Faktor yang mempengaruhi lamanya waktu membuat post di blog

ada polling menarik yang dibuat dailypost.wordpress.com di postingan terbarunya mengenai berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat sebuah tulisan di blog.

Hmm, kalo saya sendiri biasanya nongkrong sekitar 30-60 menit mulai dari mengklik “add new post” sampai mengklik tombol “publish”. Dan ternyata sampai postingan ini dibuat, hasil di polling menunjukkan pilihan terbanyak jatuh pada 30-60 menit.

Sebenernya sie kalo sekadar nulisnya, paling 5-15 menit udah selesai. Tapi khan kudu “ngehias” dengan gambar biar lebih ganteng lebih bagus dan kadang perlu memberikan beberapa referensi link biar sok ilmiah pembaca lebih ngerti dan dapat menjelajah lebih lanjut. Jadi ada tambahan waktu untuk loading nunggu upload atau nunggu waktu halaman referensi terbuka. Jadi kalo ditotal sekitar 30menitan.

Tapi kalo dipikir-pikir lagi,,weh,, sepertinya saya terlalu banyak membuang waktu. Gimana caranya ya biar menghasilkan tulisan dengan kualitas sama dengan kecepatan lebih tinggi? Okey, kalo gitu di-list aja faktor-faktor yang mempengaruhi lama waktu penulisan:

– Berat/tidaknya tema sebuah tulisan

Semakin berat tema tulisan, maka semakin lama. Kalau sekadar diary biasanya lebih cepat. Tapi kalau berhubungan dengan expertise umumnya lebih lama.

– Panjang tulisan

Ya iya lah😀. Semakin panjang tulisan maka semakin lama

– Kecepatan akses internet

Cukup berpengaruh. Terutama berhubungan dengan proses loading ketika membuka halaman dan uploading.

– ‘Menghias’ postingan

Menaruh dan mengedit gambar, menyisipkan video, memberikan referensi link,

Juga termasuk mengatur ukuran font & heading, mengatur tulisan bold italic underline strike, perapihan alignment, warna font, dsb.

– Faktor sang blogger

Mood pada saat menulis, focus (kalo ngeposting sambil makan bisa lama kayak kebiasaan saya. Lama makannya maksudnya😛 . Atau sambil ngerjain T.A.), juga termasuk faktor ragu-ragu untuk menekan tombol publish :mrgreen:

– Faktor komputer/tools yang digunakan

kalau pake keyboard warnet bisa lebih lama dibanding keyboard leptop😀 ,

– Faktor keimanan

hmm,, sepertinya ga terlalu berpengaruh. Mohon maaf😀

– Faktor lainnya

Poin ini adalah poin wajib bagi seorang yang membuat list opini tapi belum mensurvei😀 . Untuk mencegah poin lain yang khilaf tak tercantum di poin-poin sebelumnya

Sekian dulu tulisan tentang faktor yang mempengarui waktu yang dibutuhkan seorang untuk membuat postingan di blog. Semoga bisa membantu agar kita dapat lebih efektif dalam menggunakan waktu ketika menulis blog. Sebenarnya ada satu faktor lagi yang paling berpengaruh, Laa haula wala quwwata illa billah. Kurang lebih maksudnya adalah jika Allah mengizinkan untuk bisa memposting dengan cepat, maka itu bisa terjadi; jika Allah memutuskan untuk tulisan baru jadi dalam 1 hari, itu pun yang akan terjadi.

One thought on “Faktor yang mempengaruhi lamanya waktu membuat post di blog

Ketik komen di mari gan.....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s