Game Over!

GAME OVER!

GAME OVER!

The Game is Over Mr.Ben Ali. You Lose!

Congratulations Tunisia ๐Ÿ™‚

:selamat:selamat:selamat

Hadits Arba’in #2: Islam, Iman, Ihsan

Ini adalah hadis arba’in yang sangat panjang dan juga sangat menarik. Dari Umar bin Khatab yang mengisahkan tentang Malaikat Jibril dan Rasulullah SAW yang mengajarkan kepada kita tentang Islam, Iman, dan Ihsan. Kalau di pelajaran agama waktu SD, pasti kita inget khan tentang 6 rukun iman dan 5 rukun Islam? Hah? Udah lupa? yang bener? Ooh,, cuma bercanda. Kirain beneran dah lupa. (lagi dialog sendiri kayak orang ga jelas :mrgreen: )

Nah, selain rukun iman dan rukun islam, di sini juga dijelaskan tentang rukun Ihsan. Plus tentang tanda-tanda kiamat.


ุนูŽู†ู’ ุนูู…ูŽุฑูŽ ุฑูŽุถููŠูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู†ู’ู‡ู ุฃูŽูŠู’ุถุงู‹ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุจูŽูŠู’ู†ูŽู…ูŽุง ู†ูŽุญู’ู†ู ุฌูู„ููˆู’ุณูŒ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุฐูŽุงุชูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ู ุฅูุฐู’ ุทูŽู„ูŽุนูŽ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ุฑูŽุฌูู„ูŒ ุดูŽุฏููŠู’ุฏู ุจูŽูŠูŽุงุถู ุงู„ุซูู‘ูŠูŽุงุจู ุดูŽุฏููŠู’ุฏู ุณูŽูˆูŽุงุฏู ุงู„ุดูŽู‘ุนู’ุฑูุŒ ู„ุงูŽ ูŠูุฑูŽู‰ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ุฃูŽุซูŽุฑู ุงู„ุณูŽู‘ููŽุฑูุŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ูŠูŽุนู’ุฑูููู‡ู ู…ูู†ูŽู‘ุง ุฃูŽุญูŽุฏูŒุŒ ุญูŽุชูŽู‘ู‰ ุฌูŽู„ูŽุณูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู†ูŽู‘ุจููŠูู‘ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… ููŽุฃูŽุณู’ู†ูŽุฏูŽ ุฑููƒู’ุจูŽุชูŽูŠู’ู‡ู ุฅูู„ูŽู‰ ุฑููƒู’ุจูŽุชูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽูˆูŽุถูŽุนูŽ ูƒูŽููŽู‘ูŠู’ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ููŽุฎูุฐูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽู‚ูŽุงู„ูŽ: ูŠูŽุง ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏ ุฃูŽุฎู’ุจูุฑู’ู†ููŠ ุนูŽู†ู ุงู’ู„ุฅูุณู’ู„ุงูŽู…ูุŒ ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู… : ุงู’ู„ุฅูุณูู„ุงูŽู…ู ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุดู’ู‡ูŽุฏูŽ ุฃูŽู†ู’ ู„ุงูŽ ุฅูู„ูŽู‡ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุฃูŽู†ูŽู‘ ู…ูุญูŽู…ูŽู‘ุฏู‹ุง ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุชูู‚ููŠู’ู…ูŽ ุงู„ุตูŽู‘ู„ุงูŽุฉูŽ ูˆูŽุชูุคู’ุชููŠูŽ ุงู„ุฒูŽู‘ูƒุงูŽุฉูŽ ูˆูŽุชูŽุตููˆู’ู…ูŽ ุฑูŽู…ูŽุถูŽุงู†ูŽย ย  ูˆูŽุชูŽุญูุฌูŽู‘ ุงู„ู’ุจูŽูŠู’ุชูŽ ุฅูู†ู ุงุณู’ุชูŽุทูŽุนู’ุชูŽ ุฅูู„ูŽูŠู’ู‡ู ุณูŽุจููŠู’ู„ุงู‹ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุตูŽุฏูŽู‚ู’ุชูŽุŒ ููŽุนูŽุฌูุจู’ู†ูŽุง ู„ูŽู‡ู ูŠูŽุณู’ุฃูŽู„ูู‡ู ูˆูŽูŠูุตูŽุฏูู‘ู‚ูู‡ูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ููŽุฃูŽุฎู’ุจูุฑู’ู†ููŠ ุนูŽู†ู ุงู’ู„ุฅููŠู’ู…ูŽุงู†ู ู‚ูŽุงู„ูŽ : ุฃูŽู†ู’ ุชูุคู’ู…ูู†ูŽ ุจูุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽู…ูŽู„ุงูŽุฆููƒูŽุชูู‡ู ูˆูŽูƒูุชูุจูู‡ู ูˆูŽุฑูุณูู„ูู‡ู ูˆูŽุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ู ุงู„ุขุฎูุฑู ูˆูŽุชูุคู’ู…ูู†ูŽ ุจูุงู„ู’ู‚ูŽุฏูŽุฑู ุฎูŽูŠู’ุฑูู‡ู ูˆูŽุดูŽุฑูู‘ู‡ู. ู‚ูŽุงู„ูŽ ุตูŽุฏูŽู‚ู’ุชูŽุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽุฃูŽุฎู’ุจูุฑู’ู†ููŠ ุนูŽู†ู ุงู’ู„ุฅูุญู’ุณูŽุงู†ูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุนู’ุจูุฏูŽ ุงู„ู„ู‡ูŽ ูƒูŽุฃูŽู†ูŽู‘ูƒูŽ ุชูŽุฑูŽุงู‡ู ููŽุฅูู†ู’ ู„ูŽู…ู’ ุชูŽูƒูู†ู’ ุชูŽุฑูŽุงู‡ู ููŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ูŠูŽุฑูŽุงูƒูŽ . ู‚ูŽุงู„ูŽ: ููŽุฃูŽุฎู’ุจูุฑู’ู†ููŠ ุนูŽู†ู ุงู„ุณูŽู‘ุงุนูŽุฉูุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ: ู…ูŽุง ุงู„ู’ู…ูŽุณู’ุคููˆู’ู„ู ุนูŽู†ู’ู‡ูŽุง ุจูุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุณูŽู‘ุงุฆูู„ู. ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽุฃูŽุฎู’ุจูุฑู’ู†ููŠ ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู…ูŽุงุฑูŽุงุชูู‡ูŽุงุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽู„ูุฏูŽ ุงู’ู„ุฃูŽู…ูŽุฉู ุฑูŽุจูŽู‘ุชูŽู‡ูŽุง ูˆูŽุฃูŽู†ู’ ุชูŽุฑูŽู‰ ุงู„ู’ุญูููŽุงุฉูŽ ุงู„ู’ุนูุฑูŽุงุฉูŽ ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽุฉูŽ ุฑูุนูŽุงุกูŽ ุงู„ุดูŽู‘ุงุกู ูŠูŽุชูŽุทูŽุงูˆูŽู„ููˆู’ู†ูŽ ูููŠ ุงู„ู’ุจูู†ู’ูŠูŽุงู†ูุŒ ุซูู…ูŽู‘ ุงู†ู’ุทูŽู„ูŽู‚ูŽ ููŽู„ูŽุจูุซู’ุชู ู…ูŽู„ููŠู‹ู‘ุงุŒ ุซูู…ูŽู‘ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ูŠูŽุง ุนูู…ูŽุฑูŽ ุฃูŽุชูŽุฏู’ุฑููŠ ู…ูŽู†ู ุงู„ุณูŽู‘ุงุฆูู„ู ุŸ ู‚ูู„ู’ุชู : ุงู„ู„ู‡ู ูˆูŽุฑูŽุณููˆู’ู„ูู‡ู ุฃูŽุนู’ู„ูŽู…ูŽ . ู‚ูŽุงู„ูŽ ููŽุฅูู†ูŽู‘ู‡ู ุฌูุจู’ุฑููŠู’ู„ู ุฃูŽุชู€ูŽุงูƒูู…ู’ ูŠูุนูŽู„ูู‘ู…ููƒูู…ู’ ุฏููŠู’ู†ูŽูƒูู…ู’ .

[ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…]

Terjemahnya:
Dari Umar radhiallahuanhu juga dia berkata :
.
Ketika kami duduk-duduk disisi Rasulullah suatu hari tiba-tiba datanglah seorang laki-laki yang mengenakan baju yang sangat putih dan berambut sangat hitam, tidak tampak padanya bekas-bekas perjalanan jauh dan tidak ada seorangpun diantara kami yang mengenalnya. Hingga kemudian dia duduk dihadapan Nabi lalu menempelkan kedua lututnya kepada kepada lututnya (Rasulullah) seraya berkata: โ€œ Ya Muhammad, beritahukan aku tentang Islam ?โ€,
maka bersabdalah Rasulullah: โ€œ Islam adalah engkau bersaksi bahwa tidak ada ย ilah (tuhan yang disembah) selain Allah, dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah, engkau mendirikan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan pergi haji jika mampu โ€œ,
kemudian dia berkata: โ€œ anda benar โ€œ.
Kami semua heran, dia yang bertanya dia pula yang ย membenarkan.
.
Kemudian dia bertanya lagi: โ€œ Beritahukan aku tentang Iman โ€œ.
Lalu beliau bersabda: โ€œ Engkau beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan ย hari akhir dan engkau beriman kepada takdir yang baik maupun yang buruk โ€œ,
kemudian dia berkata: โ€œ anda benarโ€œ.
.
Kemudian dia berkata lagi: โ€œ Beritahukan aku tentang ihsan โ€œ.
Lalu beliau bersabda: โ€œ Ihsan adalah engkau beribadah kepada Allah seakan-akan engkau melihatnya, jika engkau tidak melihatnya maka Dia melihat engkauโ€ .
.
Kemudian dia berkata: โ€œ Beritahukan aku tentang hari kiamat (kapan kejadiannya)โ€.
Beliau bersabda: ย โ€œ Yang ditanya tidak lebih tahu dari yang bertanya โ€œ.
Dia berkata: ย โ€œ Beritahukan aku tentang tanda-tandanya โ€œ,
beliau bersabda: ย โ€œ Jika seorang hamba melahirkan tuannya dan jika engkau melihat seorang bertelanjang kaki dan dada, miskin dan penggembala domba, (kemudian) ย berlomba-lomba meninggikan bangunannya โ€œ,
kemudian orang itu berlalu dan aku berdiam sebentar.
.
Kemudian beliau (Rasulullah) bertanya: โ€œ Tahukah engkau siapa yang bertanya ?โ€.
aku berkata: โ€œ Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui โ€œ.
Beliau bersabda: โ€œ Dia adalah Jibril ย yang datang kepada kalian (bermaksud) mengajarkan agama kalian โ€œ.
.
(Riwayat Muslim)

Selengkapnya tentang hadits arba’in bisa dilihat di [blog ini]

Bismillah,,, semoga bisa dihafal(kruyuk kruyukk………). Ini salah satu dari 3 target hadis yang ingin dihafal tahun ini. Emang sie awak nyadar lemah banget kalo disuruh ngapalin, tapi kalo ga dicoba ga bakalan tahu khan.