Sejarah Ngeblog

Oke, jadi ceritanya 3 hari terakhir ini saya buntu mau posting apa di blog ini. Pikiran susah mikirin yang lain selain ‘itu’. Tapi karena harus ada yang ditulis sebagai bagian dari #postaday2011 , maka saya akan tetep ngeposting di blog. Selama ini saya nyoba cari sendiri tentang topik apa yang mau ditulis, tapi kali ini karena udah mentok saya pake aja salah satu ide dari blog dailypost.wordpress.com🙂

Jadi Topiknya adalah “Why do you start?“; What made you decide to start a blog? If you’ve blogged about this before, go back and read it. Is that still the reason? What’s changed?

Hmm,, buat ngejawab pertanyaan ini,saya coba mulai merunut saat pertama kali ngebuat blog. Blog pertama yang saya bikin itu di multiply tahun 2006. Dulu itu ga tau awak apa itu blog dan ga tau multiply itu buat apa. Karena baru ada akses internet murah dari kampus, saya jadi lebih sering online, hampir setiap situs yang ada pilihan “sign up” itu saya cobain😛 . Salah satunya yaa multiply itu. Tapi masalah berikutnya adalah, multiply adalah salah satu situs yang dihambat aksesnya oleh kampus karena kebanyakan dipakai buat ngedonlot mp3, jadi situs ini sekelompok ama friendster. Dulu itu juga saya ga tau kalo multiply bisa jadi tempat donlot mp3 dan ga tau kalo termasuk situs yang dihambat aksesnya. Walhasil, setiap kali nyoba ngedit-ngedit, yang ada cuma gregetan karena aksesnya yang llllaaamma, jadilah itu blog yang terbengkalai selama berbulan-bulan😀

multiply
Jadi, jawaban pertama tentang pertanyaan mengapa saya mulai ngeblog adalah coba-coba, itu juga kalau yang didefinisikan dengan ngeblog adalah “mempunyai blog”. Nah, terus kapan dong mulai ngeblog dengan sebenar-benarnya ngeblog (istilahnya ga banget ye😛 )?

Kali ini berlanjut di tahun 2007. Ini dimulai saat ada akses internet unlimited di asrama ppsdms (yeah,, udah ga ada lagi hambatan ngakses prenster😛 ). Tapi, berhubung ni asrama punya visi misi masa depan untuk mencetak futur leader, eh future leader, maka adanya internet pun diupayakan untuk memberikan kebaikan sebesar-besarnya bagi Indonesia (haiahhh). Dan salah satu konsep yang digulirkan adalah dengan membuat blog.

Walhasil dibuatlah akun di wordpress ini dan satu lagi di blogspot (dhimasln.blogspot.com), karena dua itu adalah provider blog gratisan yang lebih keren dibanding multiply. Awalnya lebih cenderung make blogspot karena bisa diotak-atik dengan lebih leluasa, tapi mulai beralih ke WP karena jauh lebih user friendly dan fiturnya semakin banyak.

 

dulu sering ngebandingin antara wordpress dengan blogger (blogspot)

So, alasan memulai ngeblog di generasi kedua dunia blog adalah karena ngeblog adalah program asrama, dan karena ada akses internet gratis. Sebenarnya program itu ga wajib sie, tapi karena saya orang yang suka nyoba-nyoba, toh akhirnya dibuat juga & terus diapdet blognya sampai sekarang🙂 . Oia, dulu itu judul blog pertama saya di blogspot dan wordpress ini adalah, “Perjalanan mencari ridho-Nya,,, dan yang diridhoi-Nya” sebelum diganti judulnya. Ternyata sampai sekarang status saya masih dalam mencari yang diridhoi-Nya😛

Lalu cerita pun berlanjut. Ternyata ada situs lagi yang disebut dengan situs tempatnya ngeblog selain di multiply, blogspot, dan wordpress. Sebutlah ini generasi ketiga dan keempat ngeblog saya, yaitu situs mikroblogging twitter (@dhimasln) yang dibuat April 2009, dan kompasiana (kompasiana.com/dhimasln) dibuat oktober 2009. Kenapa saya ngebuat akun di dua situs ini adalah karena saya sudah ga gaptek lagi kayak dulu😛 , jadi bukan cuma karena coba-coba atau karena dipaksa.

 

profil kompasiana/dhimasln

Untuk kali ini, twitter dan kompasiana tidak membuat saya meninggalkan kekasih lama saya di wordpress. Mereka hanya sebagai penambahan saja. Masih-masing situs punya kelebihan sendiri. WordPress yang lebih enak buat eksistensi, kompasiana buat diskusi, dan twitter yang lebih sederhana.

Sekian sejarah ngeblog bung dhimaskasep nu kasep pisan🙂

One thought on “Sejarah Ngeblog

Ketik komen di mari gan.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s