dapat diperoleh di situs http://www.snmptn.ac.id/.

2. Untuk tahun 2011, ITB akan menerima mahasiswa baru sekitar 60% melalui Jalur Undangan dan sekitar 40% melalui Jalur Ujian tertulis dan Ketrampilan.

3.   Jadwal Pelaksanaan SNMPTN 2011 Jalur Undangan :

Pendaftaran                                  :           1 Februari-12 Maret 2011
Pengumuman Hasil                       :           18 Mei 2011
Registrasi Mahasiswa Baru          :           31 Mei dan/atau 1 Juni 2011

4.   Jadwal Pelaksanaan SNMPTN 2011 Jalur Ujian Tertulis dan Keterampilan

4.1.Ujian Tertulis

Selasa, 31 Mei 2011   :           Tes Potensi Akademik
Tes Bidang Studi Dasar
Rabu, 1 Juni 2011        :          Tes Bidang Studi IPA
Tes Bidang Studi IPS

4.2.Ujian Keterampilan

Ujian Keterampilan dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 Juni 2011.

5.      Bagi peminat program Beasiswa (BIUS, BIDIK MISI, Beasiswa Biaya Pendidikan, dll.), dipersilakan untuk melakukan pendaftaran ke panitia pusat SNMPTN melalui SLTA masing-masing. Calon mahasiswa tidak diperkenankan mendaftarkan diri secara langsung ke Perguruan Tinggi tujuan.

6.      Informasi selanjutnya tentang penerimaan mahasiswa baru ITB tahun 2011 dapat di lihat pada situs resmi ITB http://www.itb.ac.id/usm-itb/

Salam Hormat,

Hasan
===========================
Prof. Dr. Hasanuddin Z. Abidin
Wakil Rektor Bidang Komunikasi, Kemitraan dan Alumni  (WRKMA)
Institut Teknologi Bandung
Jl. Tamansari no. 64, Bandung 40132
Telp/Fax: 022-2500935
E-mail : wrkma@pusat.itb.ac.id
Website : http:///www.itb.ac.id

15 thoughts on “Seleksi Masuk ITB 2011 hanya lewat SNMPTN

    • untuk di awal, siapkan minimal 6 juta. mohon maaf saya kurang tahu pastinya.
      kurang lebih seperti ini rinciannya:
      biaya pendaftaran mahasiswa baru = Rp 1.200.000
      biaya pokok semester pertama = Rp 1.750.000 atau Rp 2.000.000
      biaya per SKS semester pertama = 18*Rp150000 = Rp2.700.000
      Total = Rp5,2 juta ~ 5,9juta

      TIPS :
      – jika diminta mengisi biaya kesediaan, dan ada pilihan untuk Rp 0, sebaiknya pilih yang Rp 0
      – sediakan tambahan 3 atau 4 juta lagi. Untuk persiapan tempat tinggal di semester pertama
      – coba cari beasiswa di awal. Siapkan juga perangkat untuk pengajuan beasiswa : slip gaji orang tua, KTP ortu,

      lebih lengkapnya lihat di :
      http://www.itb.ac.id/usm-itb/Nasional/Nas-3.htm
      http://www.itb.ac.id/usm-itb/PMBPPusat/Pusat-6.htm

    • NB: Referensi di atas BUKAN REFERENSI RESMI
      karena itu disiapkan untuk USM (yang sekarang ditiadakan).
      Untuk info pastinya mengenai biaya pendaftaran akan saya usahakan untuk dicari jika sempat

  1. Saya sangat setuju jika ITB hanya memberlakukan SNMPTN sebagai jalur masuknya.Namun saya sangat tidak setuju jika diadakan jalur masuk SNMPTN undangan, yang lebih membuat saya miris jalur SNMPTN undangan yang diberlakukan sebesar 60%,dan itu hanya diberlakukan untuk siswa SMA itu pun sekolah yang ‘baik’ saja. Perlu diketahui,jalur SNMPTN undangan hanya akan menjadikan mutu pendidikan negeri ini terpuruk,khususnya untuk ITB sendiri,karena kebijakan ini sangat rawan dengan kecurangan (dimana sistim penilaian hanya mengacu kepada nilai-nilai siswa selama sekolah saja). Sekolah- sekolah yang diberikan hak untuk mengirimkan pelajar pintarnya bisa saja melakukan kecurangan nilai. Nilai siswa yang rendah bisa menjadi tinggi dan nilai yang tinggi bisa menjadi lebih tinggi,hal ini dilakukan agar siswa sekolah yang bersangkutan bisa lolos masuk ITB.Sekolah mana sih yang tidak mau siswanya lolos PTN favorit? Karena keberhasilan siswa yang lolos masuk PTN sedikit banyak juga menguntungkan pihak sekolah,misalnya nama sekolah bisa naik pamor sehingga banyak anak2 SMP yang berlomba-lomba masuk SMA tersebut dengan harapan bisa mengikuti jejak para pendahulunya.Bahkan hal ini bisa memicu koneksi,kolusi,dan nepotisme (KKN). Kalau sudah terjadi KKN lantas siapa yang paling memiliki peluang?????????? siapa lagi kalau bukan anak guru/kepsek/pegawai, saudara guru/kepsek/pegawai,anak teman guru/kepsek/pegawai dsb. Mengingat banyak masyarakat negeri ini yang doyan korupsi bukan tidak mungkin kecurangan tidak hanya sampai disitu. Bisa saja ada orang tua yang dengan berani melakukan penyuapan kepada pihak sekolah untuk mendongkrak nilai anaknya demi memenuhi impian masuk ITB ( ITB TIDAK MENJUAL KURSIH TAPI SEKOLAH MENGOBRAL NILAI ).
    Ini bukan bualan semata,kasus seperti ini sebelumnya banyak ditemukan pada perekrutan mahasiswa melalui jalur PMDK. Jangan dikira mahasiswa yang lolos PMDK kesemuanya merupakan siswa2 yang pintar, sebagaian justru lolos dengan cara-cara curang seperti yang saya sebutkan di atas, ini bukan tidak mungkin akan terjadi juga pada jalur SNMPTN undangan.
    Jalur SNMPTN undangan tidak ubahnya seperti jalur PMDK, Itu artinya jalur PMDK ITB tahun ini mencapai 60%, sedangkan SNMPTN biasa (tertulis) hanya 40% saja. Jika kita menelaah kasus tersebut, jelas ITB sudah melakukan pelanggaran keputusan mendiknas secara terselubung.Dimana 60% seharusnya melalui jalur SNMPTN baru sisanya melalui jalur yang lain. Tapi ITB hanya memberikan kuota 40% saja karena sisanya sama saja dengan PMDK.
    Keputusan ITB memang baik, namun keputusan ini juga merugikan sebagian pihak yang lain, khususnya yang bersetatus sebagai alumni. Banyak alumni/siswa SMA yang lulus sekolah tahun -tahun sebelumnya, namun mereka rela untuk tidak kuliah dulu karena harus mengumpulkan biaya untuk kuliah tahun berikutnya, bahkan ada juga yang harus berjuang mengikuti bimbingan belajar 1 sampai 2 tahun demi mengikuti perkuliahan tahun berikutnya di ITB. Namun sayang, ketidakadilan sekarang sedang menimpah mereka. Perjuangan yang mereka lakukan untuk beberapa tahun ini hanya diharga kuota 40% dimana dengan kuota hanya sebanyak itu mereka harus menghadapi saingan yang tidak sedikit.
    Oleh karena itu, saya pribadi mewakili rekan-rekan yang 1 suara dengan saya memohon kebijakan dari ITB untuk dirubah kembali, yakni menghapuskan kebijakan perekrutan mahasiswa melalui jalur SNMPTN UNDANGAN dengan hanya merekrut melalui jalur SNMPTN MURNI (TERTULIS ) saja, demi keadilan untuk segenap bangsa ini dan demi mencegah kemungkinan2 yang saya sebutkan diatas terjadi
    Saya memberikan masukan ini dengan harapan pihak ITB benar2 bisa memikirkan semua pihak. Dan untuk pelajar SMA harap tidak mengutamakan egonya. INGAT ! semua untuk yang terbaik.

    Sekedar mengutip komentar saudara Billy Richardo pada akun nya di twitter
    @billyrch: USM ITB GA ADA LAGI>>>> SPEKTAKULAR>>> itb dpt duit drmana donk?

    Pertanyaan tersebut bisa saja merembet kepada statement2 dari masyarakat yang tidak diinginkan. Dan statment itu bisa saja mengarah kepada kecurigaan masyarakat dari kebijakan ITB dalam merekrut SNMPTN UNDANGAN.

    Karena itu, semoga ITB bisa lebih adil lagi…………….
    TERIMAKASIH

Ketik komen di mari gan.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s