Satukan Tanggal Hijriah….

bagus nie… seperti yang biasa dibahas pak musholli.

diambil dari Pikiran Rakyat

UIN, ITB Tentukan Akhir Ramadan BANDUNG, (PR).-
Pemerintah mengharapkan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN) dan Jurusan Astronomi Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk menuntaskan persoalan awal dan akhir Ramadan. Untuk itu, diharapkan Jurusan Astronomi ITB menjalin kerja sama dengan pihak terkait untuk bisa menayangkan secara langsung detik-detik pergerakan bulan dan proses mengamati hilal dan rukyat.

“Tentunya kita prihatin setiap tahun selalu mengalami persoalan perbedaan menentukan awal dan akhir Ramadan. Ujung-ujungnya selalu saja dinyatakan agar kita saling menghormati perbedaan. Nggak ada kemajuan kita ini, padahal kita punya UIN, Astronomi ITB, dan para pakar ilmuwan maupun agamawan,” kata Menteri Komunikasi dan Informasi (Menkominfo), Prof. Dr. H. Muhammad Nuh dalam ceramah silaturahmi di aula kampus UIN SGD Bandung, belum lama ini.

Dikemukakan Muhammad Nuh, fenomena alam seperti di planet itu sesungguhnya mutlak atau tidak ada standar ganda. Artinya, fenomena bisa diamati dan tidak akan ada perubahan sebagaimana fenomena sosial. Oleh karena itu, sangatlah memungkinkan televisi pemerintah atau televisi swasta menayangkan langsung proses pengamatan hilal kepada masyarakat luas.

“Demikian halnya pada 28 Agustus 2007 saat terjadi gerhana bulan. Sebaiknya momentum ini dimanfaatkan oleh televisi pemerintah atau swasta untuk menayangkannya secara live (langsung-red.) sehingga masyarakat menjadi cerdas,” tuturnya menambahkan.

Berkaitan dengan peradaban umat Islam, Muhammad Nuh mengatakan, saat ini umat Islam mengalami kemunduran di bidang ilmu pengetahuan. Sepatutnya umat Islam punya otoritas di bidang keilmuan sehingga bisa “didengar” dan mencerahkan berbagai pihak.

“Jadikanlah masa muda sebagai masa mencari dan meningkatkan otoritas keilmuan. Dengan otoritas ilmu, dakwah pun akan semakin berkualitas. Ia mencontohkan, Muhammad Yunus dari Bangladesh yang menerima Nobel Perdamaian. Dia punya otoritas ilmu, sehingga apa yang disampaikannya walaupun mungkin klise, tetap didengar dan diperhatikan banyak pihak,” ujarnya menjelaskan.

Dalam konteks ini, Muhammad Nuh mengharapkan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat luas. Untuk pencerahan itu, jelas diperlukan rasionalitas, pencarian data, dan informasi. Selanjutnya, diperlukan wisdom atau kemampuan melihat di balik fenomena.

“UIN SGD hendaknya meningkatkan sarana teknologi informasi (TI)-nya. Untuk itu, bisa saja mengajukan proposal. Hasilnya nanti sampaikan kepada DPRD, DPR RI, dan instansi terkait lainnya,” tutur Muhammad Nuh. (A-44)***

Semoga persatuan umat islam dapat diwujudkan.

Kalo menit imsakiyah aja bisa, masak hari raya ga bisa.

Teknologi 4/ a better future…

Kalo Hari Raya aja udah beda-beda, gimana khilafah mau ditegakkan? Ya ga??

Carilah pemersatu, bukan perbedaan. Karena perbedaan bukanlah rahmat….

Advertisements

Ta’limat Penggalangan dana bantuan gempa Bengkulu

dari email Puskomnas

Assalamu’alaikum Wr Wb

Ikhwafillah yang ada di seluruh tanah air….innalillahi wa inna ilaihi
raaji’un…
Diberitakan pada Rabu, tanggal 12 September kemarin, pukul 18.10 WIB
telah terjadi gempa berkekuatan 7,9 Skala Ritcher yang melanda
Bengkulu, di 159 km barat daya Bengkulu pada titik 4.67 LS – 101.13
BT. Pusat gempa berada di kedalaman 10 km dari permukaan laut.

Sebelumnya, BMG menyatakan besarnya gempa yang mengguncang Bengkulu
ini berpotensi menimbulkan adanya tsunami. Tapi, tsunami akan timbul
pada 30 menit hingga satu jam gempa terjadi. Setelah satu jam lebih
gempa Bengkulu dengan kekuatan 7,9 SR terjadi, akhirnya Badan
Meteorologi dan Geofisika (BMG) membatalkan adanya ancaman tsunami.
Gempa ini juga terasa di beberapa wilayah lainnya, seperti di Krui,
Lampung Barat hingga ke Cirebon.

Sebagai bentuk solidaritas kepada saudara2 kita yang ada di Bengkulu,
maka PUSKOMNAS menghimbau agar masing2 LDK melakukan penggalangan dana
atas nama FSLDK Peduli Bengkulu. Dana yang sudah terkumpul bisa
dikirimkan melalui rekening bank BRI dengan nomor :
0065-01-003477- 50-1 atas nama Suprapti.

PUSKOMNAS juga merekomendasikan masing2 Puskomda untuk membuat spanduk
Peduli Bengkulu dan melakukan pers release ke media.

Jazakumullah khoiron katsiron atas bantuan dan kerjasamanya. Semoga
Allah memberikan kesabaran kepada saudara2 kita yang ada di Bengkulu
dan memberikan kita kekuatan serta kemampuan untuk menyikapi musibah
ini dengan sikap terbaik kita sebagai bentuk muhasabah diri.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

PUSKOMNAS FSLDKN
Jamaah Nuruzzaman Universitas Airlangga

Lagi-lagi bangsa ini tertimpa musibah…

Ayo, semangat membantu saudara kita yang tertimpa musibah!!!

FSLDK Peduli, Solidarity forever

Betapa berat rasa di hati kami menyaksikan bencana yang mencabik-cabik bangsa ini,
sementara kita hanya menyerah pada kehinaan dan pasrah oleh keputusasaan.

email Perdana Puskomnas Janur Unair

.


__,_._,___

Bismillahirrohmaani rrohim

Assalamu’alaikum Wr Wb

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam, Maha Pengasih dan Penyayang, yang tidak pernah tidur dan senantiasa mengurus hambaNya, yang telah memberikan kita nikmat iman, Islam, dan ukhuwah sehingga hati2 kita masih tertaut dan terikat walau bentang geografis memisahkan kita untuk menjadi penyeru dienullah di sudut lain dari bumi Allah.

Shalawat serta salam bagi kekasih Allah, Muhammad SAW, yang keberadaannya menjadi contoh dan teladan utama tentang bagaimana menjadi sosok pribadi muslim sejati yang senantiasa berada dalam cahaya ke-Ridhoan-Nya.

Tidak terasa, sudah 3 minggu lebih pasca FSNas kemarin di Lampung yang telah menjadi momentum besar kita untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik dengan misi melakukan Revitalisasi Dakwah Kampus dan sekaligus menetapkan kami, JAMAAH NURUZZAMAN UKMKI UNAIR sebagai Pusat Komunikasi Nasional FSLDK yang baru, melanjutkan tongkat estafet perjuangan yang dulu diemban oleh saudara kami di FKI RABBANI UNAND.

Selama 3 minggu ini kami mencoba untuk menata dan menentukan person2 yang akan berjuang bersama dalam tim Puskomnas, dan alhamdulillah dengan rahmat Allah kami dapat menyelesaikannya. Untuk memudahkan koordinasi selanjutnya, maka perkenankan kami memperkenalkan beberapa person berikut :

Ketua Puskomnas : Dani Setiawan

Sekretaris Jendral : Syauq Hikmi

Ketua Komisi A : Iman

Ketua Komisi B : Dhian Satria Yudha Kartika

Ketua Komisi C : Fanni Okviasanti

Ketua Humas dan Media : Haizan

Dalam beberapa pekan ke depan, kita akan segera disambut oleh sebuah momen besar yang senantiasa dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim yang ada di dunia. Sebuah bulan yang di dalamnya terkandung banyak maghfiroh, rahmat, dan kesempatan untuk memperbanyak amal ibadah, yaitu bulan Ramadhan 1428H. Ramadhan adalah bulan kebaikan dan barokah, Allah memberkahinya dengan banyak keutamaan, diantaranya adalah sebagai bulan turunnya Al-Qur’an dan turunnya malam keutamaan, yaitu malam Lailatul Qodar.

Oleh karena itu, dalam rangka menyemarakkan syiar ke-Islaman kita di bulan Ramadhan, maka kami merekomendasikan beberapa agenda kegiatan yang diharapkan bisa dilakukan secara serempak di seluruh Indonesia.

Kegiatan tersebut termaktub dalam Ta’limat Ramadhan Puskomnas berikut :

Tema besar yang akan diusung dalam Ramadhan 1428H ini adalah “Back to Al-Qur’an dan Masjid”. Dengan demikian, segala bentuk kegiatan dan pamfletisasi/ media diarahkan kepada tema tersebut. Dari tema ini, rekomendasi kegiatan yang dilakukan adalah :

  1. Pawai Kampus : JK Days, selebaran, bagi2 bunga, atau yang lain (1)
  2. Pawai Ramadhan untuk pemanasan, terkait isu2 APP, dll (2)
  3. Membagi 15.000 qur’an ke TPA seluruh Indonesia (2)
  4. Menyemarakkan masjid dengan qur’an, misal : tahsin rutin tiap maghrib, hafalan juz 30 (1)
  5. Ada sekali acara antara LDK binaan dengan Puskomda : Buka puasa, Tasqif, Mabit LDK (2)
  6. Jika dirasa perlu, adakan pondok ramadhan LDK untuk LDK2 yang pengkondisian ramadhan di kampusnya kurang, sbg salah satu bentuk pendampingan LDK (2)
  7. Mengusahakan agar setiap agenda ramadhan terpublikasi dan kalau bisa masuk ke dalam media
  8. Mengirimkan tulisan atau menjadi pembicara dalam kegiatan ramadhan untuk penokohan

NB : (1) >> Rekomendasi untuk LDK

(2) >> Rekomendasi untuk Puskomda

Demikian apa yang dapat kami sampaikan sebagai awalan atau pembuka dari kerja dakwah kita. Semoga kita selalu dikuatkan dan diberi keistiqomahan untuk senantiasa berada di jalan yang diridloi-Nya. Amin.

Jika ada saran dan kritik atau pertanyaan terkait dengan informasi di atas, silakan dikirim ke email puskomnas@yahoo. com. Saran dan masukan antum sangat kami perlukan untuk perbaikan ke depan. Jazakumullah khairon katsir….

Wassalamu’alaikum Wr Wb.

MARS GAMAIS

Logo GAMAIS ITB

MARS GAMAIS

Derap bergerak melangkah maju ke depan

Tak akan gentar hadapi semua penghalang

Berjuta rintangan yang ada di hadapan

Takkan hentikan langkahku terus berjuang

Reff :

Walau lelah walau perih tetap kulalui

Darah peluh air mata semua kan berarti

Jalan terjal penuh duri tetap kuarungi

Karena jihad ini kan s’lalu hidup di hati

Menjaga satu tujuan Allah Yang Esa

Teladani panutan rasul yang mulia

Jadikan Al-Quran pedoman kita

Satu di jalan jihad fisabilillah

Gamais ITB melangkah maju ke depan.. (Ugh!)

Tak pernah gentar hadapi semua penghalang

Meski berjuta rintangan terus menghadang

Takkan henti langkah hingga syahid menjelang

Back to Reff:

Menjaga satu tujuan Allah Yang Esa

Teladani panutan rasulullah yang mulia

Jadikan Al-Quran pedoman hidup kita

Satu di jalan jihad fisabilillah

Allahu Akbar, Allah Yang Maha Besar 3x

Bergerak! Bergerak! GAMAIS ITB Bergerak! 3x

Continue reading

Mencari Sebuah Mesjid (Taufik Ismail)

MENCARI SEBUAH MASJID

Taufik Ismail


Aku diberitahu tentang sebuah masjid
yang tiang-tiangnya pepohonan di hutan
fondasinya batu karang dan pualam pilihan
atapnya menjulang tempat tersangkutnya awan
dan kubahnya tembus pandang, berkilauan
digosok topan kutub utara dan selatan

Aku rindu dan mengembara mencarinya

Aku diberitahu tentang sepenuh dindingnya yang
transparan
dihiasi dengan ukiran kaligrafi Quran
dengan warna platina dan keemasan
berbentuk daun-daunan sangat beraturan
serta sarang lebah demikian geometriknya
ranting dan tunas jalin berjalin
bergaris-garis gambar putaran angin

Aku rindu dan mengembara mencarinya

Aku diberitahu tentang masjid yang menara-
menaranya
menyentuh lapisan ozon
dan menyeru azan tak habis-habisnya
membuat lingkaran mengikat pinggang dunia
kemudian nadanya yang lepas-lepas
disulam malaikat menjadi renda-renda benang
emas
yang memperindah ratusan juta sajadah
di setiap rumah tempatnya singgah

Aku rindu dan mengembara mencarinya

Aku diberitahu tentasng sebuah masjid yang
letaknya di mana
bila waktu azan lohor engkau masuk ke dalamnya
engkau berjalan sampai waktu asar
tak bisa kau capai saf pertama
sehingga bila engkau tak mau kehilangan waktu
bershalatlah di mana saja
di lantai masjid ini, yang luas luar biasa

Aku diberitahu tentang ruangan di sisi mihrabnya
yaitu sebuah perpustakaan tak terkata besarnya
dan orang-orang dengan tenang membaca di
dalamnya
di bawah gantungan lampu-lampu kristal terbuat
dari berlian
yang menyimpan cahaya matahari
kau lihat bermilyar huruf dan kata masuk beraturan
ke susunan syaraf pusat manusia dan jadi ilmu
yang
berguna
di sebuah pustaka yang bukunya berjuta-juta
terletak di sebelah menyebelah mihrab masjid kita

Aku rindu dan mengembara mencarinya

Aku diberitahu tentang masjid yang beranda dan
ruang dalamnya
tempat orang-orang bersila bersama
dan bermusyawarah tentang dunia dengan hati
terbuka
dan pendapat bisa berlainan namun tanpa
pertikaian
dan kalau pun ada pertikaian bisalah itu diuraikan
dalam simpul persaudaraan yang sejati
dalam hangat sajadah yang itu juga
terbentang di sebuah masjid yang mana
Tumpas aku dalam rindu
Mengembara mencarinya
Di manakah dia gerangan letaknya

Pada suatu hari aku mengikuti matahari
ketika di puncak tergelincir dia sempat
lewat seperempat kuadran turun ke barat
dan terdengar merdunya azan di pegunungan
dan aku pun melayangkan pandangan
mencari masjid itu ke kiri dan ke kanan
ketika seorang tak kukenal membawa sebuah
gulungan
dia berkata
‘Inilah masjid yang dalam pencarian Tuan’
dia menunjuk ke tanah ladang itu
dan di atas lahan pertanian dia bentangkan
secarik tikar pandan
kemudian dituntunnya aku ke sebuah pancuran
airnya bening dan dingin mengalir beraturan
tanpa kata dia berwudhu duluan
aku pun di bawah air itu menampungkan tangan
ketika kuusap mukaku, kali ketiga secara perlahan
hangat air yang terasa, bukan dingin kiranya
demikian air pancuran
bercampur dengan air mataku
yang bercucuran

Video : dari Nanyang to Ganesha

Ini nih, sebuah video rekaman yang diambil by our friends from KUNTUM-Indonesia (Keluarga NTU Muslim Indonesia) saat kunjungan ke GAMAIS ITB tanggal 24 Juni 2007 lalu.

Alhamdulillah mereka masih bisa bahasa Indonesia, jadi kita-kita yang dari Gamais juga ga susah-susah amat bwt berkomunikasi dengan temen-temen NTU. he777x :mrgreen:

Terima kasih buat temen-temen NTU yang udah berkunjung ke Gamais : akh Abdullah, akh Indra, juga akh Digdaya.

Salam kami dari GAMAIS buat temen-temen Muslim NTU lainnya. Tetap berkarya dimanapun berada!

Jangan lupa u/ tetap menjalin silaturahim dengan Gamais & FSLDK. Coz, we will go to International 2014……

Selamat Tinggal Sahabatku…

Slamat tinggal Sahabatku
Ku kan pergi berjuang
Menegakkan cahaya Islam
Jauh di Negri sebrang

Slamat tinggal Sahabatku
Ikhlaskanlah diriku
Kirimkanlah doa restumu
Allah bersama Slalau

Kuberjanji dalam hati
Untuk segra kembali
Menjayakan negri ini
Dengan ridho Ilahi

Kalupun tak lagi jumpa
Usahlah kau berduka
Semoga tunai cita-cita
Raih gelar syuhada

Continue reading