Ini kampus apa tempat parkir sih?

Kesel ga sih ngeliat sekitar kampus kaya’ begini?
Kok kebanyakan kendaraan?
Pengen pamer atau apa?
Tau gak bandung tuh dah sesek?
ITB, yang katanya pengen jadi world class, tapi sama lingkungan sekitar aja ga perhatian
Berapa banyak energi fosil yang dibuang?
Berapa banyak lahan yang dibuat ga rapi gara2 pemandangan gini?
Berapa besar kemacetan yang ditimbulkan di jalan ganesha & tamansari gara2 ini?
Berapa banyak polusi yang diproduksi? Katanya mau jadi eco-campus? Mimpi kalii

antara TI - sunken
TI-Sunken

tamansari-sumur bandung penuh parkir mobil orang2 itb
Tm.Sari atas

dayang sumbi
Dayang sumbi

ganesha. dekat SR
Ganesha, dekat SR

Parkir SR. tampak dari luar
Parkir SR tampak dari luar

jalan skanda
Jalan Skanda

Boulevard aja jadi tempat parkir
Deket boulevard

parkiran di 4 labtek yang di tengah
Deket labtek IF

deket labtek IF
Deket labtek IF juga

dekat gku & gedung biologi
Depan biologi

sepanjang jalan di tengah2 itb
Sepanjang jalan

.

.

Dan masih banyak lagi lahan parkir lain yang tak terpublish di sini

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

.

Kalo dibiarin lama-lama Bandung jadi kaya’ gini gara-gara ITB:

Advertisements

The Dreamers

Baru aja nonton Sang Pemimpi.  It’s really a damn good movie. Hampir sama seperti Laskar Pelangi, ada adegan yang membangkitkan kenangan masa lalu. Can’t hold my tears. (Love U Dad. I’m sorry for often dissappointing you and made you worry)

Eniwei, selamat buat Pak Arifin Panigoro yang mendapat gelar Honoris Causa dari ITB. Semoga menjadi inspirasi bagi mahasiswa ITB pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya. Sering-sering aja nih ada alumni ITB ngajakin nonton gratis. haha,, . Pertama kalinya awak nonton di bioskop sejak 5 tahun lalu. Biasanya ngedunlut pelm dari ril*eks XD.

.

Kita semua pasti pernah punya mimpi, setidaknya mimpi masa kecil kita. Teruslah berikhtiar mengejar mimpi, semoga Allah mewujudkannya.

Big things come from big dreams, big dreams come from big sleep
[dreamers. mm,,, actually sleepers]

Continue reading

Perpus pusat

Kita telah kehilangan Toilet terbesar di dunia……

BEFORE

_________________________________________________

IN PROCESS (Okt 09 – Des 09)

_________________________________________________

NOW



Well,, that is the new look of center library of ITB
Moga pengunjungnya jadi lebih banyak dan lebih nyaman
Terakhir kali masuk ke perpustakaan ITB sekitar dua tahun lalu 😛
Maklumlah udah nemu perpus yang lebih besar, nyaman, dan cepet dapet informasi dari sana
(Thanx to Om Wiki & Mbah Google)

turut berduka cita

Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. dalam satu pekan terakhir, ada dua rekan kita dari ITB yang meninggal dunia

Nisfia Arieska H. (T.Lingkungan ITB 2005) pada 17 agustus 09, pukul 12.25 am di R.S. Hasan Sadikin. Beliau menderita penyakit paroxymal nocturnal hemoglobinuria selama kurang lebih 1 tahun.

Yogie (teknik geologi itb 2007).  Mengalami kecelakaan pantai di pangandaran 3 hari yang lalu dan jasadnya ditemukan pagi ini (19 agustus).

semoga keduanya diterima di sisiNya dan hal ini dapat dijadikan pelajaran bagi kita semua bahwa kematian bisa terjadi setiap saat.

Dan Allah sekali-kali tidak akan menangguhkan (kematian) seseorang apabila telah datang waktu kematiannya. Dan Allah Maha Mengenal apa yang kamu kerjakan. (62:11)

29 Calon Nomine Rektor ITB

Hari terakhir batas pendaftaran untuk calon nomine rektor ITB dan sudah ada 29 orang yang mencalonkan. Siapakah diantara orang-orang ini yang akan tereliminasi di babak selanjutnya? kita ikuti saja terus perkembangannya

Calon Nomine

_______________________________________

No. Nama Lengkap Institusi Foto Ket. S3
1. Dr.Ir. Irawan Muripto, M.Sc (57 tahun)
  • Dosen Sekolah Tinggi Perikanan – Jakarta
  • Direktur Akademi Perikanan Sidoarjo
Dr.Ir. Irawan Muripto, M.Sc IPB (Oseanografi Perikanan/Sumberdaya Ikan), 2000
2. Dr. Ir. Eko Widianto, MT (53 tahun) Specialist Utama Geofisika–Pertamina Upstream EP Technology Center Dr. Ir. Eko Widianto, MT ITB (Applied Geophysics), 2008
3. Prof.Dr.Ir. Adang Surahman, M.Sc (54 tahun)
  • Wakil Rektor Bidang Akademik ITB
  • Dosen Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)–ITB
Prof.Dr.Ir. Adang Surahman, M.Sc Lehigh University USA (Teknik Sipil), 1984
4. Prof.Dr. Ir. Kuspriyanto (59 tahun) Ketua Kelompok Keahlian Teknik Komputer

–Sekolah Teknik Elektro dan Informatika
(STEI)– ITB

Prof.Dr. Ir. Kuspriyanto USTL, Perancis (Sistem Otomatik), 1981
5. Dr. Rudy Hermawan K. (49 tahun)
  • Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT)
  • Dosen Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)–ITB
Dr. Rudy Hermawan K. University of Leeds, UK (Institute for Transport Studies), 1996
6. Dr. Ketut Wikantika (42 tahun)
  • Ketua Pusat Penginderaan Jauh ITB
  • Dosen Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian FITB–ITB
  • Ketua Umum Masyarakat Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN)
Dr. Ketut Wikantika Chiba University (Remote Sensing), 2001
7. Dr. Intan Ahmad (51 tahun) Dekan Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati
SITH–Institut Teknologi Bandung
Dr. Intan Ahmad University of Illinois at Urbana Champaign, Illinois, USA (Entomologi), 1992
8. Indra Djati Sidi, Ph.D (56 tahun)
  • Dosen Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)–ITB
  • Ketua Dewan Pembina Klub Guru Indonesia
Indra Djati Sidi, Ph.D University of lllinois di Urbana – Champaign, lllinois, U.S. (Department of Civil Engineering), 1986
9. Prof.Dr.Ir. Yanuarsyah Haroen (57 tahun)
  • Ketua Senat Akademik ITB
  • Dosen Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)– ITB
Prof.Dr.Ir. Yanuarsyah Haroen INP – Toulouse France (Electronique de Puissance), 1983
10. Dr. Akhmaloka (48 tahun) Dekan Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA)– ITB Dr. Akhmaloka University of Kent at Canterbury, England, 1989
11. Prof.Dr.Ir. Rizal Z. Tamin (53 tahun)
  • Dosen Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)–ITB
  • Anggota Majelis Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPKJN)
Prof.Dr.Ir. Rizal Z. Tamin Ecole Nationale des Ponts et Chaussees (ENPC), Paris, Perancis (Teknik Sipil), 1986
12. Prof.Dr.Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA (52 tahun)
  • Kepala Bappeda Jawa Barat
  • Ketua Satuan Penjaminan Mutu ITB
  • Dosen Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian FITB–ITB
Prof.Dr.Ir. Deny Juanda Puradimaja, DEA Universite Montpellier ll – Perancis (Geologie option Hidrogeologie),1991
13. Dr. Ary Setijadi Prihatmanto (36 tahun) Dosen Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)– ITB Dr. Ary Setijadi Prihatmanto Universitas Johannes Kepler Linz (Informatika Terapan), 2006
14. Prof.Dr.Ir. Suhono Harso Supangkat, M.Eng, CGEIT (45 tahun)
  • Kepala Pusat Inkubator Bisnis dan Industri ITB
  • Dosen Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)– ITB
  • Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika
Prof.Dr.Ir. Suhono Harso Supangkat, M.Eng, CGEIT University of Electro
Communications, Tokyo, Japan (Information System), 1998
15. Dr.Ir. Ichsan Setya Putra (51 tahun)
  • Direktur Pendidikan ITB
  • Dosen Fakultas Teknik Mesin dan Kedirgantaraan ITB
Dr.Ir. Ichsan Setya Putra Delft University of Technology (aeronautics), 1994
16. Prof.Dr.Ir Irwandy Arif, Dipl.Ing., DEA., M.Sc (57 tahun)
  • Dosen Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan FTTM–Institut Teknologi Bandung
  • Ketua Umum Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (PERHAPI)
Prof.Dr.Ir Irwandy Arif, Dipl.Ing., DEA., M.Sc Ecole des Mines de Nancy, France, 1991
17. Prof.Ir. Bambang Budiono, M.E., PhD (53 tahun)
  • Ketua Satuan Usaha Komersial–ITB
  • Dosen Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) –ITB
Prof.Ir. Bambang Budiono, M.E., PhD University of New South Wales, Australia (Teknik Sipil), 1995
18. Prof.Dr.Ir. Indratmo Soekarno, M.Sc (51 tahun)
  • Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kemitraan
  • Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ITB.
  • Dosen Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL)–ITB
Prof.Dr.Ir. Indratmo Soekarno, M.Sc Strathclyde University (Teknik Sipil), 1991
19. Dr.Ir. Endang Juliastuti (50 tahun)
  • Direktur Sarana dan Prasarana ITB
  • Dosen Fakultas Teknologi Industri–Institut Teknologi Bandung
Dr.Ir. Endang Juliastuti ITB (Teknik Fisika), 2004
20. Dr. Sasanti T. Darijanto, MS (55 tahun)
  • Kepala UPT Bumimedika Ganesha
  • Dosen Sekolah Farmasi (SF)– ITB
Dr. Sasanti T. Darijanto, MS ITB, (Teknologi Farmasi), 2005
21. Dr.Ir. Aciek Ida Wuryandari, MT (54 tahun) Dosen Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI)– ITB Dr.Ir. Aciek Ida Wuryandari, MT ITB (Teknik Elektro), 2005
22. Assoc. Prof. Dr. Ir. Agus Geter Edy Sutjipto., M.Eng (44 tahun)
  • Deputy Director (Entrepreneurship and Consultation), Advanced Engineering and Innovation Centre, International Islamic University Malaysia (IIUM)
  • Lecturer, Dept. of Manufacturing and Materials Engineering, (IIUM)
Assoc. Prof. Dr. Ir. Agus Geter Edy Sutjipto., M.Eng Nagaoka Univ. of Technology, Japan (Materials Science and Engineering), 2002
23. Dr. Mame Slamet Sutoko, Ir., D.E.A (61 tahun)
  • Dosen FTI – Institut Teknologi Bndung
  • Rektor Universitas Widyatama
Dr. Mame Slamet Sutoko, Ir., D.E.A IAE, Universite d’Aix Marseille III (en collaboration avec Doctoral assistanat de I ESSEC (Ecole
Superieure de Science Economique et de Commerce ) Paris, France, 1986
24. Assoc. Prof.Dr. Iis Sopyan (43 tahun) Associate Professor Department of Manufacturing and Materials Engineering, Faculty of Engineering, International Islamic
University Malaysia
Assoc. Prof.Dr. Iis Sopyan The University of Tokyo – Japan, Department of Applied Chemistry, Faculty of Engineering, 1996
25. Dr. Riza Muhida., M.Sc (40 tahun) Assitant Professor, Department of Mechatronics Engineering Faculty of Engineering, International Islamic University Malaysia Dr. Riza Muhida., M.Sc Osaka University – Japan, Semiconductor and optical electronics, 2004
26. Dr. Ir. Isnuwardianto (51 tahun)
  • Rektor Institut Teknologi Indonesia
  • Komisaris PLN
  • Dosen – STEI – Institut Teknologi Bandung
Dr. Ir. Isnuwardianto Ecole Centrale de Lyon – Prancis, Electrotechnique, 1991
27. Satria Bijaksana, Ph.D (44 tahun)
  • Sekretaris Satuan Penjaminan Mutu ITB
  • Dosen – FMIPA – Institut Teknologi Bandung
Satria Bijaksana, Ph.D Memorial University of Newfoundland – Canada, Geofisika, 1996
28. Dr. Joga Dharma Setiawan, BSc, MSc (41 tahun) Sekretaris Program Magister Teknik Mesin Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Dr. Joga Dharma Setiawan, BSc, MSc Michigan State University, East Lansing, Michigan–USA, Mechanical Engineering, 2000
29. Assoc. Prof. Dr. Ir. Irwandi Jaswir, MSc (39 tahun) Associate Professor – Dept. Biotechnology Engineering, International Islamic University Malaysia Assoc. Prof. Dr. Ir. Irwandi Jaswir, MSc Universiti Putra Malaysia – Food Chemistry and Biochemistry–2000

_______________________________________

hmm,, dari sekian banyak kok awak cuma tau dua orang yah? (no9 & 23). Tapi yang paling penting, alhamdulillah ga ada kata ‘lanjutkan’ pada pemilihan kali ini. hehe
Continue reading

4 Tahun di ITB [part 1] history

Hari ini tepat 4 tahun sejak awak keterima di ITB. Terhitung tanggal 6 Agustus 2005 di Sabtu pagi saat awak baca koran pengumuman kelulusan. Teringat dulu bela-belain beli koran di perempatan Ciledug pagi-pagi, ga mikirin beli koran apa yang penting yang ada pengumuman SPMB-nya, akhirnya dibelilah salah satu koran yang merk-nya baru saya dengar untuk pertama kalinya (dan mungkin terakhir kalinya pula, karena sepertinya koran itu hanya dijual saat pengumuman SPMB saja 😛 ). Alhamdulillah nomer kode awak ada di salah satu baris koran itu, dengan ditemani kode Teknik Industri ITB di sebelahnya. Dan Alhamdulillah sampai hari ini saya masih bertahan dalam kampus. Huhu,, masuknya susah, keluarnya juga susah. Continue reading