Menyikapi Bencana di Indonesia….

Pertama-tama, izinkan admin mengucapkan belasungkawa terhadap korban, keluarga yang ditinggalkan, serta seluruh bangsa Indonesia, disebabkan berbagai musibah yang menimpa negeri ini. Air bah di wasior; gempa dan tsunami di Mentawai; banjir, jalan ambles, macet, & DPR di Jakarta; juga bencana di gunung merapi; dan masih banyak lagi bencana-bencana lainnya yang melanda berbagai daerah di Indonesia.

:berduka:berduka:berduka:berduka:berduka

Ada dua hal yang dapat dijadikan tuntunan bagi kita, dimana hal ini memberikan jawaban yang berujung pada diri kita sendiri. Pertama adalah sebuah hadis dari Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam mengenai perkara seorang mukmin:

عَجَبًا لأَمْرِ الْمُؤْمِنِ إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ وَلَيْسَ ذَاكَ لأَحَدٍ إِلاَّ لِلْمُؤْمِنِ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

“Sungguh unik perkaranya orang mukmin, sesungguhnya seluruh perkaranya baik, dan itu tidaklah dimiliki kecuali oleh orang mukmin. Apabila ia diberi nikmat, ia bersyukur, dan ini baik baginya dan apabila ditimpa musibah, dia bersabar, dan ini baik pula baginya.” (HR. Muslim)

Seorang mukmin, ketika diberi nikmat maka ia bersyukur, ketika ditimpa musibah maka ia bersabar. Adalah suatu yang unik yang hanya dimiliki oleh orang beriman, ketika mereka dapat menyikapi berbagai hal yang terjadi padanya menjadi sebuah kebaikan. Maka dari itu alangkah baiknya jika kita dapat bersabar atas musibah yang melanda, termasuk bersabar terhadap berbagai  bencana yang terjadi akhir-akhir ini.

.

.

Kedua, mengenai musibah yang menimpa seseorang atau suatu kaum. Kita dapat membedakan musibah menjadi 3 sudut pandang: ujian (cobaan), peringatan, atau azab.

Al-Ankabut: 2

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?”

QS. Al-Baqoroh ayat 155-157

155. Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan,kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.
156. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: “Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji’uun”.
157. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.

Musibah sebagai ujian diberikan bagi orang-orang yang beriman untuk menguji kualitas keimanan mereka. Ujian diberikan juga untuk meningkatkan level keimanan. Ibarat sekolah, setiap murid akan diuji agar dapat naik kelas, naik tingkat, atau pindah ke jenjang lanjutan sekolah berikutnya.

Jika memang bencana yang melanda di Indonesia ini adalah merupakan ujian, maka alangkah baiknya jika kita menyikapinya dengan sabar. Ingatlah selalu kepada Allah Yang Maha Besar, dan berdoa agar bangsa ini diberikan kekuatan dan ketabahan, serta ditingkatkan level imannya.

.

“Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).” (QS. Asy Syura : 30)

Tiada suatu bencanapun yang menimpa di bumi dan (tidak pula) pada dirimu sendiri melainkan telah tertulis dalam kitab (Lauhul Mahfuzh) sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu adalah mudah bagi Allah. (Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri. (QS. al-Hadid: 22-23)

Musibah sebagai peringatan diberikan kepada orang atau kaum yang imannya masih lemah. Orang yang ibadahnya masih jarang-jarang, kaum yang ibadah iya maksiat iya juga (ada juga istilah STMJ: Sholat terus, Maksiat jalan). Musibah ini dijadikan peringatan agar kita jangan bermain-main di dunia ini, jangan terlalu bergembira terhadap nikmatNya, dan agar tidak menjadi orang yang sombong. Musibah juga diberikan agar Allah mengampuni dosa-dosa kita.

Jikalah memang musibah yang terjadi adalah sebuah peringatan, maka bersegeralah kita mengevaluasi diri dan memohon ampunan kepada Allah atas kelalaian kita. Jangan mengulangi perbuatan yang buruk, juga tingkatkanlah perbuatan baik dan amal soleh.

.

“Dan Sesungguhnya kami merasakan kepada mereka sebahagian azab yang dekat (di dunia) sebelum azab yang lebih besar (di akhirat), Mudah-mudahan mereka kembali (ke jalan yang benar).” (QS. As Sajdah : 21)

Sudut pandang yang ketiga mengenai musibah, yang semoga bukan hal ini yang terjadi kepada Indonesia, adalah melihat musibah sebagai azab. Kalau memang ini yang terjadi, maka,,,, :nohope: semoga kita dapat segera kembali ke jalan yang benar. Musibah sebagai azab tak hanya menimpa orang yang ingkar, tapi juga orang yang berada di sekitarnya

.

.

.

refference & related information:

Advertisements

Sekedar update {Random Things [v3]}

Turut berduka
Sebelumnya, dhimaskasep menyampaikan rasa bela sungkawa dan turut berduka atas berbagai bencana yang melanda Indonesia. Semoga jika ini adalah ujian, kita dapat melaluinya agar bertambah iman kita. Jika ini adalah peringatan, semoga kita dapat sadar dan bertaqwa sepenuhnya kepadaNya. Jikalau ini adalah suatu azab,, innalillahi, semoga bukan kita penyebabnya.

Kuliah

dah lama ga ngeblog neh. seminggu kemarin & seminggu ke depan lagi menghadapi beban akademik yang cukup berat. Hampir semua tugas besar kuliah yang diambil harus dikumpul dalam periode dua pekan ini. hufft,, nikmatnya masa kuliah 🙂 . Lalu kapan saya akan diwisuda? haha,,, ini gw yang emang belom bisa lulus atau emang gw yang “takut” mau lulus y? moga alesan yang pertama aja deh.

Blog WP
Btw, katanya kalo sekarang mosting di wp.com, ntar bisa langsung terpublicize lewat akun yahoo & twitter kita. bisa ga yah? ini posting sekalian mw ngecek fitur entu. Makin cinta awak ama WP 🙂

Facebook
aih,, ternyata makin banyak grup FB ga jelas. “Ingin menambah ribuan teman dalam sekejap”,”ingin tahu siapa yang melihat profil kita“, dan sebagainya. Dan yang paling aneh adalah tuh grup yang join ampe ratusan ribu bahkan jutaan orang. gile bener,,, mangstaf. Makin ngaco aja dunia. haha

Kaskus
Duh, target ngejar ISO kynya susah juga. udah dua bulan baru 900 posting. alesannya sih memang alesan yang udah pernah diprediksi sejak dulu: gak istiqomah. This is it, yang bikin rencana selalu menjadi molor. astaghfirullahaladlim….
anyway, ada forum baru yang ane suka banget gan. cekidot [di sini], all about Indonesia.

Menikah
Musim nikah kembali melanda. Barokallahulaka buat semua yang sudah nikah dan akan menikah. Kepada saudara makhadi, ardian, ce*ep(disensor, katanya belom boleh dipublish),dan nama-nama lainnya yang tidak bisa disebut satu persatu. Ane mungkin cuma bisa berdoa saja semoga diberikan yang terbaik dalam mengarungi samudra kehidupan ini.

Politik
Yah,,, walopun sebenernya ga ngaruh-ngaruh amat ke gw, tapi karena beritanya rame jadi menarik perhatian gw. Pertama-tama saya ucapkan Selamat buat pak Taufik Kiemas sebagai Ketua MPR, moga bisa jadi pemimpin sidang yang baik dan rajin masuk tentunya (duh gw nulis begini susah banget. hampir putus asa soalnya). Kedua saya ucapkan selamat juga kepada pak Aburizal ‘Ical’ Bakrie sebagai ketum Golkar. Moga Golkar bisa lebih baik,, setidaknya bisa lebih berduit :p.

-cukup sekian dulu update hari ini. Life is a gift, right! jangan buang-buang waktumu dengan hal yang tidak produktif. subhanakallahumma wabihamdika, asyhadualla ilaa hailla anta, astaghfiruka wa a tuubuu ilaik