Risalah Manajemen Dakwah Kampus [Revised]

rmdk-revised.jpg

Alhamdulillah, buku Risalah Manajemen Dakwah Kampus edisi revisi yang diterbitkan oleh GAMAIS PRESS, bisa antum download di sini.

Bagi kami, ilmu itu akan menjadi lebih berkah jika dapat disebarluaskan, bukan begitu?

Buku ini dipersembahkan bagi antum para aktivis Lembaga Dakwah Kampus untuk membantu dakwah di kampus antum. Bukan untuk standarisasi, tapi hanya sebatas pegangan, yang berisi masukan-masukan untuk kegiatan ke-LDK-an di kampus antum.

Semoga dengan ini, perjuangan dakwah di kampus-kampus se-Indonesia akan menjadi lebih baik. insyaAllah…..

-ayoo LDK!!->

Advertisements

Tarbiyah itu gimana? TarbiyahDaily

Ada beberapa cara/metode yang bisa digunakan untuk tarbiyah :

1. Liqo –> pertemuan mingguan dengan si “boss”. Ngerti lah yaa…….

2. Mabit –> malam bina iman taqwa. Biasanya ada kajian bada Isya, terus bisa sharing & berbagi ide dengan teman mabit, terus ada QL besoknya. Biasa juga diakhiri dengan riyadah bersama

3. Dauroh / Mukhoyam –> Sekolah di alam yang enak & asri selama beberapa hari. Biasa diisi dengan berbagai materi dari syekh-syekh kampus (kalo di kampus yow). Di akhir biasanya ada “jelajah alam” atawa outbond : olahraga sekaligus menikmati indahnya ciptaan Allah.

4. Lain-lain –> pikirin aja sendiri 😀

5. Tarbiyah dzatiyah –> tarbiyah sendirian. Misal dengan baca buku, rutin QL, tahfidz, dan sebagainya

6. tarbiyahdaily.com –>

Nah, ini dia metode baru tarbiyah. Insya Allah ga bid’ah kok. klik aja link-nya di http://forum.tarbiyahdaily.com .

Disini kita bisa nemuin konten-konten berikut:

1. belajar dan diskusi islam
a. Ilmu Quran
b. ilmu Hadits
c. Ilmu Fiqih Praktis
d. Sirah Nabawiyah
e. Link referensi
f. Islam kontemporer
2. Content digital
a. Film/clip
b. presentasi/slide show
c. Nasyid/musik
d. Murattal
3. Pasar
a. Hardware
4. Lain – lain
a. diskusi umum

diharapkan kontribusi dari sahabat sahabat dan mari kita meramaikannya dan menjadikannya sebagai komunitas pembelajar terbesar di dunia maya. anggotanya telah ada di berbagai daerah seperti bandung, jogja, cirebon, solo, jakarta, depok dan kampus yang dilingkupinya mencakup ITB, UI, UGM..
ayo bergabunglah dan menjadi bagian dari komunitas ini!
mau bergabung ? klik di sini !
Emang masih kecil sie, maklum baru dibuat. Tapi insyaAllah bisa menjadi komunitas yang besar. Sudah saatnya kebaikan itu dipublish! bener khan? Lha kalo orang-orang “jahat” aja bangga sama keburukan yang dilakukannya, masa’ yang baik-baik malah sembunyi-sembunyi terus. Asalkan ga riya ga papa khan?
Ayo friend, bro, sist, akhi wa ukhti, kita ramaikan forum ini!!!!!

Puskomnas goes to Bandung

Alhamdulillahirabbil alamin,,

Sejak hari Ahad, 23 Desember 2007 hingga 26 Desember 2007, kota Bandung didatangi oleh tokoh besar di Republik Indonesia. Dani Setiawan, selaku gubernur jawa barat ketua Puskomnas FSLDK berkunjung ke Bandung dalam jaulahnya ke LDK-LDK seIndonesia. Kunjungan kali ini adalah kunjungan terakhirnya untuk LDK di pulau Jawa. – ikuti kisah selengkapnya->

Amanah yang terzolimi,,,, duh Gusti,,,

-Sesungguhnya kewajiban yang harus dilakukan lebih banyak daripada waktu yang dimiliki- [Hasan al Banna]

ketika dulu pertama kali mendengar hal ini, yang kebayang adalah, “ih,,, berlebihan amat nih ustad?!? sok sibuk banget seehh,,,”.

Tapi sekarang –> “weleh,,, iya ya. Kok waktu terasa begitu singkat ya? Begitu banyak hal yang ingin dikerjakan, tapi kok kaya’nya waktu tak memihak kita? <*ciee-apa coba?*>

afwan jiddan….

Wasiat Asy-Syekh

Hari ini, 17 September 2007, Masjid Salman didatangi oleh seorang Imam dari Masjid Al-Aqsha. Syekh Dr. Mahmoud, dalam kunjungannya ke Indonesia menyempatkan diri tuk hadir di masjid Salman ITB pada waktu Dhuhur.

Beliau menyampaikan betapa senangnya beliau melihat banyaknya pemuda masjid Salman yang sedang asyik tilawah. Memang itulah fungsi pemuda menurutnya. Pemuda Indonesia sudah seharusnya meningkatkan kapasitas keilmuannya, juga berprestasi dan aktif berorganisasi, serta tak lupa tugasnya dalam berdakwah, yaitu menyadarkan kembali masyarakat muslim Indonesia akan hakikat Islam. Berbeda dengan kondisi di Palestina, negeri yang terjajah haruslah berjihad dengan berperang melawan Yahudi Laknatullah. Sedangkan negeri yang merdeka seperti Indonesia haruslah meningkatkan daya saingnya agar tidak ketinggalan dari barat.

Pesan asy syekh kepada para mahasiswa : pertama, Teruslah belajar dan berprestasi, fokuskan pada peningkatan ilmu, tak perlu terlalu mempedulikan hal yang lain. Islam membutuhkan peran pemudanya yang intelektual. Suatu saat, haruslah kita (umat muslim) menguasai kursi parlemen dan pemerintahan, karena itu lah bagian strategis untuk mengubah dunia. Kedua, jangan lupa untuk mendoakan saudara kita di Palestina. Perjuangan mereka tak akan pernah berhenti, namun mereka tetap membutuhkan semangat dari saudara-saudaranya umat muslim dunia untuk mendukung perjuangan mereka.

Setelah ini, Asy Syekh akan melanjutkan perjalanannya, ke Masjid Habiburrahman PT DI, ke Malaysia, dan negara-negara lainnya untuk memberikan semangat jihad kepada kita dan menyampaikan kabar Palestina. Intifadah…

Program Ramadhan ITB

Bismillah,

Alhamdulillah, Allahumma sholli ala Muhammad,

Pun telah disampaikan Ramadhan oleh Allah swt kepada kita. Saatnya kita singsingkan lengan baju dan pancangkan asa tuk jadikan ini sebagai Ramadhan terbaik kita.

Selamat menunaikan berbagai macam ibadah di bulan Ramadhan ini, ane memohon maaf lahir batin apabila ada kesalahan yang selama ini terjadi -baik di sengaja ataupun tidak- dalam interaksi bersama antum semua.

Dalam Rangka Syiar Ramadhan ITB dan menyemai Kepemimpinan Qur’ani dalam diri setiap muslim,

Berikut ini terlampir jadwal kegiatan terpusat selama Ramadhan 1428 H yang dapat antum manfaatkan:

Program Ke-Kampus-An:
1. Festival Film Ramadhan (Satu minggu sekali mulai minggu depan, jadwal detail menyusul, menyesuaikan dengan ruang kosong di ITB)
2. Ramadhan ITB On Air @ 8EH, Pukul 1700, selama Ramadhan
3. Buka Puasa Se-ITB @ Lapangan CC Barat Pukul 1600, 21 September 2007
4. Mentoring Gabungan @ Selasar Gedung CC Barat Pukul 1600, 20 dan 26 September 2007
5. Buka Puasa Sunken Court @ Sunken Court Pukul 1600, 3 Oktober 2007
6. dan ada lainnya…

Program Ke-Masjid Salman-An:
1. Bazaar Ramadhan @ Kompleks Masjid Salman, 13 – 19 September 2007
2. Bina Desa @ Desa Panyaeukan, Lembang, 14 – 16 September 2007
3. Sekolah (Daurah) Al-Qur’an @ Kompleks Masjid Salman, 22 – 23 September 2007
4. Olimpiade Al-Qur’an @ Kompleks Masjid Salman, 29 September 2007
5. Buka Puasa Yatim Piatu atau 1000 Petugas Kebersihan @ Kompleks Masjid Salman, 1 Oktober 2007
6. I’tikaf Ramadhan @ Masjid Salman, 2 – 11 Oktober 2007
7. dan ada beberapa lagi…

Diharapkan seluruh sahabat dapat memanfaatkan fasilitas yang telah ada untuk mengoptimalkan semangat beribadah, berilmu dan beramal di bulan Ramadhan ini.

Kepada seluruh sahabatku dimanapun antum berada, jangan lupa bahwa hak saudara-saudara kita untuk juga merasakan nikmatnya bulan Ramadhan ini tidaklah lebih sedikit dari kita. Maka semarakkanlah dakwah islam dan syiar ramadhan di keluarga antum, organisasi antum, himpunan antum, di ikatan alumni antum, di laboratorium antum, di jurusan/fakultas antum, di kelas-kelas antum, di angkatan antum. Dengan akhlak yang mulia, dengan memberikan manfaat, dengan mengajak memanfaatkan Ramadhan, dengan mengadakan ta’lim, ifthor jama’i, buletin, sms, mading, atau apapun cara yang dapat digunakan untuk mengantarkan hidayah dan membudayakan saling bertausyiah dengan sesama saudara muslim.

Semoga dengan ini Allah swt berkenan memasukkan kita bersama ke dalam JannahNya tanpa harus melalui NerakaNya. Amiinn..

Atas perhatiannya, ane ucapkan Syukron, Jazakumullah Khairon Katsiron.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contact Person Ramadhan ITB 1428 H:
Program di Salman : Hyang GD’05 : 08996936893
Program di Kampus : Albaz EL’05 : 08563777512
Koordinasi LDFS/LDPS : Gamma MS’05 : 0818225486

nb: ada beberapa file pendukung ramadhan yang insya Allah bermanfaat, silakan di download di http://gudangupload .com/filelink. php?filecode= 65812f88c3873a70 e22dd41daecf370b

diambil dari milist GAMAIS ITB, karenakitakeluarga@yahoogroups.com

.


__,_._,___